tag:blogger.com,1999:blog-3198010583776412734.post3053345261356627660..comments2023-06-05T19:30:19.881+07:00Comments on Valentinorory Valensi Blog: Tugas Ke-4 (Point-2) Mata Kuliah Teaching AID ICT/Media Pembelajaran ICT Prdi PGSD 3-4 dan PBI Semester IIIAnonymoushttp://www.blogger.com/profile/02303324845503594205noreply@blogger.comBlogger106125tag:blogger.com,1999:blog-3198010583776412734.post-65767958476201856722012-12-20T15:54:58.199+07:002012-12-20T15:54:58.199+07:00Nama : Chandra Paramitha
NIM : 40111004
Prodi/seme...Nama : Chandra Paramitha<br />NIM : 40111004<br />Prodi/semester : Pendidikan Bahasa Inggris/3<br /><br />Menurut beberapa buku yang saya baca, ada berbagai cara bagaimana menjadi guru yang kreatif dan inovatif. Berikut beberapa cara yang telah saya rangkum berdasarkan buku yang saya baca :<br />1. menciptakan media pembelajaran dan alat peraga<br />2. mampu menguasai materi pelajaran secara mendalam<br />3. mempunyai wawasan luas<br />4. komunikatif<br />5. dialogis<br />6. mampu menggabungkan teori dan praktek<br />7. menggunakan / menerapkan berbagai pendekatan<br />8. mampu melibatkan peserta didik dalam berbagai kegiatan seoptimal mungkin<br />9. harus update dalam hal mengenai pembelajaran<br />10. mampu menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar<br />11. mampu sebagai motivator, fasilitator, dan model bagi peserta didiknya<br /><br />daftar pustaka: menjadi guru favorit, quantum teaching, profesi keguruan.<br /><br />Terimakasih.Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3198010583776412734.post-77551979117108932782012-12-19T17:31:25.264+07:002012-12-19T17:31:25.264+07:00nama : asmiyati
Nim : 40111003
prodi: PBI/3
Menu...nama : asmiyati<br />Nim : 40111003<br />prodi: PBI/3<br /><br />Menurut saya guru yang kreatif dan inovatif adalah :<br />1.Guru yang dapat menginspirasi anak didiknya.<br />2.menciptakan pembelajaran yang menyenangkan,seperti:memberi contoh yang konkrit agar siswa memahami,dengan memakai LCD.<br />3.Menjadi guru yang dapat dikenang,yaitu guru itu memberikan motivasi2 setiap pertemuan nya,dan jangan terlalu cerewet dan galak karena murid akan bosan mendengar gurunya yang sering memarahi nya.<br />4. ada saat nya guru menjadi teman,karena akan semakin akrab dan pembelajaran pun akan lebih enak.<br />5.tidak pilih kasih,semua siswa harus di perhatikan.<br />6. mengunakan media yang menarik.<br />7. berikan kesan yang mengenakan para siswa.<br />8.sekali-kali murid di ajak keluar kelas biar belajar nya lebih semangat.<br /><br />Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3198010583776412734.post-29729989607850690662012-12-19T17:22:33.578+07:002012-12-19T17:22:33.578+07:00nama : asmiyati
Nim : 40111003
prodi: PBI/3
Menu...nama : asmiyati<br />Nim : 40111003<br />prodi: PBI/3<br /><br />Menurut saya guru yang kreatif dan inovatif adalah :<br />1.Guru yang dapat menginspirasi anak didiknya.<br />2.menciptakan pembelajaran yang menyenangkan,seperti:memberi contoh yang konkrit agar siswa memahami,dengan memakai LCD.<br />3.Menjadi guru yang dapat dikenang,yaitu guru itu memberikan motivasi2 setiap pertemuan nya,dan jangan terlalu cerewet dan galak karena murid akan bosan mendengar gurunya yang sering memarahi nya.<br />4. ada saat nya guru menjadi teman,karena akan semakin akrab dan pembelajaran pun akan lebih enak.<br />5.tidak pilih kasih,semua siswa harus di perhatikan.<br />6. mengunakan media yang menarik.<br />7. berikan kesan yang mengenakan para siswa.<br />8.sekali-kali murid di ajak keluar kelas biar belajar nya lebih semangat.<br /><br />Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3198010583776412734.post-54296566891716448222012-12-16T15:51:31.974+07:002012-12-16T15:51:31.974+07:00Nama: M. Jamaludin Imron
NIM: 40110017
Prodi: PBI ...Nama: M. Jamaludin Imron<br />NIM: 40110017<br />Prodi: PBI 3<br /><br />menurut saya menjadi guru yang kreativ dan inovativ itu sangat beragam yaitu sebagai berikut:<br />1. seorang guru harus bisa mengendalikan suasana kelas agar tetap kondusif.<br />2. seorang guru harus mastery (apa yang akan diajarkan hsrus dipersiapkan dengan matang)<br />3. seorang guru harus bisa memberi inspirasi kepada siswa agar mereka merasa bisa untuk melakukan sesuatu.<br />4. seorang guru harus bisa membuat siswanya tertarik akan mata pelajaran yang ia berikan misalnya menggunakan ICT <br />5. seorang guru harus mengajar dengan hati sehingga murid-murid akan lebih memahami pula dengan hati.<br />6. perhatian seorang guru harus seimbangan antara yang pintar dengan yang kurang memahami materi agar mereka (yang kurang bisa) tidak merasa terkucilkan.Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3198010583776412734.post-42854185723913062742012-12-15T23:36:26.663+07:002012-12-15T23:36:26.663+07:00 Name : TERRISTIYA ARMI MAULINDA
NIM : 401110... Name : TERRISTIYA ARMI MAULINDA <br /> NIM : 40111032<br /> Major: PBI / 3<br /><br /><br /> Menurut pendapat saya dalam bagaimana menjadi seorang guru yang kreatif dan inovatif dalam mengelola kelas adalah: <br /> <br /> 1. Mengembangkan ruang kelas menjadi suasana yang menarik hal ini akan membuat siswa merasa nyaman,semangat dan tidak bosan apabila mengikuti proses pembelajaran dalam kelas.<br /><br /> 2.Menguasai materi, agar siswa bertanya guru dapat segera menjawab dan menjelaskan smpai murid memahami jawaban yang disampaikan.<br /><br /> 3. guru tidak gaptek,karena dalam proses pembelajaran di jaman era globalisasi ini guru juga harus mengetahui dan dapat menggunakan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran<br /> ex: - guru mengemas materi dalam bentuk power point etc.<br /><br /> 4. guru tidak kehabisan akal untuk memakai metode-metode,taktik baru yang menarik siswa untuk aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.<br /><br /> 5. guru harus mempunyai wawasan yang luas dan dapat mengikuti perkembangan zaman.<br /><br /> 6. guru yang melakukan pendekatan pada siswa bukanya malah menjadi guru yang killer,menakutkan,kolot,ngantuki dan membosankan dan slalu kreatif dan inovatif dalam mengajar.<br />Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3198010583776412734.post-86961007580576433552012-12-15T21:12:03.400+07:002012-12-15T21:12:03.400+07:00NAMA : IIS KHOERUNNISA
NIM :(40311013)
PRODY:PEN...NAMA : IIS KHOERUNNISA <br />NIM :(40311013)<br />PRODY:PENDIDIKAN MTK / 3<br /><br />Menurut saya..cara menjadi guru yang kreatif dan inovatif,,<br />* pertama guru itu harus mempunyai bnyak wawasan dan pengetahuan,sehingga pengajarannya lebih bervariasi.<br /><br />* guru jga harus tahu perkembangan zaman,sehingga tahu hal2 baru yang <br />sedang terjadi dalam pendidikan<br /><br />*guru harus bisa teknologi atau media,karena dengan teknologi atau media pmbelajran akan lebih menarik. <br /><br />terimakasih semoga bermanfaatAnonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3198010583776412734.post-17264860051441839372012-12-15T21:05:05.047+07:002012-12-15T21:05:05.047+07:00NAMA : AMANAH ROSLINA
NIM : 40111001
PRODY: PBI ...NAMA : AMANAH ROSLINA <br />NIM : 40111001<br />PRODY: PBI 3<br /><br />Bagaimana menjadikan guru yang kraktif dan inovatif??<br /><br />Menurut Syah dan Kariadinata (2009: 32) Kreatif (creative) berarti menggunakan hasil ciptaan / kreasi baru atau yang berbeda dengan sebelumnya. <br /><br />Pembelajaran yang inovatif diharapkan mampu membuat siswa yang mempunyai kapasitas berpikir kritis dan terampil dalam memecahkan masalah. <br /><br /><br /><br />menurut persepsi saya ,dari pengertian tersebut disimpulan bahwa kita dituntut untuk membbuat kreasi dari hasil sendiri atau imitasi karya orang lain sebgai pembeda maupun penyempurnaan dari pembelajaran sebelumnya.<br />kekreaktifan seseorang tidak semua memilikinya, bagaimana cara nya kreaktif itu tergantung seseorang nya.<br /><br /><br />dari uraian diatas berikut adalah cara menjadi guru yang inovatif dan kreaktif :<br /><br />a. menguasai materi ajar <br />dengan menguasai bahan ajar pendidik lebih mudah untuk memberi kekreaktifan bahan ajar , ex : mind mapping<br />selain itu hal tersebut mengajarkan guru lebih inovatif agar materi ajar lebih di terimanya ,<br /><br /><br />b. Pengelolaan kelas dan/atau laboratorium<br />hal tersebut memberi daya cipta baru seorang guru agar dapat memberi efek baru siswa dalam kondisi kls, dalam hal ini guru dapat memberi hal baru misal mengubah tempat duduk memnjadi lingkaran maupun lainya agar telihat berbeda dari kondisi belajar sebelumnya.<br /><br /><br />terimakasih.....<br />Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3198010583776412734.post-22536409340743175502012-12-15T21:04:32.488+07:002012-12-15T21:04:32.488+07:00Nama :Nok Nurhayati
Nim :40211104
Prodi :Pgsd 3/3
...Nama :Nok Nurhayati<br />Nim :40211104<br />Prodi :Pgsd 3/3<br />Menurut pendapat saya tentang bagaimana menjadi guru yang kreatif dan inovatif dalam mengelola kelas adalah sebagai berikut :<br />1. Punya harapan yang tinggi pada siswa nya.Seorang guru yang baik memiliki harapan yang tinggi dari siswa dan mendorong semua siswa dikelasnya untuk selalu bekerja dan mengerahkan potensi terbaik mereka.<br />2. Pengetahuan tentang Kurikulum.Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan mendalam tentang kurikulum sekolah dan standar-standar lainnya. Mereka dengan sekuat tenaga memastikan pengajaran mereka memenuhi standar-standar itu.<br />3. Pengetahuan tentang subyek yang diajarkan.Hal ini mungkin sudah jelas, tetapi kadang-kadang diabaikan. Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan yang luar biasa dan antusiasme untuk subyek yang mereka ajarkan. Mereka siap untuk menjawab pertanyaan dan menyimpan bahan menarik bagi para siswa, bahkan bekerja sama dengan bidang studi lain demi pembelajaran yang kolaboratif.<br />4. Selalu memberikan yang terbaik untuk Anak-anak dan proses PengajaranSeorang guru yang baik bergairah mengajar dan bekerja dengan anak-anak. Mereka gembira bisa mempengaruhi siswa dalam kehidupan mereka dan memahami dampak atau pengaruh yang mereka miliki dalam kehidupan siswanya, sekarang dan nanti ketika siswanya sudah beranjak dewasa<br />Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/01221084382843471037noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3198010583776412734.post-38569129041817392632012-12-15T20:36:00.495+07:002012-12-15T20:36:00.495+07:00Nama :Udin afipudin
Nim :40211114
Prodi :Pgsd 3/3
...Nama :Udin afipudin<br />Nim :40211114<br />Prodi :Pgsd 3/3<br />Menurut pendapat saya tentang bagaimana menjadi guru yang kreatif dan inovatif dalam mengelola kelas adalah sebagai berikut :<br />1. Selalu punya energi untuk siswanya.Seorang guru yang baik menaruh perhatian pada siswa di setiap percakapan atau diskusi dengan mereka. Guru yang baik juga punya kemampuam mendengar dengan seksama.<br />2. Punya tujuan jelas untuk Pelajaran.Seorang guru yang baik menetapkan tujuan yang jelas untuk setiap pelajaran dan bekerja untuk memenuhi tujuan tertentu dalam setiap kelas.<br />3. Punya keterampilan mendisiplinkan yang efektif.Seorang guru yang baik memiliki keterampilan disiplin yang efektif sehingga bisa mempromosikan perubahan perilaku positif di dalam kelas.<br />4. Punya keterampilan manajemen kelas yang baik.Seorang guru yang baik memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik dan dapat memastikan perilaku siswa yang baik, saat siswa belajar dan bekerja sama secara efektif, membiasakan menanamkan rasa hormat kepada seluruh komponen didalam kelas.<br />5. Bisa berkomunikasi dengan Baik Orang Tua.Seorang guru yang baik menjaga komunikasi terbuka dengan orang tua dan membuat mereka selalu update informasi tentang apa yang sedang terjadi di dalam kelas dalam hal kurikulum, disiplin, dan isu lainnya.<br />yudiaienhttps://www.blogger.com/profile/03721648589197063750noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3198010583776412734.post-19723073305953269292012-12-15T20:00:10.629+07:002012-12-15T20:00:10.629+07:00Nama : Eka Ratna Sari
Nim : 40211089
Prodi : PGSD ...Nama : Eka Ratna Sari<br />Nim : 40211089<br />Prodi : PGSD 3/3<br /><br />Menurut pendapat saya, menjadi seorang guru yang kreatif dan inovatif dalam pengelolaan kelas, tidak semudah seperti membalikan telapak tangan saja. Namun kita sebagai calon guru, akan dapat dengan mudah menjadi sosok guru yang kreatif dan inovatif, asalkan kita ada kemauan yang kuat, untuk mewujudkannya. Di samping itu, kita juga harus mempunyai tugas / langkah-langkah yang harus di kerjakan yang setidaknya bisa memberikan pengaruh yang besar agar keinginan menjadi guru yang kreatif dan inovatif dapat terwujud.<br />Tugas / langkah-langkah yang harus di lakukan oleh seorang guru tersebut yaitu :<br />a. Perlu adanya kesadaran tentang kewajiban seorang guru, dalam mendidik anak didiknya. Sehingga akan tumbuh rasa ikhlas dalam mengajar, yang kelak akan memunculkan keinginan seorang guru agar menciptakan suasana kelas yang kreatif dan inovatif.<br />b. Guru harus mempunyai kompetensi dan wawasan yang luas, agar dapat berinovasi di dalam kelas.<br />c. Penguasaan terhadap materi pelajaran yang akan di bahas.<br />d. Mengetahui kebutuhan siswa.<br />e. Guru harus dapat berkomunikasi dengan baik bersama peserta didiknya, sehingga guru dapat mengidentifikasikan kekurangan dan kelebihan yang di miliki peserta didik, serta minat, bakat, dan potensi yang di miliki oleh peserta didiknya. Yang kemudian dapat menjadi bekal seorang guru dalam mengajar.<br />f. Guru harus selalu mengikuti perkembangan zaman ( globalisasi ), serta teknologi yang makin maju. Sehingga seorang guru tidak akan ketinggalan zaman.<br />g. Menggunakan metode, strategi, taktik, dan teknik yang sesuai dengan perkembangan siswa, dan akan menarik perhatian siswa.<br />h. Penyampaian pelajaran di lakukan dengan cara penyampaian secara teori dan praktiknya. Siswa melakukan sendiri dengan praktek, tentang meteri yang di sampaikan oleh guru, sehingga siswa tidak jenuh, dalam menerima pelajaran yang di sampaikan.<br />Ekka Ratna Sarihttps://www.blogger.com/profile/12391263702330102830noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3198010583776412734.post-85588362724613673532012-12-15T18:18:16.554+07:002012-12-15T18:18:16.554+07:00MAEMUN SOBIROH
PBI/3
40111021
menurut pengalaman...MAEMUN SOBIROH<br />PBI/3<br />40111021<br /><br /><br />menurut pengalaman KPPM yang pernah saya ikuti,mengajar siswa bukanlah hal yang sangat mudah. begitu juga mengajak siswanya untuk lebih konsentrasi dan tertarik terhadap kegiatan belajar yang sedang berlangsung. maka dari itu supaya siswa lebih terpaku terhadap pembelajaran yang sedang berlangsung,kita semua harus mampu menjadi guru yang kreatif dan inovatif.<br />berikut adalah contoh guru yang kreatif dan inovatif:<br />1.guru harus mengetahui arti dari pembelajaran yang baik. karena pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang mampu membuka wawasan kreatifitas dan pola berpikir mandiri kepada peserta didik .<br />2. guru jangan mengacu kepada konsep pembelajaran yang bersifat teoritis dan hafalan saja. karena hal ini akan menyebabkan siswa menjadi cepat bosan,dan siswa juga akan mudah lupa terhadap apa yang baru dihafalkan.<br />3.guru harus memberikan gaya pembelajaran yang memadukan antara teoritis dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. dalam hal ini guru harus memberikan gambaran yang menarik tentang materi yang berkaitan.<br />4.dalam kegiatan belajar guru harus mampu menciptakan strategi dan metode yang menarik, karena dengan metode yang menarik siswa akan lebih terpaku dalam belajar.<br />5. guru jangan mendominasi siswanya untuk belajar didalam ruang kelas,sesekali seorang guru harus mengajar siswanya untuk langsung mengenal alam. karena dengan mengajak lansung siswa untuk mengenal alam,siswa akan lama mengingat materi yang dipelajarinya.<br /><br />demikan menurut pendapat saya tentang guru kretif dan inovatif.terima kasihAnonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3198010583776412734.post-61708186401174233872012-12-15T14:54:29.806+07:002012-12-15T14:54:29.806+07:00DWI ELISA
PBI/3
40111007
"MENJADI GURU YANG ...DWI ELISA<br />PBI/3<br />40111007<br /><br />"MENJADI GURU YANG KREATIF DAN INOVATIF"<br />biarpun saya belum menjadi seorang guru,namun berdasarkan pengalaman saya sewaktu KPPM dan membuka program bimbingan belajar di rumah..saya bisa mengambil nilai bagaimana kita seoarang guru/calonguru untuk menjadi guru yang kreatif dan inovatif sebagai berikut :<br /><br />1.Sebelum melakukann kegiatan belajar sebaiknya kita harus memberi kesan yang menyanangkan dahulu kepada murid,dengan tujuan agar murid nantinya merasa lebih senang dalam mengikuti kegiatan belajar.Contoh dari kegiatan ini bisa seperti guru memberikan games yang bersifat belajar/memberikan games yang menyangkut materi yang akan kita pelajari nantinya.<br /><br />2.Penampilan seorang guru juga sangat mempengaruhi motivasi seorang siswa sebelum mengikutu kegiatan belajar.Siswa cenderung mempunyai semangat belajar yang tinggi apa bila guru yang akan memberikan pelajaran berpenampilan menarik apa lagi jika guru tersebaut mengajar pada saat jam pertama.<br /><br />3.Guru harus menguasai semua materi yang akan di berikan kepada siswa-nya dengan tujuan agar pada saat siswa ingin menanyakan materi kita tidak bingung dakam menjawab.<br /><br />4.Guru harus bisa memanfaatkan/menjalankan media yang sudah di fasilitasi oleh sekolah.Sebagai contoh kita sebagai guru harus/di tuntut bisa mengoperasikan kinerja komputer/laptop agar kegiatan pembelajaran tidak berjalan monoton.<br /><br />5.Kita seorang guru juga harus bisa membuat alat peraga apa bila fasilitas sekolah kurang memadai agar materi yang nanti kita ajarkan lebih mengena kapada siswa.<br /><br />6.Hal lain yang sangat penting untuk menjadi seorang guru yang "kreatif dan inovatif" adalah kita sebagai guru harus bisa membawa atau mengontrol emosi kita sebelum mengajar meskipun kita sedang di hadapkan dalam suatu permasalahan yang sangat besar,karena emosi seorang guru sangat mempengaruhi bagaimana kegiatan belajar tersebut dapat dikatakan sukses atau tidak.<br /><br />Menurut saya hanya itu saja,terima kasihAnonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3198010583776412734.post-69555274448107619482012-12-15T14:40:34.710+07:002012-12-15T14:40:34.710+07:00nama : sri setya ningsih
prodi : pgsd4/3
nim : 402...nama : sri setya ningsih<br />prodi : pgsd4/3<br />nim : 40211155<br /><br />• Guru kreatif & inovatif<br />1. Mengaplikasi pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan, siswa bisa diajak ke luar kelas dengan tujuan memaksimalkan lingkungan sekolah sebagai alat, media dan sumber belajar yang sesuai. <br />2. Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan memanfaatkan potensi sekolah yang ada, terutama sekolah yang siswanya banyak berasal dari lapisan masyarakat margin proses pembelajarannya disetting yang kreatif inovavatif mampu beradaptasi berbagai macam situasi. <br />3. Mendisain pembelajaran oleh “guru kreator” yang dapat menumbuhsuburkan kreativitas dan inovasi pembelajaran dengan analisis dan evaluasi untuk penyempurnaan disain beikutnya. <br />4. Hindari ketegangan semua pelaku proses pembelajaran. Baik guru maupun siswa diharapkan mampu memnghindari ketegangan sebaliknya nikmati situasi dan kondisi pembelajaran menuju tercapainya kompetensi siswa sesuai KTSP. <br />5. Biasakan selalu mengamati lingkungan sekolah sehingga dapat menemukan area yang dapat dijadikan alat, media dan sumber belajar siswa. <br />6. Mengimprovisasi daya kreatif dan inovsi dengan sedikit humor sehat dan seperlunya saja untuk mempertahankan dan mengembangkan semangat inovasinya. 7. Keluar dari dunia sempit menuju dunia luas dengan banyak baca buku bidang seni dan teknologi dapat menambah daya peka berfikir efektif dan efisien.<br />Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/09103701214415522439noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3198010583776412734.post-32121428411523649352012-12-15T14:33:45.729+07:002012-12-15T14:33:45.729+07:00Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/09103701214415522439noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3198010583776412734.post-38186557806737685262012-12-15T14:00:19.470+07:002012-12-15T14:00:19.470+07:00Nama : Ade Heri Kurniawan
NIM : 40211081
Prodi : P...Nama : Ade Heri Kurniawan<br />NIM : 40211081<br />Prodi : PGSD 3/III<br />kelas adalah aktifitas guru dalam mengelola dinamika kelas,mengorganisasikan sumber daya yang ada serta menyusun perencanaan aktifitas yang dilakukan di kelas untuk diarahkan dalam proses pembelajaran yang baik. Dalam hal pengelolaan kelas,kreativitas guru dalam pengelolaan kelas diarahkan untuk:<br />• Membantu siswa di kelas dapat belajar secara kolaboratif dan kooperatif<br />• Menciptakan lingkungan akademik yang kondusif dalam proses belajar<br />Keterampilan Guru Mengelola kelas terbagi menjadi 2 jenis keterampilan :<br />1. Keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal.<br />2. Keterampilan yang berhubungan dengan pengembalian kondisi belajar yang optimal.<br />menurut saya hanya itu sajah,dan terima kasihAnonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3198010583776412734.post-85578049312484993742012-12-15T13:50:48.662+07:002012-12-15T13:50:48.662+07:00Nama : Ade Heri Kurniawan
Prodi : PGSD 3/III
Guru ...Nama : Ade Heri Kurniawan<br />Prodi : PGSD 3/III<br />Guru yang kreatif dan inovatif dalam mengelola kelas.<br />kelas adalah aktifitas guru dalam mengelola dinamika kelas,mengorganisasikan sumber daya yang ada serta menyusun perencanaan aktifitas yang dilakukan di kelas untuk diarahkan dalam proses pembelajaran yang baik. Dalam hal pengelolaan kelas,kreativitas guru dalam pengelolaan kelas diarahkan untuk:<br />• Membantu siswa di kelas dapat belajar secara kolaboratif dan kooperatif<br />• Menciptakan lingkungan akademik yang kondusif dalam proses belajar<br />Keterampilan Guru Mengelola kelas terbagi menjadi 2 jenis keterampilan :<br />1. Keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal.<br />2. Keterampilan yang berhubungan dengan pengembalian kondisi belajar yang optimal.<br />Terima kasihAnonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3198010583776412734.post-35712477550683800532012-12-15T13:44:46.195+07:002012-12-15T13:44:46.195+07:00KREATIFITAS DAN INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN
a...KREATIFITAS DAN INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN<br /><br />a.Kreatifitas guru berguna bagi peningkatan minat siswa terhadap mata siswaan<br /><br />b.Kreatifitas guru berguna dalam transfer informasi lebih utuh<br /><br />c.Kreatifitas guru berguna dalam merangsang siswa untuk lebih berpikir secara ilmiah dalam mengamati gejala masyarakat atau gejala alam yang menjadi objek kajian dalam belajar.<br /><br />d.Produk kreatifitas guru akan merangsang kreatifitas siswa.<br />Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/13269684500501713047noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3198010583776412734.post-9310871381055500932012-12-15T12:46:51.015+07:002012-12-15T12:46:51.015+07:00Name: M Arif Budiyanto
Prodi: PBI 3
NIM: 40111019
...Name: M Arif Budiyanto<br />Prodi: PBI 3<br />NIM: 40111019<br />kreatif adalah penemuan sesuatu yang belum pernah ditemukan.<br />Definisi Inovatif: adalah suatu ide, barang kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang ataupun sekelompok orang, atau dengan definisi yang lebih rincinya yaitu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan sudah ada.<br />diantara tipe guru yang kreatif dan inofatif adalah mempunyai kemampuan dalam membuka dan menutup pelajaran, seperti sebagai berikut: meningkatkan perhatian, menimbulkan motivasi, memberi acuan melalui garis usaha, membuat kaitan antara materi-materi yang dipelajari dengan pengalaman, review atau meninjau kembali penguasaan inti pelajaran, dan mampu merangkum bahan ajar agar mudah dipahami oleh peserta didik.<br />bisa beradaptasi dengan peserta didik karena jika kita tidak mampu beradaptasi atau tidak dapat memahami peserta didik maka usaha kita dalam mentrsfer ilmu akan sia-sia saja, akan tetapi jika kita dapat memahami siswanya maka akan berjalan efektif dan adanya interaksi yang edukatif.<br />mampu mengatur posisi tempat duduk siswa<br />mampu memahami masing-masing grade dari peserta didik<br />sehingga dalam pembentukan kelompok diskusi dalam satu kelompok tersebut ada hierarkinya sehingga akan tercipta kelompok yang efektif dan edukatif, misalnya yang gradenya tinggi dikolaborasi dengan grade yang sedang, dan jangan sampai grade tinggi satu kelompok dengan grade yang tinggi,<br />mempunyi cara penyampaian bahan ajar yang bervariatif, jangan sampai guru hanya monoton ceramah saja meskipun sudah memakai media powerpoint dengan LCD, akan tetapi selingilah dengan umpan balik sehingga peserta didik tidak monoton.<br />selain itu guru juga harus inovatif dan kreatif dalam menerapkan interaksi Edukatif, diantara prinsip-prinsip edukatif adalah sebagai berikut:<br />1. Prinsip motivasi'<br /> adapun prinsip motivsi ekstrinsik sangat diperlukan untuk peserta didik, bisa dalam bentuk pujian, hadiah dsb, akan tetapi jangan hanya satu anak karena akan terkesan sebagai anak emas, oleh karena itu harus berganti- ganti<br />2. prinsip berangkat dari persepsi yang dimiliki.<br />setiap anak memiliki latar belakang pengetahuan dan pengalaman yang berbeda, dalam hal ini guru harus koreksi diri, apakah guru mengabaikan bahan apersepsi(pengetahuan dan pengalaman) yang dipunyai peserta didik atau tidak. maka dari itu guru harus menghargai apersepsi dari peserta didik.<br />3. prinsip mencari, menemukan dan mengembangkan diri sendiri<br />anak didik sebagai individu pada hakikatnya mempunnyai potensi untuk mencari dan mengembangkan potensinya.<br />4. prinsip belajar sebagai bekerja (learning by doing<br />belajar sambil melakukan aktivitas lebih banyak mendatangkan hasil bagi peserta didik, sebab kesan yang didapatkan oleh peserta didik lebih tahan lama.<br />5. prinsip perbedaan individual<br />sudut pandang yang dilihat dai segi aspek perbedaan anak didik itu adalah dari segi aspek biologis, intelektual, dan psikologis.<br />dari prinsip interakti edukatif yang dimiliki oleh guru, maka guru akan menjadi sosok yang kreatif dan inovati<br />Referensi:Drs. Syaiful Bahri Djamarah, M.A.g, Guru dan anak didik<br />Udin Syaefudin Sa'ud, Ph.d. Inovatif PendidikanAnonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3198010583776412734.post-10936381761039468592012-12-15T12:13:07.798+07:002012-12-15T12:13:07.798+07:00devi ayu pratiwi
40211131
PGSD4 / 3
Guru yang krea...devi ayu pratiwi<br />40211131<br />PGSD4 / 3<br />Guru yang kreatif dan inovatif dalam mengelola kelas<br />1.Menunjukkan Sikap Tangkap <br />Menggambarkan tingkah laku guryu yang tampak pada siswa, bahwa guru sadar dan tanggap terhadap perhatian keterlibatan, masalah dan ketidak acuan mereka. Dengan adanya sikap ini siswa merasa guru hadir ditengah mereka.<br />2.Membagi Perhatian<br />Pengelolaan kelas yang efektif terjadi apabila guru membagi perhatian kepada beberapa kegiatan yang berlangsung dalam waktu yang sama.<br />3.Memusatkan Perhatian <br />Keterlibatan siswa dalam KBM dapat dipertahnkan apabila dari waktu kewaktu guru mampu memusatkan kelompok terhadap tugas-tugas yang dilaksanakan.<br />4.Memberikan Petunjuk Yang Jelas <br />Petunjuk yang diberikan harus bersifat langsung, dengan bahasa yang jelas dan tidak membingungkan serta dengan tuntutan yang wajar dapat dipenuhi oleh siswa.<br />5.Menegur<br />Tidak semua tingkah laku yang mengganggukelompok, siswa dalam kelas dapat dicegah atau dihindari dengan baik, sehingga guru harus melakukan teguran secara verbal atau memperingatkan siswa.<br />6.Memberi Penguatan<br />Komponen ini digunakan untuk mengatasi siswa yang tidak mau terlibat dalam kegiatan pembelajaran atau menggangu temanya.<br />Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/14759565563112765840noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3198010583776412734.post-89697569082949687892012-12-15T11:44:14.860+07:002012-12-15T11:44:14.860+07:00Nama : Ari Irawan
Prodi : PGSD 3/3
NIM : 40211084
...Nama : Ari Irawan<br />Prodi : PGSD 3/3<br />NIM : 40211084<br />Guru yang kreatif dan inovatif dalam kegiatan pengelolaan kelas.<br /> Kemampuan guru dalam pengelolaan kelas menggambarkan ketrampilan guru dalam merancang, menata dan mengatur sumber-sumber belajar, agar tercapai suasana pengajaran yang efektif dan efisien. Gurur yang kreatif dan inovativ dapat melaksankan kegiatan pengelolaan kelas dengan lancar dan menyenangkan sehingga dapat menghambat adanya masalah-maslah yang timbul dalam pelaksanaan pengelolaan kelas. Guru yang inovativ dan kreatif menurut saya adalah :<br />1. Dapat mebuat alat-alat bantu pelajaran sederhana. Dengan demikian dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran tertentu. Sehingga siswa memiliki ketertarikan untuk mempelajari pelajaran tersebut. <br />2. Terampil memberikan bantuan dan bimbingan kepada peserta didik<br />Karena bantuan dan bimbingan itu sangat diperlukan, agar peserta didik dapat mengembangkan kemampuannya melalui proses belajara mengajar di kelas. Siswa akan dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran apabila tidaka ada sesuatu yang mengganggu pikirannya. Disini gruru berperan untuk membantu dan memecahkan masalah sehingga dapat meringankan beban yang ada pada dirinya.<br />3. Mampu menggunakan waktu secara tepat.<br />Makan tepat waktu di sini bukan sekedar masuk dan keluar kelas tepat pada waktunya, melainkan juga guru harus pandai membuat program kegiatan dengan durasi dan frekuensi yang tepat sehingga tidak membosankan.<br /><br />Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/09932904465467515197noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3198010583776412734.post-86610606430795168892012-12-15T11:43:02.081+07:002012-12-15T11:43:02.081+07:00Nama : Nurul Fauziah
Prodi: PBI 3
Nim : 40111025
...Nama : Nurul Fauziah<br />Prodi: PBI 3<br />Nim : 40111025<br /><br /><br /> Menurut saya dan dari referensai yang saya temukan,ada beberapa cara menjadi Guru yang Kreatif dan Inovatif ,antara lain :<br /><br /> 1. Menguasai materi pelajaran secara mendalam<br /><br />Menguasai materi pelajaran adalah syarat utama menjadi guru ideal. Seorang guru harus mengajar materi sesuai dengan keahliannya. Guru yang ideal adalah guru yang mengajar materi pelajaran yang menjadi bidang, bakat, dan spesialisasinya. Bila guru tidak memiliki bidang sesuai keahliannya maka murid bisa menjadi korban. Saat ini tantangan dunia global semakin dinamis, kompetitif dan akseleratif menuntut guru menyesuaikan diri dengan pembaharuan-pembaharuan yang ada, meningkatkan pendalaman materi dan mampu membuat teori-teori baru yang progresif.<br /><br /> 2. Mempunyai wawasan luas<br /><br />Seorang guru harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang terjadi di belahan dunia, sehingga cakrawala pemikirannya menjadi luas, mendunia dan up to date. Selalu ada hal baru yang disampaikan seorang guru akan menjadi salah satu daya tarik murid yang bisa menggugah semangatnya mengikuti pelajaran. Para siswa juga akan merekam penjelasan gurunya dengan baik. Namun pemikiran guru yang luas sebaiknya memiliki hubungan dengan materi yang diajarkan.<br /><br /> 3. Komunikatif<br /><br />Seorang guru penting berkomunikasi dengan anak didiknya, seperti menyapa mereka dan menanyakan bagaimana kondisinya. Guru yang suka menyapa dan memperhatikan kondisi muridnya lebih diterima anak didiknya. Ketika guru bertanya kepada anak didiknya, mereka merasa diperhatikan sehingga guru dianggap bagian darinya. Komunikasi guru tersebut sangat penting sebagai pendekatan psikologis kepada anak didiknya. Aspek penerimaan seorang guru menjadi faktor penting bagi kelancaran kegiatan belajar mengajar di dalam kelas.<br /><br /> 4. Dialogis<br /><br />Tugas seorang guru tidak hanya mengajar, tapi juga menggali potensi terbesar anak didiknya. Tugas ini sulit terlaksana kalau dalam mengajar seorang guru hanya mengandalkan metode ceramah, sekedar memberikan materi an sich, tanpa ada ruang dialog. Metode dialog interaktif melibatkan dua atau tiga arah, misalnya murid bertanya, guru menanggapi, lalu ditanggapi lagi oleh siswa lain. Dalam metode dialog interaktif guru tidak boleh merasa paling benar, pintar, dan paling tahu segala masalah.<br /><br /> 5. Menggabungkan teori dan praktik<br /><br />Bila dalam pembelajaran anak didik hanya dijejali dengan teori tanpa ada praktik, maka mereka akan mudah jenuh. Praktik sangat diperlukan sebagai media menurunkan, mengendapkan, dan melekatkan pemahaman materi pada otak anak didik. Praktik bisa berupa turun langsung ke lapangan atau ke laboratorium. Dengan praktik, ilmu dapat berkembang dengan pesat dan anak didik terlatih untuk menerapkan ilmu yang dipelajari. Praktik menjadi suatu keharusan pada semua materi, khususnya materi yang membutuhkan aplikasi sehari-hari. [Akhwani]<br /><br />Sumber: Jamal Ma’mur Asmani, Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif dan Inovatif, Jogjakarta: 2009<br /><br />Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3198010583776412734.post-82202310017436044182012-12-15T11:41:13.373+07:002012-12-15T11:41:13.373+07:00INAYATI
PBI/3
4011013
Dari penganlaman saya terjun...INAYATI<br />PBI/3<br />4011013<br />Dari penganlaman saya terjun menjadi seorang guru,kadang saya melihat sebagian guru yang tidak bisa memberikan materi atau berbagai macam tugas yang diberikannya terhadap siswanya itu melenceng dari pelajaran yang diajarkanya. kadang pula ada guru yang tidak mau tahu dengan kekurangan dan kelebihan siswanya, misalkan ada siswa yang belum paham dengan materi yang diberikannya ketika siswa itu bertanya guru tersebut tidak mau menjawabnya. ada beberapa kesalahan guru dalam mengajar dikelas:<br />1. membawa masalah keluarga kedalam kelas<br />ini bisa menyebabkan ketidak efektifan dalam kelas/dalam mengajar siswanya<br />2. tidak mau memberikan motivasi terhadap siswanya untuk trerus belajar<br />3. kadang guru hanya mengandalkan buku satu dan tidak mau menycari buku lain untuk menjadi perbadingan dalam mengajarnya.<br />CARA UNTUK MENJADI GURU YANG KREATIF DAN INOVATIF<br />MENJADI GURU YANG KREATIF<br />1.Mengajarkan kepada anak kecakapan mengatur diri,waktu dan belajar<br />alat yang kuat untuk bisa meningkatkan antusiasme,meningkatkan harga diri dan menciptakat atmosfer yang kondusif untuk belajar.<br />2.MENGAJARKAN ANAK UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH<br />beritahukan murid anda bahwa mungkin ada lebih dari satu solusi(penyelesaian) masalah untuk setiap masalah atau konflik.<br />3.MELAKUKAN STUDI LAPANGAN<br />untuk mendidik murid melalui pengalaman langsung<br />MENJADIGURU YANG INOVATIF<br />guru adalah sosok yang rela mencurahkan sebagian besar waktunya untuk mengajar dan mendidik siswa,sementara penghargaan dari sisi materia,misalnya sangatjauh dari harapan.<br />Mewujudkjan bentuk sikap seorang guru:<br />a. guru hendaknya mempunyai seorang guru yang mempunyai wawasan yang luas.<br />b. apa yang disampaikan oleh seorang guru harus merupakan sesuatu yang benar dan memberikan manfaat.<br />c. dalam menghadapi setriap permasalahan seorang guru harus mengedepankan sikap yang objektif.<br />d. seorang guru hendaknya mempunyai sikap dedikasi,motivasi, dan layolitas yang kuat.<br />e. kualitas dan kepribadian moral harus menjadi asfek penting yang melekat dalam diri guru.<br />f. gejala dehumanisasi menunjukan peningkatan secara signifikan dalam berbagai ranah kehidupan.<br />g. perkembangan iptek yang kian pesat juga juga mengharuskan seorang guru untuk senantiasa mengikutinya dan memiliki inisiatif yang kreatif.<br /><br />REFERENSI<br />NGAENUN NAIM MENJADI GURU INSPRITIF <br />BARBARA ALLMAN, SARA FREEMAN, et. al<br /><br />Demikian menuryt pendapat dan pngalaman saya,mohon maaf jika banyak kesalahan dan semoga bermanfaat...amin<br />wassalamu'alaikum wr.wb.<br /><br /> <br /> Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3198010583776412734.post-66628260412494918442012-12-15T11:37:48.105+07:002012-12-15T11:37:48.105+07:00Nama : Devris Indra Yanuar
NIM : 40111005
Prodi: ...Nama : Devris Indra Yanuar<br />NIM : 40111005<br />Prodi: Pendidikan Bahasa Inggris / 3<br /><br />Mungkin karena saya belum pernah mengajar, sehingga saya kurang tahu tentang bagaimana Menjadi “Guru yang Kreatif dan Inovatif dalam Mengelola Kelas”, Oleh karena itu saya hanya mengacu pada referensi yang saya baca, yaitu pada buku yang Berjudul SUPER TEACHER ( Abdullah Munir : 2010 ) pada Bab Guru Hebat Ketemu Sistem Hebat dan pendapat saya berdasarkan referensi yang telah saya baca, menjadi “Guru yang Kreatif dan Inovatif dalam Mengelola Kelas” ialah sebagai berikut :<br /><br /> Guru yang hebat akan semakin potensial tergali potensi dan kreativitasnya jika ddidukung sistem yang bagus. Sebaliknya, sebagus apapun potensi guru, tidak akan membawa arti apa – apa jika sistem disekolahnya amburadul. Sehingga menjadi guru yang kreatif terutama dalam mengelola kelas tentulah sangat dipengaruhi oleh sistem yang ada disekolah tersebut. Beberapa hal yang menjadikan guru berpikir secara kreatif dan inovatif :<br />1. Guru harus memiliki Goal atau Tujuan<br />2. Training yang sesuai<br />3. Forum aplikasi<br />4. Rule and Procedure dan<br />5. Sarana yang sesuai <br /> <br /> Mungkin dari sekian banyak cara untuk menjadi guru yang kreatif saya hanya bisa menyebutkan sebagian kecil dari berbagai cara tersebut dan itupun berdasarkan referensi yang saya baca. Dan pada intinya adalah guru yang berpikir kreatif ialah “Guru yang cerdas dan selalu bisa mengatasi persoalan terhadap suatu masalah”.<br />Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3198010583776412734.post-40581613963078628052012-12-15T11:27:08.524+07:002012-12-15T11:27:08.524+07:00NAMA:NURYATUL KHIKMAH
NIM :40111026
PRODI:PBI/3
...NAMA:NURYATUL KHIKMAH<br />NIM :40111026<br />PRODI:PBI/3<br /><br /><br /> Berdasarkan pengalaman saya,untuk menjadi guru yang kreatif dan inovatif,adalah sebagai berikut:<br /><br /> 1.Kuasai materi sebelum mengajar Materi pelajaran perlu disiapkan oleh para guru.<br /><br />2. Guru menciptakan susasana kelas yang aman dan nyaman secara emosional dan intelektual<br /><br />Terkadang siswa punya banyak pertanyaan dibenaknya, tetapi ada semacam perasaan malu dan takut, dikira bodoh jika melontarkan pertanyaan. Sebagai guru, kerja keras kita salah satunya adalam menciptakan kelas yang memberik keamanan secara emosional bagi siswa. Memang agar menjadi siswa yang percaya diri mereka perlu mengambil resiko, tetapi di lingkungan yang tidak mendukung kenyamanan secara emosional, siswa akan berpikir 1000 kali untuk mau bertanya dan berpendapat.<br />3. Guru menciptakan budaya menjelaskan, bukan budaya asal menjawab dengan betul.<br /><br />Ciri-ciri sebuah pertanyaan yang baik adalah pertanyaannya hanya satu tetapi mempunyai jawaban yang banyak. Bandingkan dengan jenis pertanyaan yang hanya mempunyai satu jawaban. Hal yang terjadi siswa akan berlomba menjawab dengan benar dengan segala cara. Termasuk mencontek misalnya.Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3198010583776412734.post-62965409678183880322012-12-15T11:17:03.015+07:002012-12-15T11:17:03.015+07:00Nama : Sri Mulyani Azizah
Nim : 40111030
Prodi : ...Nama : Sri Mulyani Azizah <br />Nim : 40111030<br />Prodi : PBI/3<br /><br />Bismillahirohmanirrohim ..........<br /><br />Menurut Douglas Brown J. menanamkan guru yang kreatif dengan sebutan Teacher Scholar. mengajar, katanya jika di lakukan dengan baik, pada hakikatnya juga kreatif. <br />Brown Scholar merumuskan ciri-ciri seorang teacher scholar sbb :<br /><br />1. Mempunyai keingintahuan yang tinggi (Curiosity) selalu mempelajari mencari tahu tentang segala sesuatu yang masih jelas di pahaminya.<br />2. Setiap hal dianalisis dulu, kemudian di saring, dikualifikasi untuk ditelaah dan di mengerti, lalu di endapkan dalam "gudang pengetahuannya".<br />3. Memiliki intuisi yang tajam, yaitu kemampuan bawah sadar yang menghubungkan gagasan-gagasan lama guna membentuk ide-ide baru.<br />4. Self Disciple<br />hal ini mengandung arti bahwa guru yang kreatif itu memiliki kemampuan untuk melakukan pertimbangan-pertimbangan sebelum mengambil suatu keputusan akhir.<br />5. Tidak akan pernah membiarkan hasil sementara, dan ia tidak akan menerima begitu saja setiap hasil yang di dapat belum memuaskan.<br />6. Suka melakukuan instropeksi. sifat ini mengandung kemampuan untuk menaruh kepercayaan terhadap gagasan-gagasan orang lain.<br />7. Mempunyai kepribadian yang kuat, tidak mudah di beri instruksi tanpa pemikiran.<br /><br />referensi : Tips menjadi guru inspiratif, kreatif, dan inovatif. (Jamal Ma'mur Asmani) <br />Anonymousnoreply@blogger.com