Jumat, 18 November 2011

Pentingnya Soft Skill Terintegrasi Dalam Kehidupan Perkuliahan

Pentingkah Soft Skill ???
Saat ini angka pengangguran lulusan perguruan tinggi semakin meningkat. Menurut Ketua Umum Kadin Jawa Timur, Erlangga Satriagung, lapangan kerja rata-rata hanya menyerap 37 persen lulusan perguruan tinggi. Data dari Depdiknas menyebutkan hampir sejuta lulusan perguruan tinggi pada 2009 ini masih belum memiliki pekerjaan. Hal ini tidak terlepas dari rendahnya kualitas lulusan perguruan tinggi saat ini.
Kalangan industri menginginkan lulusan yang tangguh, jujur, tidak cepat bosan, bisa bekerja teamwork, juga terampil berkomunikasi, baik lisan maupun tulisan. Banyak terdapat lulusan yang pintar, tetapi tidak bisa bekerjasama dengan orang lain. Atau hebat dalam hal perencanaan, tetapi tidak bisa meyakinkan ide hebat itu kepada orang lain.
Dari masalah-masalah di atas ada kecenderungan bahwa materi yang diberikan di bangku kuliah tidak sepenuhnya serasi dengan kebutuhan di lapangan kerja. Sebagian besar materi hanya berupa keterampilan keras (hard Skill). Padahal, bukti-bukti menunjukkan penentu kesuksesan justru kebanyakan adalah keahlian yang tergolong lunak (soft skill). Soft skill merupakan keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain maupun dirinya sendiri.
Oleh karena itu, peningkatan kompetensi lulusan berbasis soft skills sangat dibutuhkan. Apabila hal ini tercapai maka kebutuhan para pengguna lulusan perguruan tinggi di dunia kerja yang berorientasi produktivitas tinggi akan terpenuhi. Selain itu perbaikan karakter bangsa melalui profesionalisme di segala bidang bisa terpenuhi. Dengan demikian bisa meningkatkan kesiapan kita dalam menghadapi persaingan di pasar bebas. Hal ini bisa dicapai dengan pengaplikasian
soft skill ke dalam perkuliahan.
Menurut beberapa penelitian, baik di dalam maupun di luar negeri diperoleh fakta bahwa untuk meraih suatu kesuksesan ada karakter khusus (soft skill) yang harus dikuasai. Beberapa diantaranya yaitu: mampu bekerja sama, motivasi kerja yang tinggi, bertanggung jawab, dapat mengatasi masalah dengan baik, Jujur, mempunyai kepercayaan diri, ketrampilan berkomunikasi dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar