Senin, 10 Maret 2014

Soal Tugas Ke-1 Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi Kelas PGSD_3

Saudara diminta memberikan kontribusi kepada dunia, saudara diminta memberikan pendapat tentang dampak positif dan dampak negatif sosial media (facebook, twitter) terhadap pendidikan di Indonesia, berikan pendapat Anda!

Hindari plagiarism. Jangan copy-paste.

Do The Best

Kumpulkan di sini sebagai "comment"

Paling lambat dikumpulkan pada tanggal 25 Maret 2014 (pukul 23.59).

46 komentar:

  1. NIM:40213110
    NAMA: JULIA ANGGUN GINANSIH
    COMENT:
    Dampak positif dari sosial media seperti facebook dan twitter terhadap pendidikan di Indonesia yaitu guru dan peserta didik mampu berkomunikasi dengan lancar,karena informasi yang diberikan oleh guru akan lebih detail dan wujudnya jg menarik , shingga peserta didik mampu menangkap informasi tersebut dengan cepat... Selain itu, sosial media yang seperti ini jg dpat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam teknologi sehingga mereka mampu mengenal teknologi masa kini yang modern ini.. Dalam era globalisasi ini, guru maupun peserta didik dituntut untuk menguasai teknologi agar dapat bersaing dalam dunia kerja, jadi media sosial pun harus kita kuasai karena ini adalah teknologi masa kini yang jangkauannya sangat luas...
    dengan menggunakan sosial media ini juga kita dapat memperoleh banyak teman dan dapat saling bertukar informasi...

    Adapun dampak negatif dari sosial media (facebook,twitter) yaitu kadang media sosial ini disalahgunakan, misalnya harusnya media sosial ini untuk memperoleh informasi tetapi malah kadang digunakan untuk hal-hal yang tidak seharusnya diposting..
    banyak orang (terutama peserta didik) tidak dapat mengatur waktu dengan baik karena ketagihan dengan sosial media seperti facebook dan twitter, seringkali mereka lebih mengutamakan facebook daripada pelajaran dan tugas, mereka mengabaikan tugas mereka sebagai peserta didik.. Banyak juga peserta didik yang online ketika KBM berlangsung, hal ini menggangu konsentrasi belajar mereka sehingga mereka tidak fokus dengan apa yang disampaikan oleh guru...
    selain itu, sosial media jg mampu mempengaruhi tingkat smangat belajar peserta didik, waktu dimana seharusnya mereka belajar tetapi malah malas, dan lebih memilih online...:)

    BalasHapus
  2. NIM : 40213114
    NAMA : Malfiyana Mey Mita
    Bismillahirrohmanirrohim,,
    Menurut pendapat saya mengenai dampak positif dan negatif dari social media misalnya facebook dan twitter terhadap pendidikan di Indonesia:
    Dampak positifnya terhadap pendidikan adalah yang pertama dengan social media atau jejaring social dapat mempermudah mengakses komunikasi dengan cepat dan tukar informasi , Sebagai media penyebaran informasi2 yang up to date sangat mudah menyebar melalui situs jejaring social,karna hanya dalam tempo beberapa menit setelah kejadian, kita sudah dapat mengakses informasi tersebut dan bisa dikatakan sebagai sarana informasi antara yg 1 dengan yg lain. Kedua bisa dijadikan sebagai ajang diskusi dalam bidang pendidikan tentunya menambah pengetahuan yg baru dengan bertukar pikiran. Ketiga dapat dijadikan sebagai sarana untuk mempermudah kita memperoleh informasi antara guru/dosen dengan siswa/mahasiswanya seperti dosen memberikan tugas atau kisi2 uas melalui facebook,blogger,atau dikirim lewat email, lalu sebagai wahana pengumpulan tugas dari mahasiswa kepada dosen. Terahir bisa untuk memperluas pertemanan .
    Adapun dampak negatifnya dengan social media/ berbagai jejaring social terhadap pendidikan itu menjadikan seseorang kecanduan dan ketergantungan menggunakan social media tersebut karna jika tidak bisa mengontrol diri maka jadi tidak kenal waktu dan tempat yang sesuai . Dapat mengganggu konsentrasi belajar baik formal maupun nonformal sehingga dapat menurunkan prestasi dan mutu, dan juga menjadikan pelajar malas belajar karna lebih tertarik dengan dunia maya. Membuat waktu terbuang sia sia dengan dunia maya. Sehingga dapat menghancurkan secara perlahan-lahan kemampuan anak-anak dan kalangan dewasa terhadap lingkungan sekitarnya dan menurunkan produktifitas maupun rasa sosial. Bisa terancam bahaya.

    BalasHapus
  3. Nim: 40213133
    Nama: widiya aryantika
    Dampak negatif dari facebook dan twiter itu sendiri yaitu dapat membuat pelajar kecanduan, sehingga pelajar lupa denga kehidupan yang sebenarnya. Missal di sekolah para pelajar tidak mempedulikan keliling sekitarnya yaitu saat pelajaran berlangsung, siswa itu akan cenderung lebih asyik bermain gadgetnya, dari pada memperhatikan guru yang sedang memberikan materi kepadanya, dan dampak lainnya yaitu sekarang sudah banyak anak SD juga sudah mengetahui facebook, sehingga missal pulang dengan gadgetnya. Sehingga siswa itu jadi malas belajar , bahkan saking asyiknya fb’n atau twiteran anak itu saat di suruh orang tuanya akan menolak,
    Dan misal yang facebooknya dan twiternya harus ke warnet pelajar juga akan cenderung membolos saat pelajaran berlangsung.,, dan saat pulang sekolah pun pelajar akan lebih mementingkan pergi kewarnet , daripada pulang kerumah, dan siswa tersebut akan cenderung memakai uang jajannya ataupun uang buat bayaran sekolah digunakan untuk internetan.
    Dampak positif dari facebook dan twiter yaitu dapat dijadikan alat komunikasi antara guru dengan siswanya, dosen dengan mahasiswanya. Dan dapat di jadikan alat diskusi atau bertukar pendapat antara guru dengan siswanya.. dan dapat dengan mudah siswa untuk memperoleh pengetahuan-pengatahuan baru.
    Dengan fecobook dan twiter pun saat siswa mengirim tugas pun akan lebih mudah dan cepat sampai kepada guru/dosen, dalam jangka waktu yang tidak lama. Dan dapat meningkatkan kemampuan pesrta didik dalam menguasai teknologi, sehingga siswa bisa mengenal teknologi modern ini.

    BalasHapus
  4. NIM : 40213117
    NAMA : Neneng Yanis Isnaeni
    Jawab :
    Menurut saya, pada umumnya semua media sosial mempunyai dampak negatif maupun positif terhadap pendidikan. Pada pendidikan zaman sekarang sudah banyak sekolah-sekolah yang menggunakan media sosial untuk mengumpulkan tugas ,dll.
    Media sosial seperti halnya Facebook, dan twitter sudah tidak asing lagi bagi para pelajar atau mahasiswa, dan dampak negatif dari media sosial dalam pendidikan yaitu :
    Siswa atau mahasiswa, yang membawa alat elektronik seperti hp, android, atau laptop dan dengan di dukungnya hot spot area (wi-Fi), mereka akan lebih mudah menggunakan, untuk facebookan dan twitteran dalam proses belajar mengajar, yang akibatnya guru atau dosen tidak di perhatikan. Dampak lainnya yaitu siswa atau mahasiswa akan malas belajar, dan terkadang tidak sedikit dari mereka yang salah penggunaannya, maksudnya si pengguna yang menggunakannya dengan niat tidak baik/ tidak sopan.
    Tidak hanya dampak negatif, tetapi media sosial juga mempunyai dampak positif, dalam pendidikan di antaranya :
    Siswa atau mahasiswa dengan mudah mencari dan mengumpulkan tugas melalui media sosial, facebook ataupun twitter, yang akan memperlancar tugasnya dalam pendidikan. Siswa/mahasiswa, dapat melihat berbagai informasi dari guru ataupun dosen.
    Jadi, untuk memastikan media sosial itu berdampak positif atau negatif terhadap diri kita , terutama pendidikan itu tergantung dari si penggunanya itu sendiri.
    Terimakasih,,,

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum wr.wb.
    NIM : 40213093
    NAMA : ANDRI HAERUMAN
    COMENT..
    Menurut Saya, dampak positif sosial media bagi pendidikan di Indonesia sangat bagus, karena dengan adanya sosial media para pelajar dapat mencari ilmu pendidikan denagna mudah, cepat. Apalagi sekarang di sekolah-sekolah, universitas-universitas, dll sudah ada yang menggunakan fasilitas sosial media untuk sebuah proses pembelajaran. Ada sebuah contoh sosial media (websaite) yang digunakan untuk sebuah pembelajarn sehingga dosen tidk usah tatap muka.disamping dampak positif pasti ada juga dampak negatifnya.
    Dampak negatif sosial media itu dapat merugika pelajar, karena dengan adnya sosial media para pelajar itu ketergantungan pada sosial media itu, sehingga mereka malas untuk belajar dari buku. Seorang pelajar tidak dapat membagi waktu ketika sudah bermain dengan sosial media, waktu untuk belajar pun digunakan untuk mainan.
    Dampak negatif yang terjadi pada fisik pun ada, yaitu dapat menjadikan mata kita min, saraf kita terganggu karena sering berlama-laman di depan computer, laptop, notebook, dll.
    TAPI dampak positif sama dampak negatif pada pendidikan sebenarnya tergantung pada pelajar itu senidiri, pelajar mau memilih yang mana yang mereka anggap baik. Saya berdo'a mudah-mudahan para pelajar Indonesia bisa menggunakan sosial media dengan baik.
    Sekian terimakasih
    Wassalamualaikum wr.wb.

    BalasHapus
  6. Nama : Candra Setya Wildani
    Nim : 40213097

    Begitu Banyak dampak dari media social pada masa sekarang ini.
    Di antara Dampak negatif jejaring sosial yaitu

    1. Seorang pelajar biasanya akan menjadi lebih malas belajar
    Jejaring sosial juga bisa membuat seseorang kecanduan, termasuk pelajar. Biasanya pelajar yang kecanduan dengan jejaring sosial akan lebih malas belajar karena keinginannya untuk terus menggunakan jejaring sosial tersebut.

    2. Bahaya kejahatan,
    Artinya bukan tidak mungkin terdapat orang jahat yang menggunakan jejaring sosial. Karena jejaring sosial juga bisa digunakan oleh mereka sebagai tempat mencari target.
    Salah satu kasus yang sering terjadi adalah penculikan oleh orang yang dikenal dari jejaring sosial.

    3. Mengganggu kehidupan
    Mengapa saya katakan mengganggu kehidupan ? Karena jejaring sosial bisa mengurangi komunikasi anda dengan dunia nyata seperti orang sekitar, lingkungan, dan yang lainnya. Hal ini disebabkan oleh kegiatan anda yang terlalu lama menghabiskan waktu di jejaring social dan akhirnya tugas dan pekerjaan yang akan kita lakukang akan terbengkalai.

    B. Di Antara Dampak Positif Jejaring Sosial :

    1. Tempat promosi
    Melihat banyaknya pengguna Jejaring sosial, tidak salah jika anda menjadikan jejaring sosial menjadi salah satu tempat promosi terbaik untuk sekolah ataupun program-progran beasiswa.

    2. Tempat untuk memperluas pengetahuan
    Banyaknya informasi dan ilmu pengetahuan yang tersedia, memberikan fasilitas untuk kita dalam mencari sumber pengetahuan selain dari buku.

    3. Sebagai media komunikasi
    Jejaring sosial tentunya juga bisa anda gunakan sebagai media komunikasi yang sangat bagus untuk berkomunikasi dengan orang lain termasuk menanyakan tugas dan informasi tentang kuliah atau pelajaran pada guru ataupun teman.

    4. Tempat mencari informasi
    Banyaknya pengguna jejaring sosial yang mempunyai berbagai pekerjaan, hobi, kemampuan, dan lain-lain. Maka tidak ada salahnya jika anda mencari informasi dengan menggunakan jejaring sosial. Baik itu melalui grup, teman, ataupun yang lainnya.

    Itulah beberapa "Dampak negatif dan positif jejaring social”. Mungkin masih ada lagi dampak negatif dan positif jejaring sosial yang belum saya sebutkan. Saya mohon maaf jika di dalam postingan ini masih terdapat kekurangan.

    BalasHapus
  7. NIM :40213130
    NAMA : UMI KHOERIYAH
    komentar:
    Menurut saya, dampak positif dari sosial media (facebook dan twitter) terhadap pendidikan di Indonesia yaitu, pertama sebagai sarana diskusi antara guru dengan siswanya atau dosen dengan mahasiswanya. Misalnya saat ada tugas yang kurang jelas atau ada materi yang belum kita pahami, kita bisa mendiskusikannya lewat facebook atau twitter. Kedua sebagai sarana berbagi informasi. Dengan facebook kita bisa saling memberikan atau berbagi informasi mengenai apa saja yang kita miliki yang tentunya saja bermanfaat bagi teman, sehingga teman kita mendapat informasi yang mungkin saja sedang mereka butuhkan. Contohnya saja pada saat akan UTS atau UAS, kita bisa posting materi dan kisis-kisi, sehingga teman yang belum punya materi dan kisi-kisi tidak kebingungan mencari kesana-kemari.
    Adapun dampak negatifnya yaitu bisa mengganggu proses belajar. Banyak mahasiswa yang curi-curi waktu bermain facebook saat pelajaran berlangsung, yang tentunya akan mengurangi konsentrasi belajar. Menurunnya nilai prestasi siswa, karena saking asyiknya update status, upload foto, mengobrol atau melihat dinding teman facebook sehingga mereka lupa untuk belajar dan akibatnya nilai mereka turun.

    BalasHapus
  8. Nim : 40213109
    Nama : Istiqomah
    Menurut saya dampak positif dari facebook dan twitter bagi pelajar khususnya dapat dijadikan alat komunikasi dan informasi yang cepat, murah dan mudah. Dapat mengetahui secara cepat berita tanpa perlu pergi jauh-jauh. Apabila ada tugas kita dapat menghemat biaya karena tugas dapat dikirimkan tanpa harus membuang modal untuk prin out. Disini juga pelajar dapat berkomunikasi secara langsung dengan dosen maupun teman tanpa harus jauh-jauh dating kerumahnya.
    Sedangkan dampak negatifnya seorang pelajar akan merasa kecanduan dengan dunia maya karena merasa. Apalagi saat ia sedang berkomunikasi dengan temannya maka ia akan selalu merespon tanpa ingat waktu. Ia juga akan selalu menunda waktu belajarnya sampai akhirnya ia tidak jadi belajar. Dapat mengganggu proses belajar mengajar apabila ia bermain facebook dikelas ,sehingga pelajaran tak dapat ia serap.

    BalasHapus
  9. NIM : 40213124
    NAMA : RINI PITWATUN NAZILA
    Menurut saya media social bagi pendidikan bisa digunakan untuk menyambungkan tali silaturrahmi dengan teman-teman yang jauh atau teman-teman yang berpisah sekolahnya dan bisa dijadikan sarana edukasi, hiburan dan hal positif lainnya.
    Kita lebih banyak berkomunikasi dengan dunia maya atau kita berinteraksi hanya dengan gadget. Malah mengurangi waktu untuk bersosialisasi dengan orang-orang yang nyata-nyata yang ada didekat kita. Bahkan media social bisa digunakan sebagia media penunjang untuk kejahatan. Intinya kita harus bijak dalam menggunakan media social.

    BalasHapus
  10. NIM: 40213131
    NAMA: USWATUN HASANAH
    DAMPAK NEGATIFNYA adalah bisa mengganggu para siswa di saat mereka sedang belajar di dalam kelas, siswa itu akan lebih akan mementingkan internetan di bandingkan mendengarkan gurunya yang sedang menerangkan, anak remaja sekarang lebih asyik damn mementingkan di dunia maya di banding belajar.
    Positifnya adalah bisa buat menambah teman yang jaraknya jauh dengan menggunakan fb, dan juga bisa digunakan untuk mencari informasi.

    BalasHapus
  11. NIM : 40213121
    NAMA : RATNA RESNAWATI
    Menurut pendapat saya dampak negatif dari penggunaan facebook dan twitter itu adalah membuat kecanduan kepada si pemakainya. Dan dampak merugikan itu cukup merugikan bagi si empunya facebook dan twitter karena hal tersebut sangat menyita waktu yang seharusnya digunakan untuk melakukan hal-hal yang berguna malah hanya untuk facebook dan twitter jadi hal tersebut membuat waktu yang kita miliki menjadi tidak bermanfaat. Selain itu juga akan mengakibatkan mata ita menjadi kurang sehat jika kita memakainya selama berjam-jam.Sedangkan dampak positif dari penggunaan Facebook dan twitter adalah di situ kita akan mempunyai banyak teman baru baik dari dalam negri ataupun luar negri, dapat bertukar informasi atau bahkan saling belajar bahasa dari masing-masing negaradari teman kita di facebook dan twitter tersebut. Demikian pendapat saya pak terimakasih

    BalasHapus
  12. NIM : 40213134
    NAMA : Yuli Ambarwati
    PGSD – 3

    Sebelum membahas tentang dampak dari media sosial, kita harus mengetahui dulu apa itu media sosial. Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content".

    Dalam sebuah pendidikan, media sosial sangat berperan penting, sehingga menibulkan dampak negatif dan positif pada sebuah pendidikan. dampak negatif yg timbul di karenakan salahnya cara pemakain dalam menggunakan media sosial, banyak pelajar yang menjadikan media sosial sebagai sarana untuk mengekspos diri sendiri, bukan untuk mencari ilmu pendidikan, sehingga pelajar tersebut terjebak dalam media sosial, dan dapat merusak pola pikir mereka. sedangkan dampak positifnya, media sosial sangat membantu dalam dunia pendidikan, dimana semua ilmu pendidikan dapat dengan mudah di cari dan di tela'ah menggunakan media sosial ini, tidak hanya berpedomana pada sebuah buku pelajaran, teteapi dengan adanya media sosial, pelajar dapat mencari sebuah hal-hal baru dalam pendidikan yang akan selalu terjawab dalam media sosial.

    http://sense-buu.blogspot.com/2012/12/dampak-media-sosial-terhadap-dunia.html

    Itu adalah pendapat yang saya kutip dari internet Pak,kalau menurut pendapat pribadi saya, social media seperti facebook dan twiter mempunyai dampak positif dan negative bagi dunia pendidikan. Berikut ini saya sampaikan pendapat saya :
     Dampak Positif
    Sosial media seperti facebook dan twitwer dapat bernilai positif jika digunakan pada waktu dan keadaan yang pas. Misalnya facebook itu sangat membantu proses pengiriman tugas dan sebagainya. Berdasarkan pengalaman nyata,semester 1 kemarin saya mengirim tugas individu IAD melalui facebook Pak,jadi social media itu sangat bermanfaat bagi kami dalam menunjang proses pendidikan. Pengumpulan tugas menjadi sangat efisien dan efektif. Selain itu,lewat facebook juga saya bisa meng update info info penting seputar kuliah,download silabus yang di berikan oleh dosen atau materi perkuliahan dll. Selain itu lewat group yang tersedia di facebook ini kita dapat saling berdiskusi tentang perkuliahan,seperti group diskusi mata kuliah PTI,yang tentunya dapat memberi wawasan kepada kita. Itu adalah salah satu manfaat dari social media bagi dunia pendidikan.

     Dampak Negatif :
    Selain mempunyai dampak positif,social media juga mempunyai dampak negative bagi dunia pendidikan. Seorang pelajar yang asyik menggunakan social media secara terus menerus akan membawa dampak seperti berubahnya tata bahasa yang kurang baku dalam kesehariannya,misal dalam berbicara secara langsung,bahasa dalam penyusunan makalah dan sebagainya. Masalah ini timbul ketika pelajar sering update status dengan bahasa gaul yang jauh dari bahasa baku,sehingga dapat terbawa ketika pelajar itu dalam proses bejajar.
    Selain dampak terhadap tata bahasa,social media juga berdampak pada menurunnya semangat pelajar untuk belajar,mereka telah kecanduan untuk terus bermain social media. Ini tentunya dapat menghambat pendidikan mereka,yang seharusnya focus belajar untuk mendapat prestasi dalam dunia pendidikan,malah terganggu karena kecanduan dengan social media.
    Itu adalah pendapat saya Bapak…

    BalasHapus
  13. NIM : 40213122
    NAMA: RAYI SUCI KARINA
    PGSD 3/2
    Menurut saya dampak yang terjadi akibat adanya social media seperti facebook ataupun twitter dalam pendidikan adalah yang pertama kita lihat dari dampak negatifnya dalam dunia pendidikan, penggunaan facebook atau twitter dalam kegiatan belajar mengajar sangat mengganggu misalnya saat guru sedang menjelaskan materi siswa dengan sembunyi-sembunyi dari guru untuk bermain facebook ataupun twitter dan itu sehingga materi yang disampikan guru tidak dipedulikan siswa, siswa asik dengan dunia mayanya karna kecanduan social media tersebutdan ini mempengaruhi semangat belajar siswa rendah.
    Kemudian dilihat dari dampak positifnya dalam pendidikan social media juga sangat penting selain utuk berkomunikasi antara guru dan murid dalam bertukar fikiran atau materi seperti pemberian tugas online dan pengumpulan tugas melalui jejaring facebook selain itu kita juga dapat mengakses materi dari social media tersebut bahkan sampai ribuan informasi yang kita dapatkan untuk menambah wawasan dan ilmu penetahuan lainnya.

    BalasHapus
  14. Nama: Lilik Erika
    Nim : 40213113

    Menurut saya Banyak sekali dampak dari media sosial... tentu saja kita harus bisa menyikapi kemajuan teknologi.. di antara dampak dari media sosial tersebut meliputi :
    1. Dampak positif
    Penggunaan media sosial berupa blog seperti, wordpress, blog, multiply, dan blog lainnya dapat digunakan untuk metode pengajaran terhadap siswa dan siswi untuk mengasah softskill, jjuga mempermudah para pelajar dalam mencari informasi dan materi yang di pelajari. Penggunaan media sosial berupa facebook, twitter dan sebagainya dapat digunakan oleh para siswa dan siswi untuk dapat saling berdiskusi dan berkomunikasi dengan gurunya mengenai pelajaran atau sebaliknya guru dapat memberikan informasi-informasi kepada siswa dan siswinya.
    2. Dampak negatif
    Membuat waktu terbuang dengan sia-sia, Menambah beban pengeluaran, Mengganggu konsentrasi belajar, Tidak sedikit mereka mengeluhkan kegiatan sekolah ataupun kuliah. Kemudian saya berpikir mengapa mereka tidak posting masalah kuliahnya untuk memohon bantuan teman-teman di jejaring sosial daripada mengeluarkan keluhan?. Mengancam keamanan diri. Mengancam kesehatan.
    Demikian beberapa dampak dari media sosial, terimakasih...............


    BalasHapus
  15. NAMA : IKHLAS DENI ARI PRASETIO
    NIM : 40213107

    DAMPAK POSITIF :

    1.Dengan social network kita bisa menghemat kertas sebagai media pengumpulan tugas, contohnya ya seperti ini..dosen bikin blog, lalu posting pertanyaan, kita menjawab.
    Praktis kan ? kita nggak harus ngeprint, mbuang mbuang kertas.
    Mbuang-mbuang kertas = nebang pohon lagi = bencana lagi

    2.Dari segi penyampaian social network ini lebih menarik dari pada di buku, kenapa saya ngomong begini? karna saya merasakan sendiri, kita sudah terlanjur hidup di zaman dimana ''baca tweet/status/postingan di blog lebih menarik dari pada baca buku pelajaran.

    DAMPAK NEGATIF :

    Dampak negatif ini hanya berlaku sama pelajar indonesia yg tidak tahu kapan harus nyalain internet dan kapan waktunya belajar.

    1.Asyik online disaat guru nerangin pelajaran = lahirnya anak-anak yg tidak menghormati profesi seorang guru.
    2.Mungkin dari segi kesehatan mata.Yap, secanggih atau seramah apapun layar sebuah gadget lama-lama bakalan ngrusak mata.

    Trima kasih~

    BalasHapus
  16. NIM : 40213099
    NAMA : DESY PRATIWI

    Sekarang ini banyak sekali sosial media di dunia ini seperti facebook, twitter dan sosial media lainnya, yang penggunanya kebanyakan pelajar, dengan ini banyak sekali dampak positif dan negatifnya terutama terhadap pendidikan. Saat ini facebook adalah salah satu situs komunitas jejaring sosial nomor satu saat ini, yang disusul dengan twitter. Menurut saya jejaring sosial seperti facebook dan twitter banyak sekali manfaat dan dampak positifnya yaitu kita dapat memperoleh informasi apapun melalui Status Update, foto, semuanya yang berhubungan dengan komunitas kita contohnya bagi siswa SMA yang akan mendaftar ke Pergururan Tinggi dapat memperoleh informasi melalui group tanpa harus mendatangi Perguruan Tinggi yang dituju, dan dapat sharing-sharing membahas soal-soal dengan daerah manapun di Indonesia serta dapat saling berbagi soal-soal dengan teman. Selain itu guru atau pengajar juga dapat memanfaatkan jejaring sosial dengan berbagi materi pelajaran yang akan dipelajari dan mengirim lewat jejaring sosial facebook dengan lebih mudah seperti mengirim email. Kemudian kita tidak susah jauh-jauh ke tempat teman kita atau guru kita jika akan menanyakan sesuatu hal seperti menanyakan soal atau materi yang sulit karena dengan facebook melalui video call kita dapat saling bertatap muka.

    Dampak positif itu semua tujuannya memudahkan kita memperoleh informasi dan berkomunikatif. Namun disisi lain juga ada dampak negatifnya yaitu kita menjadi lupa waktu karena asyik dan tenggelam dalam dunia maya. Kemudian kita menjadi konsumtif untuk menggunakan jejaring sosial sehingga dengan berbagai cara dilalui seperti saat kegiatan belajar mengajar berlangsung pelajar tetap menggunakan jejaring sosial dengan cara sembunyi-sembunyi yang dampaknya akan mengganggu konsentrasi belajar. Selain itu dengan update status atau mengunggah foto yang berlebihan akan mengundang asumsi orang lain yang berbeda sehingga memicu adanya kriminalitas.
    Terima kasih.....

    BalasHapus
  17. NIM:40213104
    NAMA:ELISA ASTUNGKARA
    Menuru saya Dampak positif dan negatif sosial media seperti facebook dan twitter yang kita ketahui pada saat ini telah banyak situs-situs media social yang berdiri di internet dan tentunya hal ini akan menimbulkan dampak bagi penggunanya di kehidupan sehari-hari baik itu dampak positif dan negatif.Dampak negatifnya seorang pelajar biasanya akan akan menjadi malas belajar,biasanya pelajar yang kecanduan dengan akan lebih malas belajar karena keinginannya untuk terus menerus menggunakan media ini seperti facebook dan twitter.Dampak positifnya yaitu sebagai media komunikasi,memperluas pertemanan,dan tempat untuk mencari informasi.

    BalasHapus
  18. Nama : AYU SEKAR KANTY
    Nim : 40213095
    Dampak positif adalah 1. Memudahkan untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi,2. Mudah mencari informasi –informasi,3. Mempermudah dalam proses pembelajaran atau perkuliahan,4. Mempermudah dalam penyampaian ujian – ujian atau hasil ujian,5. Bisa dilaksanakan proses pembelajaran atau perkuliahan jarak jauh.
    Dampak negative adalah 1. Mengganggu anak-anak kita karena kecenderungan bermain online,2. Pemanfaatan fb hanya sekedar untuk main –main,3. Banyak pengguna jasa internet mengakses situs –situs negatif

    BalasHapus
  19. NIM :40213119
    NAMA :OKA DWI RIZKIANTI

    Menurut saya dampak positif dari facebook dan Twitter yaitu dengan adanya media sosial tersebut dapat mempermudah komunikasi antar pelajar dan pengajar ,apa lagi media sosial tersebut sangatlah mudah dan murah untuk memiliki media sosial tersebut. Dan juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat pengumuman informasi penting yang berkaitan dengan tugas-tugas atau pun materi pembelajaran contohnya seperti dibuatnya grup dalam facebook.

    Dampak negatif dari Facebook dan twitter yaitu lupa waktu karena sangking asyiiknya bermain facebook atau twitter misalnya chatingan dengan lawan jenis karena sangking asyiiknya ia lupa waktu dan tugas-tugas sekolah atau perkuliahan yang harus dikerjakan menjadi terbengkalai begitu saja. Dan difacebook atau pun twitter ada pula situs-situs yang berbau pornografi yang dapat memperdangkal atau mematikan otak para pelajar.

    itu pedapat saya pak,,
    terima kasih :)

    BalasHapus
  20. NIM :40213101
    Nama : Dini Aziz. N

    Menurut saya,Dampak positif sosial media dalam dunia pendidikan diantaranya dapat digunakan untuk membagi hal hal positif diantara sesama penggunanya, seperti saling bertukar mengenai informasi yang sedang dibutuhkan, selain itu sosial media juga dapat digunakan sebagai media untuk berdiskusi atau membahas masalah masalah yang sedang menjadi trending topik di Indonesia, bukan hanya tentang masalah masalah dunia hiburan saja , tetapi juga masalah masalah mengenai hal hal yang lebih bermanfaat seperti masalah pendidikan, sehingga aktifitas media sosial kita juga diharapkan dapat membawa dampak positif dalam menambah wawasan kita, dengan sosial media, para guru akan lebih mudah dalam memberikan tugas kepada siswanya, begitu juga siswa lebih cepat dalam mengumpulkan tugasnya . saya juga sangat mengapresiasi dosen kita yaitu pak Rori yang telah membuat sebuah grup yang dapat lebih mengarahkan aktifitas facebook kami menjadi lebih terarah kepada hal hal yang positif,
    Dampak Negatif
    Penggunaan sosial media didunia pendidikan di ibaratkan seperti sebuah pisau bermata dua, yang disalah satu sisinya sangat bermanfaat, tetapi disisi lain juga sangat berbahaya bagi kita, diantara dampak negatif yang ada adalah mengurangi minat kita untuk belajar setelah pulang sekolah, bahkan ketika di dalam kelas pun banyak yang menggunakan handphonya untuk sekedar facebookan, tetapi tanpa disadari hal inilah yang menyebabka para siswa malas untuk belajar karena sudah asik dengan gadgetnya, ketika sudah mengunjungi sosial media maka kita akan lupa waktu, satu jam bagai satu menit, dua jam bagai dua menit , begiitu seterusnya sampai larut malam, sehingga lagi lagi lupa balajar dan langsung tidur tanpa rasa bersalah, dibandingkan membaca buku pelajaran, parta siswa lebih memilih untuk bermain di sosial media, sehingga akan timbul sebuah ketergantungan terhada sosial media, jika sudah seperti ini maka akan sulit diatasi, mereka bahkan melupak tugas utama mereka sebagai manusia di dunia nyata, dan terus larut dalam dunia maya, sampai suatu hari mereka akan menyasalinya.

    BalasHapus
  21. NIM: 40213103
    NAMA: Dyah Ayu Andini

    Menurut saya, penggunaan sosial media seperti facebook dan twitter dalam hal pendidikan di Indonesia dapat membawa dampak positif bagi para penggunanya, antara lain yaitu kita dapat dengan mudah memperoleh teman tidak hanya di cakupan wilayah kita saja melainkan kita dapat berteman juga dengan orang- orang di daerah lain bahkan di luar negara sehingga kita juga bisa belajar kebudayaan lain dari teman- teman di sosial media. Bagi para mahasiswa kita juga memiliki peluang usaha yang sangat banyak baik dibidang produk maupun jasa karena kita dapat dengan mudah mempromosikannya kepada teman- teman di sosial media misalnya seperti online shop dll sehingga mahasiswa mudah mendapatkan uang tambahan. Manfaat lain yang diperoleh dari penggunaan sosial media adalah sebagai alat komunikasi yang tidak mengenal batasan karena kita dapat berkomunikasi dengan siapa saja. Selain itu sosial media merupakan salah satu alat untuk mendapatkan berbagai informasi dan kita juga dapat bertukar dan membagikan informasi yang kita punya dengan orang lain dan saya rasa sosial media merupakan tempat paling efektif untuk berbagi informasi karena informasi yang kita bagikan dapat dengan mudah dilihat oleh orang lain begitupun sebliknya jadi bagi para pelajar membuat wawasan mereka semakin luas. Bukan hanya itu saja guru dan siswa juga dapat berdiskusi ataupun sekedar sharing di dalam sosial media. Guru dan siswa juga dapat melakukan tanya jawab soal di sosial media sehingga membuat para siswa tidak merasa jenuh dan juga membuat para siswa menjadi lebih terbuka dan lebih dekat dengan gurunya dan guru pun dapat mengarahkan siswanya untuk menggunakan sosial media dengan baik.

    Selain memberikan dampak positif ternyata sosial media juga mempunyai dampak negatif bagi penggunanya, beberapa dampak negatif yang timbul akibat penggunaan sosial media diantaranya adalah pada umumnya sosial media akan membuat penggunanya kecanduan karena rasa nyaman yang kemudian akan menjadi kebiasaan dan kebiasaan itu lama kelamaan tidak mengenal batasan waktu lagi sehingga setiap detik, setiap menit, setiap jam dan hampir setiap hari penuh pengguna sosial media akan menghabiskan waktunya untuk bermain dengan dunia maya dan ini membawa dampak yang sangat buruk terutama bagi para pelajar, mereka umumnya menjadi malas belajar karena keinginannya untuk terus bermain di sosial media tersebut. Dampak negatif lainnya adalah penggunaan sosial media yang berlebih akan mengganggu kehidupan para pelajar terutama lingkungan sosial, pengguna sosial media akan jarang berkomunikasi dengan orang sekitar dan lingkungannya yang akhirnya menumbuhkan sikap individualisme sperti egois dan sikap tidak peduli kepada temannya karena mereka lebih sering menghabiskan waktunya di sosial media dari pada dunia nyata. Dan sifat sosial media yang membebaskan penggunanya berekspresi kadang membawa dampak yang buruk bagi penggunanya terutama bagi para pelajar, misalnya kata- kata kasar atau gambar- gambar tidak sopan tidak menutup kemungkinan mereka akan menirunya. Bahkan sosial media juga menjadi tempat melakukan kejahatan contohnya akhir- akhir ini banyak para pelajar yang mengalami penculikan akibat berkenalan dengan orang yang tidak dikenal di sosial media. Dampak lain yang ditimbulkan adalah sikap anak yang tidak memperhatikan gurunya ketika proses kegiatan belajar mengajar karena sibuk bermain sosial media walaupaun sudah dilarang tapi kebanyakan mereka melakukannya dengan sembunyi- sembunyi. Selain itu, lunturnya rasa hormat dan sikap mengahrgai dari para siswa kepada gurunya.

    Jadi, kesimpulannya sosial media akan memberikan dampak positif ataupun dampak negatif tergantung dari kita yang menggunakan. Jika kita sebagai pengguna menggunakan sosial media dengan baik dan bijak maka dampak yang kita peroleh akan positif, begitupun sebaliknya.

    BalasHapus
  22. nama:QOriatul ihwanisyifa
    NIM:40213120
    menurut pendapat saya,dampak positif dan dampak negatif dari media sosial adalah
    dampak positif:
    1)siswa dapat mendapatkan pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi mengenai obyek-obyek tertentu dan lebih spesifik.Bahkan setelah adanya media sosial ,siswa dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang penting dan terbaru.
    2)siswa dapat dengan mudah berkomunikasi dengan gurunya maupun temannya untuk menanyakan pelajaran ataupun yang lainnya dengan cepat,murah,dan tak terbatas.
    3)siswa dapat mengasah bakatnya karena disini mereka bisa mengekspresikan pengetahuannya misalnya dalam bentuk tulisan ataupun yang lainnya.
    4)siswa lebih kreatif dan mandiri dalam belajar .

    dampak negatif:
    1)bisa menyebabkan yang tidak baik ataupun mengomentari hal-hal yang berbau SARA,pornografi dll.Hal tersebut sangat merugikan,karena setelah adanya semacam pornografi membuat pemikiran siswa negatif(belum layak untuk mengetahuinya)
    2)menyita waktu,pelajar keasyikan menggunakan situs tersebut,dapat mengganggu aktifitas-aktifitas yang lainnya.
    3)mengancam kesehatan.Penggunaan gadget,laptop,hp secara terus menerus dapat merusak mata kita.
    4)mengancam keamanan diri.Pertemanan dimedia sosial dengan orang yang jauh disana tanpa mengetahui seluk beluk orangnya lebih besar kemungkinan termakan oleh modus kejahatan.
    Dari dampak positif dan negatif tersebut tergantung dari si penggunanya,bagaimana memanfaatkan situs tersebut.
    Terima kasih..

    BalasHapus
  23. NIM : 40213111
    NAMA : KHAFID ALWI
    DAMPAK POSITIF
    - sarana informasi
    - memperluas pertemanan
    - sebagai media promosi dalam bisnis
    - sebagai penjaring informasi tentang keberadaan seseorang
    - mempertemukan tali persaudaraan yang sudah lama tidak bertemu
    DAMPAK NEGATIF
    - pornografi
    - penipuan
    - tersebar data penting yg tidak semestinya
    - malas belajar di dunia nyata
    - hacking satu sama lain
    KESIMPULAN
    - sosial media dapat berfungsi sebagai motivator untuk terus berkembang juga dapat berfungsi sebagai penghancur. pengguna sosial media harus lebih mawas diri dan lebih bisa memilih dan menyeleksi budaya mana yang baik dan buruk agar tidak terjadi suatu kesalahan akibat pemakaian situs sosial media.

    BalasHapus
  24. NUR DIYANTO
    40213118
    Menurut saya dampak dari media tersebut antara lain
    dampak positif:
    1.mendapatkan teman banyak walaupun jauh dan dekat
    2.mempermudah komunikasi dangan teman atau saudara di tempat yang jauh selain mengunakan alat elektronik selain HP
    3.menjadi sarana diskusi bagi semua orang melalui media ini
    4.menjadikan sarana untuk promosi.
    5.menjadikan tali persaudaraan
    Dampak Negatif
    1.Banyak kasus kriminalitas baik penipuan atau sebagainya
    2.menyita waktu belajar bagi pelajar
    3.Mengobsesi remaja untuk selalu mengakses media tersebut.
    4.menghambur hamburkan uang jika mengakses media tersebut di warnet.
    5.jika terlalu sering menggunakan media tersebut akan merusak kesehatan bagi kita dan lupa tidak mengerjakan shalat lima waktu dll tergantung penggunaanya terimakasih itu pendapat saya paak.

    BalasHapus
  25. Nama : Anita Larasati
    Nim : 40213094

    Menurut saya dampak positif dan dampak negatif sosial media seperti facebook dan twitter terhadap pendidikan di indonesia adalah yang pertama dampak positif dalam penggunaan sosial media itu dapat menambah teman, wawasan luas, sarana untk berkomunikasi dengan orang yang jauh dan sulit kita temui, mudah mendapatkan informasi yang terbaru dengan cepat, tidak menyita waktu terlalu lama tetapi disamping itu terdapat dampak negatif yang harus kita ketahui yaitu dapat menjadi malas belajar, banyak penipuan yang terjadi, menjadi lupa untuk beribadah, membuka situs-situs yang tidak seharusnya dibuka.

    Kesimpulannya yaitu dalam penggunaan sosial media pasti ada dampak negatif dan positifnya tergantung kita bagaimana untuk menggunakannya dan memanfaatkannya untuk mendapatkan dan menambah ilmu lebih banyak.

    BalasHapus
  26. NAMA : SITI MAHMUDAH
    NIM : 40213126
    Menurut saya, dampak positif social media (facebook, twitter) terhadap pendidikan diindonesia cukup banyak, antara lain jejaring ini memudahkan penggunanya untuk mengetahui info-info terkini, mengaksesnya pun sangatlah mudah dan cepat. Manfaat lainnya, kita sebagai pelajar dapat memperbanyak teman yang berasal dari berbagai daerah dan bahkan dari seluruh dunia. Dengan media ini kita dapat share apa yang kita alami saat itu juga, kita dapat saling bertukar pikiran, berkomunikasi, berpendapat, dll. Jejaring social seperti facebook dan twitter itu juga tidak hanya diakses oleh orang-orang biasa saja tetapi juga kalangan artis, tokoh-tokoh pendidikan, tokoh-tokoh masyarakat, bahkan pejabat-pejabat tinggipun mengakses social media ini. Dari berbagai masukan-masukan atau hal-hal apapun yang bersifat positif yang mereka share, itu dapat kita jadikan sebagai suatu motivasi.
    Namun sebagian besar dari kita (pelajar) mensugestikan bahwa jejaring-jejaring itu sebagai hal utama dalam kegiatan sehari-hari, yang setiap jam, menit, bahkan detikpun kita tidak mau sampai melewatkannya. Karena akan merasa KUDET (Kurang Update) jika itu terlewati. Itulah yang menjadi salah satu pemicu kita lupa akan waktu untuk belajar,malas menyelesaikan tugas entah tugas sekolah maupun tugas rumah karena terlalu asyik. TERIMAKASIH 

    BalasHapus
  27. NAMA : VEVIANA ROSMANINGRUM
    NIM : 40213132

    Menurut pendapat saya dampak positif dan dampak negatf dari social media terhadap pendidikan diindonesia saat ini sangatlah banyak dan beragam , tetapi dampak positif dan dampak negatif masih banyak dampak negatifnya untuk pendidikan .
    Dampak positif : kita bisa dengan mudah memperoleh informasi yang baru ataupun yang lama secara cepat dengan mengunakan social media, memperluas pertemanan disocial media dengan begitu kita bisa saling bertukar informasi dan wawasan yang kita miliki, ,social media juga bisa digunakan untuk ajang mempromosikan dunia pendidikan Indonesia kedalam dunia internasional, ataupun misalnya mempromosikan suatu universitas ataupun sekolah tinggi lainya bisa dengan menggunakan social media,dan sebagainya tetapi disamping dampak positif pasti ada juga dampak negatif dampak negatif social media terhadap dunia pendidikan adalah bagi pelajar khusunya social media menjadikan mereka lupa waktu untuk belajar dan ketika saat kbm sedang berlangsung kebanyakan pelajar lebih terfokuskan kepada handphonenya masing masing entah itu facebookan ataupun twitteran ataupun yang lainya sehingga pelajaran yang diajarkan pun tidak akan mereka mengerti dan pahami semua, dampak negatif yang kedua adalah membuat pelajar mahasiswa mahasiswi malas untuk mengerjakan tugasnya dengan berpikir sendiri karna sudah ada social media mereka tinggal mencari digoogle lalu copy paste hasilnya untuk tugas mereka.

    BalasHapus
  28. Nama : Retno Winarsih
    NIM : 40213123
    Komentar :
    Sosial media akan berdampak positif dan negatif bagi penggunanya.Dampak positifnya adalah dengan media sosial pengguna dapat mengakses data dan berita dengan cepat, mencari informasi, menambah ilmu pengetahuan dan memperluas pergaulan. Ada istilah dalam media sosial internet ‘Yang jauh semakin terasa dekat’. Media sosial juga dapat membuat seseorang jadi terkenal, menjadi kaya, dan memiliki banyak relasi (pertemanan). Tetapi juga media sosial akan membawa dampak negatif. Dampak negatifnya adalah semakin marak nya penipuan, siswa menjadi kecanduan, pencemaran nama baik/penghinaan, siswa tidak focus pada pelajaran, kurangnya konsentrasi siswa dalam belajar, kejahatan seksual (pornoaksi dan pornografi), judi online dan dampak kejahatan lainnya yang sangat marak terjadi akhir-akhir ini.
    Sebagai media sosial komunikasi, internet juga dapat bersifat netral. Namun dapat sebagai pisau yang bermata dua, dampak negetif dan positif pasti akan terjadi. Sebab dengan internet, semua resource ada disana dan semua akan terjadi disana, tergantung individu dalam menggunakannya. Waspada dan menggunakan media sosial secara cerdas, sehat dan tepat guna akan sangat menguntungkan bagi pengguna.


    BalasHapus
  29. Nim : 40213106
    Nama : Fitria Kurniasih
    Menurut saya dampak positifnya, yaitu dengan adanya media sosial seperti twitter maupun facebook kita dapat mencari atau berbagi informasi serta bertukar pikiran dengan teman, dapat menambah banyak teman serta untuk menanyakan tugas, dapat menambah wawasan dan mengikuti perkembangan zaman karena di zaman sekarang juga dalam pengumpulan tugas ada juga yang melalui media sosial dan untuk kepentingan lainnya. Sedangkan dampak negatifnya, yaitu kita jadi malas dalam belajar karena kecanduan dengan media sosial dan lupa waktu serta susah berkonsentrasi dalam belajar, dan dengan adanya media sosial siswa akan mencuri-curi waktu pada saat proses belajar mengajar untuk membuka facebook maupaun twitter jadi itu sangat mengganggu dengan begitu siswa tidak akan memperhatikan apa yang diajarkan gurunya karena sedang asyik facebookan maupun twitteran.

    BalasHapus
  30. NIM : 40213135
    Nama : Yuliana Dewi
    Menurut saya, dampak negatifdan dampak positif yang ditimbulkan dari penggunaan sosial media seperti facebook dan twitter terhadap pendidikan di indonesia yaitu,yang pertama dampak negatif antara lain:(1)Membuat waktu terbuang sia-sia karena seharusnya waktunya di gunakan para siswa/siswi untukbelajar,istirahat,beribadah,membantu orang tua ataupun yang lainnya malahan untuk online terus-terusan bukankah itu hanya membuang waktu secara sia-sia tanpa kegiatan yang berarti. (2)Mengganggu konsentrasi belajar siswa baik di rumah maupun di sekolah, siswa akan cenderung malas untuk belajar, menimbulkan ketergantungan siswa/siswi terhadap penggunaan sosial media.(3)Mengancam keselama diri (maraknya penipuan,penculikan dll) yang sasarannya biasanyaterhadap anak sekolah yang masih labil dan polos. (4) mengancam kesehatan siswa/siswi. (5) Maraknya/munculnya perilaku yang tidak baik yang dilakukan oleh para siswa/siswi seperti mengakses gambar dan video porno,seks dll. (6) Menambah pengeluaran/ membuang-buang uang untuk dapat menggunakan sosial media.Yang kedua dampak positif antara lain : (1)penggunaan media sosial berupa facebook,twitter dan sebagainya dapat digunakan oleh para siswa / siswi, mahasiswa/mahasiswi untuk saling berdiskusi dan berkomunikasi dengan gurunya/dosennya mengenai pelajaran atau sebaliknya guru/dosen dapat memberikan informasi-informasi kepada siswa/mahasiswanya. (2)penggunaan media sosial berupa blog dapat digunakan untukmetode pengajaran terhadap siswa/siswi, mahasiswa/mahasiswi untuk mengasah softskill di segala bidang. Selain itu blog juga dapat menjadi ajang perlombaan menulis bagi para siswa/mahasiswa pada pendidikannya masing-masing. (3)media sosial mempunyai potensi untuk memperkaya informasi/wawasan/pengetahuan mengenai materi secara cepat tanpa batas ruang dan kelas,interaksi antara dosen dan mahasiswa atau guru dengan siswa, bisa belajar kapan dan dimana saja,bisa melakukan tanya jawab tanpa harus bertatap muka dikelas/kampus. Keputusan terhadap baik/buruk, positif/negative suatu sosial media yang berdampak khususnya di dunia pendidikan itu merupakan pilihan setiap individu masing-masing pengguna dan juga institusi pendidikan sebagai penyelenggara pendidikan, apakah sosial media akan dimanfaatkan secara penuh untuk pengembangan ilmu dan materi atau tidak?.

    BalasHapus
  31. Nim : 40213092
    Nama : Amelia Utami

    Menurut saya pengaruh sosial media (facebook atau twitter) terhadap pendidikan tidak semuanya memikili dampak yang positif tetapi ada dampak yang negatif nya juga bagi pendidikan.
    Dampak positif nya adalah kita bisa dengan mudah mencari berbagai informasi yang ada melalui sosial media ini seperti mencari informasi pelajaran atau juga melalui facebook kita bisa mempunyai banyak teman yang bersal dari mana saja sehingga kita bisa tukar fikiran tentang pelajaran ,dan kita bisa bertemu dengan teman lama melaui facebook atau juga mendengar berita-berita yang terupdate atau terbaru, sehingga sosial media ini bisa membantu kita.
    Selain dampak positif ada juga dampak negatif nya apa lagi untuk para pelajar bisa membuat mereka malas dalam belajar ataupun kecandunan munggunakan facebook,mereka akan lebih suka menggunakan itu sehariaan dibanding dengan mereka disuruh belajar,dan terhadap moral mereka akan menjadi rusak karena mereka bisa meniru-niru bahasa-bahasa yang kurang baik dan juga membuang waktu mreka dng menggunakan facebook saja seharian sehingga sosial media ini sangat merusak jika tidak bisa menggunakan nya dengan benar

    BalasHapus
  32. Nama : Dian Ragil Saputri
    NIM : 40213100

    Menurut saya dengan adanya facebook atau twitter memiliki dampak positif juga dampak negatif , adapun dampak positifnya yaitu kita dapat mengetahui keberadaan teman yang jauh melalui facebook ataupun twitter. Selain itu juga kita dapat menambah relasi dan dapat melakukan bisnis ataupun jual beli melalui facebook. Kemudian dengan facebook ataupun twitter kita dapat berbagi informasi baik informasi education ataupun informasi lain secara mudah. Selain digunakan untuk bertukar informasi dan tatap muka di dunia maya, facebook juga bisa digunakan untuk telepon melalui skype.Bagi dunia pendidikan mengikuti sosial media merupakan suatu keharusan untuk mengikuti kemajuan zaman/masa kini, sehingga dengan adanya sosial media ini sangat menguntungkan untuk dunia pendidikan. Dosen atau guru untuk saat ini lebih memilih facebook , blog, untuk memosting tugas agar lebih mudah untuk di akses siswanya.
    Selain sisi positif ada juga sisi negatif dari penggunaan sosial media (facebook ataupun twitter), dampak negatifnya antara lain yaitu dapat membuang buang waktu , dengan bermain facebook atau twitter sangatlah menyita waktu, bagi kaum pelajar ataupun khususnya yang berkecimpung dalam dunia pendidikan. Misalnya bagi pelajar, penggunaan facebook ataupun twitter sangat mengganggu. Sebab siswa sisiwi lebih terfokus ke facebook / twitter ketimbang mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya. Hal ini membuat konsentrasi dan fokus siswa kepada proses pembelajaran terpecah. Selain itu dengan adanya facebook atau sosial media banyak bermunculan aksi negatif seperti penculikan, penipuan seperti baru-baru ini yang terjadi pada siswa siswi smp sma. Dengan adanya sosial media (facebook,twitter , dll) juga , terjadi penurunan gaya bahasa dan penurunan kualitas tulisan. Hal ini sungguh sangat memprihatinkan apabila terjadi terus menerus.

    BalasHapus
  33. NAMA SUKRON MA'MUN
    NIM 40213127

    dampak positif
    menurutt saya ,kita bisa dapat pengetahuan lebih banyak dan meperbanyak teman,,dan kita di situ dapat mempromosikan produk aatau bisnis yang sedang kita jalani,,dan kita bisa gunakan sebagai sarana diskusi seperti di group atau pun komunitas2.dan mempermudah berkomunikasi
    dampak negatif
    males belajar,banyak waktu yang terbuang ,dan tanpa kita sadari kita dapat mengalami pembodohan yang menyenangkan,

    trimakasih #kembalikanwaktu

    BalasHapus
  34. Dwi Cahyono
    Nim : 40213102
    Dampak positif dan negatif sosial media seperti facebook, twitter bagi pendidikan indonesia dll, itu bagaikan pedang yang bermata dua, yang artinya pedang itu bisa untuk membelah buah dan memberi banyak manfaat, atau sebaliknya apabila kurang mahir menggunakannya akan melukai dan merugikan diri kita sendiri tergantung dari pengguna sang tuannya. Begitu pula facebook dan twitter dapat berdampak positif atau negatif itu tergantung dari penggunanya. Sebagai contoh dampak positif dari sosial media ataupun situs-situs lainnya :
    1. sarana untuk bersosialisasi di kelompok belajar sekolah atau kelompok belajar pergurusan tinggi dan berbagi informasi daan materi perkuliahan dan pembelajaran.
    2. untuk media untuk pembelajaran berbisnis dan promosi dalam bidang usaha seperti jualan segala sesuatu yang menghasilkan dengan online shop, dengan mudahnya kita bepromosi tanpa mengeluarkan biaya yang besar.
    4. hampir semua murid mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi menggunakan facebook dan twitter dengan begitu kita bisa menggunakan media ini sebagai wadah untuk berdiskusi dan salin bertukar fikiran di facebokk maupun twitter sebagai media pembelajaran.
    Kemudian selain berdampak positif facebook dan twitter bagi pendidikan indonesia juga dapat menjadikan kita menuju kepada hal-hal yang negatif dan kurang bermanfaat bagi kita sebagai contoh nyata adalah sebagai berikut :
    1. Facebook dan twitter secara tidak langsung telah menjajah kita sebagai pelajar dengan segala teknologi internet yang semakin maju sekarang ini, kita seringkali dibuat terlena dan lupa waktu, seringkali kita menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk chatting dengan teman atau pacar dll.
    2. Facebook dan twitter bisa juga menjadi sarana kejahatan bagi mereka yang mudah tertipu, maka dari itu sering sekali kita menjumpai kasus-kasus penculikan yang berawal dan berfacebook atau saling mention di twitter dengan kebanyakan adalah korbannya para pelajar.
    3. Pornografi didalam facebook dan twitter ini sangat berdampak negatif kepada anak-anak dibawah umur yang dapat dengan bebas mengakses internet karena siapa saja bisa mengakses segala sesuatu dengan mudah di internet semakin lama akan jelas sekali sangat merusak moral dan etika bangsa kita.
    5. Terjadinya pegeseran nilai-nilai berbahasa Indonesia yang baik dan benar, coba saja kita lihat bahasa-bahasa yang ada di facebook dan twitter baik secara tulisan dan bentuk kalimat sudah terlihat sangat jauh dari nilai-nilai bahasa yang baik dan benar, seperti kata semangat jadi “cemunguth ea kaka” apabila ini sampai tertanam diotak dan fikiran generasi penerus mau jadi apa generasi penerus bangsa ini, bahkan istilah-istilah dan trend gaya bahasa terus bermunculan seperti contoh : sekarang muncul istilah cabe-cabean, kimcil, dan berbicara kasar seolah-olah sudah menjadi hal biasa contoh : kebun binatang semua disebut atau kata-kata yang kurang sopan muncul di status facebook atau twitter ada lagi yang paling miris banyaknya muncul generasi bangsa yang istilahnya alay misal bergaya dengan berlebih-lebihan dan narsis berpakaian kurang sopan lalu fotonya diupload bayangkan mau jadi apa bangsa ini.
    Jadi kesimpulannya internet facebook dan twitter banyak memberi manfaat bagi kita tapi apabila di tangan yang salah internet juga dapat berdampak negatif. Tergantung kita sebagai tuannya mau dipakai untuk apa dan dibawa kemana semua kecanggihan fasilitas facebook dan twitter. Pesan saya kita sebagai mahasiswa jadilah pengguna facebook dan twitter yang cerdas.

    BalasHapus
  35. NIM : 40213091
    Nama : Alkharomah

    Menurut saya facebook atau twitter mempunyai dampak positif karena facebook atau twitter bisa menambah wawasan tentang berita, kabar yang sedang banyak di bicarakan, siswa bisa menambah teman yang tidak hanya ada di sekeliling kita tapi bisa luar kota bahkan luar negri, kita juga bisa mempErerat silatuhrami, siswa juga bisa terhubung kembali dengan teman lama yang sudah lama tidak tehubung, siswa juga bisa diskusi lewat media sosial, siswa juga bisa curhat,dll.

    Selain dampak positif, facebook atau twitter juga mempunyai dampak negatif antara lain :
    siswa jadi malas belajar, waktu yang seharusnya buat belajar malah di sibukan dengan facebookan atau twitteran, siswa yang sudah kecanduan facebookan atau twitteran akan sulit untuk belajar,banyak waktu yang terbuang sia-sia karena digunkan untuk facebookan, siswa yang mudah di pengaruhi akan mudah digauli orang yang baru dikenalnya hal ini akan memicu terjadinya pergaulan bebas tanpa batas.

    kesimpulannya facebook atau twitter sangat bermanfaat karena bisa menambah teman dan menambah wawasan seluas-luasnya, Pengaruh facebook itu tergantung pada penggunanya.

    BalasHapus
  36. NIM : 40213128
    NAMA : SUSI RANANINGSIH

    dampak positif jejaring sosial menurut saya adalah kita dapat menyambung tali silaturohmi dalam berkomunikasi dengan keluarga jauh, yang tidak sempat bertemu face to face. dalam jejaring sosial juga kita dapat menemukan teman baru dan pengalaman baru. kita juga dapat menguptodate berita terbaru. sehingga kita tidak tidak dikatakan kudet karna ketinggalan info.

    dampak negatif dari jejaring sosial untuk para pelajar menjadikan malas belajar, dan akibatnya nilainya pun menjadi jelek. karna lebih mementingkan online di timbang belajar. dan jejaring sosial juga bisa berakibat pergaulan bebas, dengan memposting gambar yang tidak layak dipublikasikan, dan bisa mengakibatkan tindakan kriminal misal penculikan yang dilakukan teman baru yang dikenal dari facebook.

    dari uraian diatas positif dan negatifnya sebuah kemajuan teknologi alangkah baiknya kita sebagai pengguna harus tahu batasan - batasannya. dengan salah satunya adalah meningkatkan keimanan kita kepada ALLAH swt.

    BalasHapus
  37. Nama: Fidya Nurindah Febriani
    NIM: 40213105

    Semakin berkembang pesatnya IPTEK, tidak bisa dipungkiri membuat kita harus senantiasa mengikuti perkembangan jaman agar kompetensi didalam diri kita terus meningkat, hal tersebut tentu mengandung dampak positif dan negatif. Salah satu perkembangan IPTEK adalah dengan menjamurnya penggunaan sosial media facebook, twitter dan lain sebagainya.
    Dampak positif dari penggunaan sosial media dalam dunia pendidikan tersebut adalah:
    1. Memudahkan kita berkomunikasi dengan teman dan guru/dosen, sehingga kita bisa memperoleh informasi ter-update mengenai segala kebutuhan pendidikan yang kita butuhkan. Contoh nyatanya adalah membuat grup untuk berkomunikasi mengenai pelajaran/ mata kuliah di sosial media facebook yang sudah Bapak Rori canangkan.
    2. Selain mudahkan kita dalam berkomunikasi, sosial media juga efektif dan efisien untuk memenuhi kebutuhan pendidikan kita. Dengan demikian, sosial media mampu mengembangkan wawasan pendidikan kita lebih luas.
    Dampak Negatifnya:
    1. Penyalahgunaan sosial media yang seharusnya berfungsi sebagai ajang komuniukasi untuk mencukupi kebutuhan pendidikan atau kebutuhan lain yang lebih penting, tetapi kebanyakan sekarang sosial media tersebut dijadikan sebagai tempat pencurahan isi hati yang sebenarnya hal itu adalah privasi yang sebaiknya tidak diungkapkan disembarangan tempat.
    2. Siswa menjadi malas belajar karena ke-asyikan bermain facebook, twitter dan sebagainya. Apalagi jika siswa tersebut menggunakan sosial media diwaktunya ia menuntut ilmu disekolah, hal itu otomatis mengakibatkan siswa tidak berkonsentrasi dalam menerima informasi yang diberikan oleh guru.
    3. Menurunnya daya pikir siswa karena semakin menjamurnya budaya copy-paste atau biasa disebut dengan “copas”, hal tersebut tentu membuat siwa menjadi malas untuk berpikir dan mengembangkan wawasannya yang kemudian ia memilih untuk copas dalam menyelesaikan tugasnya.
    Dampak positif dan negatif itu sendiri menurut saya tidak selalu sama disetiap diri individu, ada yang banyak merasakan keuntungan, ada juga yang merasakan banyak kerugiannya. Hal tersebut tergantung pada pengguna sosial media tersebut, digunakan untuk hal dan waktu yang benar, atau kah tidak?. Saya harap semoga sosial media lebih membawa dampak baik kepada kita semua. Amiin O:)

    BalasHapus
  38. NIM :40213183
    NAMA :YULI SUSANTI
    Dampak positif facebook atau twitter dalam pendidikan :
    1. Dengan menggunakan facebook atau twitter kita dapat dengan mudah mengupload isu-isu tentang pendidikan.Seperti yang dilakukan oleh bpk Rori sendiri sangat positif yaitu memanfaatkan facebook sebagai salah satu sarana untuk pembelajaran.Dengan mengupdate status mengenai materi pembelajaran maka siswa dapat bertukar informasi dengan memberi komentar,hal ini dapat mengalihkan kebiasaan negatif mereka yang hanya menggunakan FB atau twitter untuk upload foto narsis atau update status tentang masalah pribadi yang tidak seharusnya diumbar di tempat umum.
    2. Kita juga mendapatkan banyak relasi atau teman dari seluruh penjuru dunia yang bisa dimanfaatkan untuk bertukar informasi yang positif dan juga bisa menyambung tali silahturahim.
    3. Dengan mudah dan cepat kita dapat mengetahui apa yang sedang menjadi isu-isu terhangat terutama mengenai pendidikan sehingga kita tidak ketinggalan informasi terkini.Dan kita juga bisa memanfaatkan facebook atau twitter untuk bisnis atau berjualan online seperti buku-buku pelajaran yang tidak tersedia di tempat terpencil maka dengan mudah para mahasiswa memesannya lewat FB atau twitter .

    Dampak negatif facebook atau twitter :

    1. Ketika kita sudah menggunakan facebook atau twitter maka kita lupa akan waktu,rasa egois atau tidak perduli dengan lingkungan sekitar menjadi tumbuh pesat dalam diri pengguna FB atau twitter.Dan bisa mengakibatkan kurangnya sosialisasi terhadap lingkungan sekitar padahal kita sebagai mahluk sosial yang saling membutuhkan.
    2. Menggunakan FB atau twitter membuat para penggunanya kecanduan terutama pada kalangan pelajar yang tidak ingat waktu ketika sedang bermain FB atau twitter,sehingga membuat mereka lalai akan tugasnya sebagai seorang pelajar.
    3. Sifat kecanduan yang timbul pada kalangan pelajar akan membuat mereka melakukan tindakan yang negatif salah satunya adalah mengambil uang pembayaran sekolah hanya untuk bermain FB atu twitter sampai berjam-jam di warnet.
    4. Banyaknya tindakan kriminal yang di lakukan di FB atau twitter seperti penipuan pelecehan ataupun situs berbau sex yang dapat merusak mental atau psikis para pengguna terutama kalangan pelajar yang memiliki sifat emosional yang masih labil.

    Inilah pendapat saya mengenai dampak positif dan negatif dari facebook atau twitter.Jadi pada dasarnya hal negatif atau positifkah yang akan diterima para pengguna FB/twitter tergantung pada para penggunanya sendiri,apakah dia akan memanfaatkan FB/twitter dengan baik dan cerdas atau sebaliknya.Maka gunakanlah FB/twitter dengan baik dan cerdas untuk memperoleh dampak baiknya pula.Terimakasih 

    BalasHapus
  39. NIM : 40213182
    Nama : Nanda Pety Safitri
    Internet ,media social seperti facebook dan sebagainya merupakan program atau jejaring sosial yang sering digunakan oleh masyarakat umum. Terutama di kalangan remaja bahkan kenyataannya anak SD pun sudah ada yang menggunakannya. Pada masa saat ini facebook atau yang lebih dikenal dengan FB mampu menarik jutaan remaja dalam waktu yang sangat singkat untuk mencobanya bahkan para ibu-ibu atau orang tua pun ikut juga. Padahal menurut saya ada dampak positif dan negatif dari internet atau media social tersebut. Dampak facebook dapat kita lihat dalam dunia pendidikan saat ini terhadap perkembangan tingkah laku remaja. Banyak yang terjerumus dalam jejaring ini.
    Menurut saya dampak positif dari internet atau media social itu :
    1. Mendapatkan informasi lebih cepat dan murah, itu kalau di warung internet.
    2. Dapat mengurangi kertas, contohnya majalah sudah masuk internet jadi tidak perlu kertas lagi untuk membuat majalah.
    3. Bisa untuk tukar data dengan teman lain.
    4. Membantu mengerjakan tugas belajar atau kuliah.
    5. Bisa untuk berbisnis karena adanya took online di jejaring social tersebut.
    6. Memudahkan kita untuk mengetahui kejadian apapun.
    7. Dapat berinteraksi dengan yang lain.
    8. Punya banyak relasi ataupun teman-teman lama.
    9. Facebook bisa membuat kita terhibur dengan cara mengupload status dan mengomentarinya meskipun itu kedengarannya simple.
    Nah untuk dampak negatif dari internet ataupun media social menurut saya adalah
    1. Dapat merusak mental remaja untuk melakukan suatu tindakan karena terkadang di facebook remaja tidak bisa mengontrol diri bahwa FB itu merupakan dunia maya.
    2. Banyak tindak kejahatan dan pelecehan terhadap remaja, kejadian itu sering disiarkan di televisi.
    3. Remaja seringkali lupa akan tugasnya atau kegiatannya karena saking asyiknya facebook-an.
    4. Karena sering internetan dan facebook-an maka remaja tersebut sering mengeluarkan uang untuk membayar warnet, sehingga anak itu menjadi anak yang boros. Padahal remaja itu uangnya masih mengandalkan dana dari orang tua mereka.
    5. Tidak dapat mengontrol diri sehingga membuat remaja kecanduan facebook, dia akan menjadi orang yang acuh tak acuh terhadap lingkungannya.
    6. Kalau sudah kecanduan remaja akan lupa belajar, padahal belajar itu kewajiban remaja yang masih sekolah.
    7. Akan mengganggu kesehatan kita karena terlalu lama di monitor.
    8. Banyak penipuan juga yang terjadi di jejaring social.
    9. Dapat berdampak pada psikis dan mental kita jika kita terkena tindak kejahatan.
    10. Dengan adanya internet atau facebook maka bisa terjadi bisnis yang tidak baik di dalamnya.
    Namun dari hal di atas menurut saya segala sesuatu itu apalagi teknologi dapat memberikan dampak positif dan negative tergantung yang mneggunakannya bagaimana. Jika benar maka akan jadi benar, jika salah maka akan jadi salah. Sebenarnya facebook itu bisa untuk memotivasi kita agar menjadi lebih baik tanpa merugikan pendidikan jika kita bisa melakukannya dengan arif atau bijaksana sesuai norma atau aturan yang ada. Dan sesungguhnya segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, begitu juga facebook jika berlebihan akan membuat kita tidak baik.
    Terima Kasih

    BalasHapus
  40. NAMA IRAWATI
    NIM 40213108

    Dampak posif sosial media
    1.Memudakan kita untuk berkomunikasi.Pada umumnya sosial media memang dijadikan sarana komunikasi oleh para penggunanya.Begitu juga dalam dunia pendidikan.Misalnya pembuatan group dalam facebook yang digunakan sebagai alat diskusi antara siswa dengan guru maupun siswa dengan siswa,sebagai sarana promosi bagi perguruan tinggi.
    2.Dengan adanya sosial media kita mempunyai banyak teman dari kalangan manapun.
    3.Memudahkan siswa dalam mencari informasi. Baik yang berkaitan dengan materi pelajaran maupun yang lainnya.Misalnya informasi tentang beasiswa,informasi hasil ujian akhir ,informasi tentang tugas terstruktur maupun tugas kelompok yang di aploud lewat sosial media.
    4. Memudahkan proses pembelajan.Dengan adanya sosial media guru dapat memberikan materi pelajaran kepada siswa meskipun tidak berhadapan langsung dan siswa dapat belajar lewat sosial media tersebut.
    5.Belajar dimana saja dan kapan saja.Dengan adanya sosial media kita dapat belajar dimana saja dimanapun kita berada dan kapan saja kita mau. Jadi tidak harus di dalam kelas saja.


    Dampak negatif sosial media
    1.Dengan adanya sosial media menjadikan siswa malas belajar.Misalnya mereka yang lebih sering menggunakan sosial media hanya untuk bermain saja.
    2.Tidur saat jam pelajaran.Bagi mereka yang kecanduan bisa menggunakan sosial media (hanya bermain) sampai larut malam,akibatnya pagi hari yang seharusnya digunakan untuk belajar dikelas mereka malah tidur saat guru memberikan materi pelajaran.
    3.Membuat siswa tidak ingat waktu.Kapan seharusnya memakai sosial media.Misalnya mereka menggunakan sosial media saat guru menerangkan pelajaran atau meninggalkan kewajibannya (belajar/ibadah).
    4.Mengganggu kesehatan.Misalnya posisi yang tidak tepat saat menggunakan sosial media dapat menyebabkan cedera atau menurunnya keehatan mata.

    BalasHapus
  41. NAMA : BAYU SULISTIANTO WIBOWO
    NIM : 40213096

    Dampak positifnya ,penyampaian pelajaran melalui social network tidak membosankan..jadi si peserta didik tidak gampang bosan dengan materi yang diberikan.Terlebih lagi dizaman sekarang yang semua serba digital.
    Menghemat uang dan kertas.

    Dampak negatifnya ,mungkin dari segi konsentrasi yang bisa terpecah dan sangat membuang waktu.Belum lagi konten berbahaya semacam pornografi yang bisa kapan saja masuk ke social network.
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  42. NAMA: RISMA TRI WARDANI
    NIM: 40213125

    Dampak positif sosial media:
    1. Bisa mendapatkan banyak informasi-informasi atau berita dari halaman sosial media yang mencakup pendidikan. Baik itu motivasi, inspirasi, tips, atau sebagainya.
    2. Dapat dijadikan tempat diskusi yang menyenangkan jika kita memiliki grup di sosial media.
    3. Dapat mendorong anak-anak untuk lebih bisa bersosialisai atau berinteraksi dengan masyarakat luar dengan cara berkenalan dan berteman.

    Dampak negatif sosial media:
    1. Pornografi. Dengan memasang gambar-gambar yang kurang pantas atau tidak layak untuk dilihat banyak orang terutama anak-anak yang masih di bawah umur.
    2. Menjadikan anak-anak sekarang malas untuk belajar. Mereka akan mengisi waktu luang mereka dengan bermain game online lewat facebook.
    3. Guru-guru atau dosen akan lebih tertarik untuk online di saat pembelajaran berlangsung, dan hanya memberi tugas kepada murid-muridnya.
    4. Begitu juga murid ketika di dalam kelas. Mereka akan lebih sibuk membuka sosial media daripada sibuk mencatat dan mendengarkan apa yang sedang guru atau dosen ajarkan.

    TERIMA KASIH.

    BalasHapus
  43. Nama : kiki Amelia
    Nim : 40213112

    Di era digital kini memiliki sangat banyak media sosial yang bertebaran di dunia maya (internet). Seperti Facebook, Twitter, etc berpengaruh besar dalam perkembangan era digital saat ini. Sosial media kini menjadi alat komunikasi yang telah menyatu menjadi bagian dari kehidupan kita. Dengan berkembangnya Media Sosial di kalangan masyarakat, bisa terlihat bahwa Media Sosial juga berpengaruh terhadap pendidikan baik berdampak positif maupun negatif.
    Dampak negatif dari adanya media sosial dalam hal pendidikan yaitu misalnya siswa malas belajar karna keasyikan menggunakan media sosial seperti facebook atau twitter iya lebih memilih berbincang" atau dalam bahasa sosial media disebut "chating" percakapan dalam media sosial, karna siswa merasa asyik menggunakan akun sosial media mereka lupa dengan kewajibannya sebagai seorang pelajar.selain itu anak dan remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata sehingga tingkat pemahaman bahasa pun menjadi terganggu dan mereka cenderung lebih mementingkan diri sendiri seolah-olah tidak peduli dengan orang yang disekitanya.
    selain dampak negatif, media sosial juga ada manfaatnya bagi dunia pendidikan. misalnya saja,di dalam social media biasanya terdapat halaman-halaman yang memuat berita-berita terkini yang aktual maupun berisi tentang materi pelajaran,mereka bisa menambah wawasan dari halaman-halaman yang tersedia di dalam sosial media tersebut dan media sosial juga bisa digunakan sebagai sarana belajar/diskusi bersama guru maupun teman belajarnya.

    BalasHapus
  44. Assalamualaikum wr. wb.
    NIM : 40213116
    NAMA : MUHEMIN
    Menurut saya dampak positif dan negativ dari jejaring sosial facebook dan twiter
    1). Dampak Positiv Dikalangan pelajar facebook / twitter sangat membantu dalam media pengetahuan dan informasi, juga membantu untuk saling berhubungan, karena facebook sendiri tidak seperti telefon selular yang memakai sebuah kartu operator, dan juga facebook bisa digunakan dimna saja(Pc,laptop,hp,dll). Facebook juga bisa digunakn sbg media belajar
    • mngumpulkan tugas
    • mencari kisi atau materi pelajaran • sebagai media pembelajaran
    2). Dampak negativ Banyak forum yang tidak bertanggung jawab memberikan informasi yang salah sehingga banyak dari user social media banyak mendapat impuls negativ....
    For example:
    •banyak status yang diposting menggunakan bahasa yang tidak sewajarnya sehingga itu juga berpengaruh kpd user lain.. •banyak penjahat kelamin yang memanfaatkan social media ini sehingga mereka yang terjerumus bahkan mau memberikan apa aja yang dia miliki dengan iming iming yang menggiurkan.
    •banyak yang terkena tipu secara financial karena mengikuti iklan yang di pajang di social media tersebut
    •banyak anak yang tidak menghiraukan perkataan orang tua dan lebih mementingkan omongan teman difacebook

    BalasHapus
  45. Nim : 40213115
    Nama : Maya Silvia
    Menurut saya dampak positifnya:
    1. Memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan
    2. Sebagai sumber tambahan belajar yang belum dimengerti di sekolah bisa di diskusikan dalam media sosial
    3. Sebagai sarana bersosialisasi dengan orang lain
    Dampak negatifnya:
    1. Terdapat penipuan
    Banyak orang yang tertarik dengan penawaran dan pemesanan yang tersedia dalam media sosial
    2. Terdapat penculikan
    Penculikan ini sering terjadi dikalangan remaja atau anak-anak yang salah gunakan jejaring sosial yang pada awalnya hanya berteman atau bersosialisasi dengan orang lain

    BalasHapus
  46. Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :)

    BalasHapus