Sabtu, 06 April 2013

Tugas Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi (PTI) Program Studi : PGSD-3


Saudara diminta memberikan kontribusi kepada dunia, saudara diminta memberikan pendapat bahwa Munculnya TIK di Indonesia membawa beberapa keuntungan, terutama pada sektor pendidikan. Jelaskan keuntungan-keuntungan tersebut menurut pendapat saudara !

Hindari plagiarism. Jangan copy-paste.

Do The Best

Kumpulkan di sini sebagai "comment" 
Paling lambat dikumpulkan pada tanggal 20 April 2013 (pukul 23.59).

41 komentar:

  1. DWIBA ELISA
    40212130
    PGSD3/2
    STKIP ISLAM BUMIAYU

    Menurut pendapat Saya keuntungan pada sektor pendidikan terbagi menjadi 2, yaitu :
    1. Keuntungan Bagi Peserta Didik
    - dapat mengakses informasi2 hasil penelitian orang lain
    - akses kesumber pengetahuan dapat dilakukan dg lebih mudah
    - akses kepada para ahli menjadi lebih mudah karena tidak dibatasi oleh jarak dan waktu
    - materi2 pelajaran disampaikan interaktif dan menarik serta
    - melalui belajar jarak jau, kendala biaya dan waktu yg mgkn tidak dapat dihindari dg pendidikan biasa, dapat diatasi dg mengikuti kelas online
    2.Keuntungan Bagi Penyelenggara Pendidikan atau Institusi Pendidikan
    - dapat memberi pelayanan yg lebih baik bagi peserta didik
    - melalui program jarak jauh dapat menjangkau pelajar atau mahasiswa yang berada di tempat lain/jauh
    - melalui perpustakaan online, biaya untuk menyediakan buku2 cetak di perpustakaan dapat dikurangi
    - dapat saling berbagi sumber ilmu dg institusi lain misalnya membuat perpustakaan bersama atau berbagi cara metode pembelajaran
    - Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK

    Teknologi informasi dan komunikasi mempermudah kita untuk mengakses sumber2 informasi dan pengetahuan, dengan proses digitalisasi terhadap sumber daya pendidikan dan proses pendidikan, telah melahirkan berbagai inisiatif dalam penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar dengan memanfaatkan internet sbg media penembus batas ruang dan waktu.
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  2. Nama : Chintya Dewi Ningrum
    NIM : 40212135
    PGSD 3/2
    Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi baik siswa maupun guru dapat menggali sumber ilmu pengetahuan yang lebih luas di luar buku-buku pelajaran yang ada, menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang tidak ada atau kurang lengkap dari sumber utama yaitu buku dengan adanya e-book dan e-library yang tersedia,dan lebih murah dan mudah di cari. Baik siswa maupun guru dapat kapan pun dan dimana pun mengakses ilmu pengetahuan yang ingin dia ketahui, yang tentunya dengan adanya TIK, dengan adanya TIK seorang siswa yang satu dan siswa yang lainnya, baik di wilayah indonesia maupun luar negeri dapat saling bertukar pengetahuan dan keterampilan serta budaya masing-masing yang dimiliki. Dengan TIK dapat mempermudah dan menarik minat siswa dalam mempelajari suatu peajaran karena materi pelajaran dapat di buat semenarik mungkin oleh seorang guru dengan menggunakan animasi-animasi TIK di dalam komputer, materi yang sudah di ajarkan tidak takut dimakan rayap dan harus membuat lagi karena dengan adanya komputer kita dapat menyimpan materi pelajaran sampai kapanpun. Dengan adanya TIK juga ketika seorang guru sedang ada kepentingan jauh dan di waktu yang bersamaan harus mengajar maka dengan media video call dapat terhubung dengan siswa yang ada di sekolah tanpa harus ia berada di sekolah juga. Selain itu kita dapat mengupdate kabar-kabar pendidikan yang ada di indonesia maupun yang ada di dunia, dan informasi tersebut dapat kita jadikan sebagai tambahan ilmu yang kita miliki, juga dapat memotivasi kita untuk lebih maju seperti mereka.
    Dengan adanya TIK sangat membantu umat manusia dalam memperoleh informasi di dunia, terutama di bidang pendidikan untuk mencari dan menambah ilmu pengetahuan dan wawasan seluas-luasnya dengan mudah dan tanpa ada batasan tempat dan waktu, kapan saja dan dimana saja.

    BalasHapus
  3. Muhamad Ja'far Sidiq
    40212098


    Pada dunnia pendidikan khususnya di Indonesia computer sudah dikenalkan dan digunakan pada sekolah-sekolah dari pendidikan dasar sampai tingkat perguruan tinggi. Kmputer bisa digunakan untuk pembelajaran yang interaktif dan bersifat audiovisual yang berfungsi untuk memudahkan proses pembelajaran. Computer juga bisa memberi kemudahan dalam hal mencari dan menghasilkan bahan-bahan pembelajaran secara efektif dan efesiaen misalnya dengan adanya perpustakaan elektronik (e-library) dan buku elektronik (e-book). Dengan adanya internet kita bisa mencari koleksi perpustakaan seperti jurnal,modul,makalah,majalah,surat kabar dan lain sebagainya. Selain itu juga bisa juga bisa melakukan pembelajaran melalui internet biasa yang dikenal dengan elektronik learning(e-learning).
    Menurut saya ada beberapa unsur yang mendapatkan keuntungan dalam perkembangan TIK dalam pendidikan yaitu:
    a. Keuntungan bagi pemerintah maliputi
    1) Membantu tersedianya database yang akurat serta arus informasi yang efesien mengenai profil dan peta pendidikan di Indonesia.
    2) Mempercepat pemerataan pencapaian standar nasional pendidikan.
    3) Membantu pengendalian penyelenggaraan pendidikan.
    b. Keuntungan bagi sekolah meliputi
    1) Membantu sekoalah memperbaiki system manajemen dan operasionalnya.
    2) Membantu sekolah dalam hal penyaluran informasi mengenai profil sekolah dan hasil belajar siswa siswa kepada orang tua dan orang lain.
    3) Membantu sekolah untuk menyediakan sumber informasi yang mutahir dan relevan bagi guru dan siswa.
    c. Keuntungan bagi guru meliputi
    1) Membuka peluang bagi guru untuk mengembangkanbahan ajar yang berbasis TIK menarik, inovatif dan merangsang rasa ingintahu siswa
    2) Membantu guru untuk menyususun rencana pembelajaran termasuk penyediaan sumber belajar multimedia yang komprehensif dan mutahir.
    3) Memudahkan guru untuk memantau kemajuan belajar siswa.
    4) Memfasilitasi guru untuk menyusun laporan dan mengkomunikasikannya dengan orang tua.
    5) Membantu guru untuk melakukan penilaian hasil belajar berdasarkan authentic assessment.
    d. Keuntungan bagi orang tua meliputi
    1) Memantau aktivitas dan hasil belajar anaknya disekolah.
    2) Melihat tugas-tugas dari sekolah yang diberikan kepada anak sehingga orang tua dapat berperan dalam kegiatan belajar anak.
    3) Melihat berbagai program sekolah yang dapat diikuti oleh siswa.
    4) Menjadi media interaktif antara sekolah , guru dan orang tua.
    5) Membantu pemantauan proses secara langsung.
    e. Keuntungan bagi siswa meliputi
    1) Membantu siswa untuk trampil mengunakan TIK dalam kehidupannya.
    2) Membantu siswa untuk melihat dan melaah materi belajar pertemuan.
    3) Membantu siswa untuk mengerjakan tugas – tugas dan ujian yang diberikan oleh guru secara online.
    4) Membantu siswa membangun kerja kolaboratif.
    5) Memotivasi siswa mengembangkanpengetahuan dan keterampilan yang diperlukan seiring dengan kemajuan dibidang sains dan teknologi.
    f. Keuntungan bagi komite sekolah meliputi
    1) Memudahkan pengurus komite untuk memantau dan mengevaluasi program pendidikan di sekolah.
    2) Memudahkan pengurus komite untuk berkomunikasi dengan tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah.
    3) Memudahkan pengurus komite untuk terlibat dalam menyususun dan merancang program perkembangan pengelolaan sekolah dan peningkatan mutu pembelajaran.

    BalasHapus
  4. DWIBA ELISA
    40212130
    PGSD3/2
    STKIP ISLAM BUMIAYU

    Referensi dari buku :
    Buku panduan pemanfaatan TIK
    Tips efektif pemanfaatan TIK dalam dunia pendidikan.
    pengarang : Jamal Ma'mur Asmani

    BalasHapus
  5. Nama: Devie aryani
    NIM : 40212134
    PRODI: PGSD3/2

    menurut saya dengan munculnya TIK, dalam dunia pendidikan mempunyai peran yang sangat penting berbagai perangkat lunak didalam TIK seperti microsoft office dan yang lainnya memudahkan para siswa dalam mengerjakan tugas tugasnya. disamping itu dengan adanya pelajaran TIK siswa dapat dengan mudah menggunakan komputer untuk mengerjakan tugas tugasnya yang berhubungan dengan pengolahan angka dan pengolahan kata sampai dengan presentasi. pelajaran TIK juga mempermudah siswa dalam mengenal internet sehingga bisa lebih uptodate untuk mencari sumber sumber referensi. hingga belajar pun bisa dilakukan dimana saja kapan pun tanpa batas waktu tertentu, bisa berbagi informasi secara cepat dan luas. dan yang lebih penting pelajaran TIK bisa menjadi bekal bagi siswa dalam menempuh masa depan.

    BalasHapus
  6. NAMA: SILFIANA AENI
    NIM : 40212123

    TIK (Teknologi informasi dan komunikasi) dalam sektor pendidikan tentu memiliki banyak sekali keuntungan dibuktikan dengan semakin banyaknya teknologi dan informasi yang semakin canggih. TIK sangat dominan dengan suatu benda yang disebut dengan komputer yaitu alat teknologi yang dapat menampilkan gambar, video dan juga dapat mengeluarkan suara. Banyak guru yang memanfaatkan komputer untuk memudahkan para guru tersebut dalam menyampaikan materi pengajaran kepada siswanya. Dengan komputer penyajian materi akan lebih menarik, lebih simpel dan lebih dapat dicermati oleh siswa; penyampaian materi dapat pula diselingi dengan hiburan agar siswa yang belajar tidak merasakan jenuh dengan materi yang sedang di bahas misalkan saja dengan video motivasi. Teknologi juga digunakan untuk mengatur sistem manajemen di suatu sekolah atau institusi yang memudahkan institusi tersebut mengatur segala kepentingan yang berkaitan dengan sekolah.
    TIK yang melibatkan internet, digunakan oleh para siswa atau mahasiswa untuk mencari pengethuan-pengetahuan yang mungkin belum terdapat dalam buku atau untuk mencari informasi mengenai hal-hal terbaru yang terkait dengan perkembangan pendidikan. melalui internet semua orang dapat belajar dimanapun dan waktunya pun tidak terbatas. Di zaman modern ini telah ada e-book dan e-library yang semakin memudahkan siswa/mahasiswa untuk belajar tidak harus bolak-balik ke perpustakaan sekolah yang mungkin jauh dari rumah atau mungkin watunya yang tidak memungkinkan. Distance learning juga salah satu sumber belajar yang membantu semua orang untuk mendapatkan pengetahuan diluar sekolah, sistem belajar ini memang memiliki kekurangan yang dapat dilihat dari segi biaya namun distance learning ini sudah banyak diterapkan di indonesia.

    BalasHapus
  7. Nama: Evi Silvia Anggi Saputri
    Prodi: PGSD3/2
    NIN: 40212100
    Menurut saya Dengan adanya perkembangan teknologi di Indonesia khususnya dalam dunia pendidikan membwa siswa pada era gloalisasi, era zamannya teknologi canggih, era dimana informasi bisa di akses oleh siapa saja, setiap saat, dan tanpa batas, dari dan keseluruh penjuru dunia. Seperti yang kita ketahui bahwa teknologi merupakan sebuah konsep yang berkaitan dengan jenis penggunaan dan pengetahuan tentang alat dan keahlian, serta bagaimana ia dapat memberi pengaruh pada kemampuan manusia untuk mengendalikan dan mengubah sesuatu yang ada di sekitarnya. Dengan adanya TIK dalam dunia pendidikan juga mengajarkan pada siswa untuk mencari informasi bukan hanya lewat buku-buku saja melainkan bisa menggunakan internet, dsb. Dan internet bisa digunakan kapan saja tanpa batasan ruang dan waktu. Teknologi informasi berperan penting dalam hal menciptakan pelayanan yang cepat akurat, teratur,akuntabel, dan terpercaya. Jadi dengan adanya teknologi informasi dalam dunia pendidikan khususnya di Indonesia sangat membantu para peserta didik dalam memperluas ilmu pengetahuan yang dimiliki, dan mempermudah peserta didik dalam mencari informasi-informasi yang dibutuhkan. begitupun bagi si pendidik mereka akan lebih mudah dalam mengakses informasi-informasi yang akan diajarkan pada peserta didik agar apa yang disampaikan akan lebih akurat, membantu memperkaya pengetahuan-pengetahuan yang dimiliki, khususnya dalam mencari informasi yang akurat dan terkini.

    BalasHapus
  8. Nama : Dela Risa
    Nim : 40212132
    PGSD3/2
    Pada era globalisasi ini , Tekhnologi Informasi dan Komunikasi sangat berpengaruh besar dalam kemajuan sebuah negara , karena sebuah negara dapat dikatakan sebagai negara yang maju apabila mampu berjalan selaras dengan kemajuan tekhnologi dan mampu menciptakan sesuatu yang luar biasa dengan tekhnologi. Selain itu, Tekhnologi Informasi dan Komunikasi juga sangat berpengaruh dan menguntungkan dalam bidang pendidikan , khususnya yaitu di Indonesia.
    Menurut saya, Keuntungan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi dibidang Pendidikan di Indonesia sangat banyak , misalnya keuntungan dalam lembaga pendidikan itu sendiri (pemerintah pusat, sekolah maupun universitas) , keuntungan untuk para guru ataupun dosen serta keuntungan bagi siswa maupun mahasiswa.
    Keuntungan TIK dalam lembaga pendidikan (pemerintah pusat, sekolah, universitas) , misalnya :
    a. Saat pelaksanaan UN tentunya pemerintah pusat menyediakan sebuah alat tekhnologi untuk mempermudah dan mempercepat kerjanya, yaitu dalam mengoreksi hasil jawaban peserta ujian dari sekian banyak kota se-provinsi.
    b. Dengan adanya TIK dapat membantu pemerintah dalam memeratakan pendidikan ke berbagai penjuru negeri ini, misalnya sekarang sudah banyak sekolah berbasis web, yang lebih memudahkan setiap orang untuk mendapatkan pendidikan dimanapun dia berada dengan waktu yang lebih efisien.
    c. Di universitas dapat memanfaatkan TIK untuk mempermudah pelayanan bagi mahasiswanya, yaitu dengan adanya sebuah sistem yang dirancang untuk mempermudah mahasiswa dalam melihat nilai dan semua yang berhubungan dengan kampusnya hanya dengan melihat di internet (contonya di STKIP Islam Bumiayu adalah SIMPATI)
    d. Di sekolah dapat memanfaatkan TIK untuk mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan siswanya dengan computer, misalnya data siswa.
    Keuntungan TIK bagi guru ataupun dosen , mssalnya :
    a. Dapat mempermudah dan mempercepat sistem kerja dalam mengolah nilai peserta didiknya (dengan komputer).
    b. Dapat membangun sistem komunikasi yang baik antara guru dengan wali murid , apabila ada masalah dengan siswa disekolah (dengan telepon).
    c. Membantu guru dalam mencari informasi untuk memperlengkap materi pelajaran , sebagai bahan ajar untuk peserta didiknya.
    d. Guru/dosen dapat menggunakan LCD proyektor dalam proses belajar mengajar untuk lebih mempermudah dalam menerangkan materi yang akan di ajarkannya.
    Keuntungan TIK bagi siswa ataupun mahasiswa :
    a. Siswa/mahasiswa dapat menggunakan TIK (computer/laptop) untuk menyelesaikan tugasnya, baik mengolah data, angka, gambar dan sebagainya.
    b. Siswa/mahasiswa dapat mencari informasi yang berhubungan dengan materi yang di berikan disekolah/universitas melalui internet.
    Selain beberapa keuntungan di atas, keuntungan TIK yang lainnya adalah , TIK dapat membantu perkembangan pendidikan di Indonesia, yaitu dengan adanya tekhnologi computer disertai internet semua orang dapat mencari berbagai informasi mengenai sebuah sekolah ataupun universitas secara cepat, dimanapun dia berada, dan dengan mudah mendaftar di sebuah sekolah ataupun universitas dengan pendaftaran online dan dengan pembayaran melalui bank. Dan hal ini dapat mempermudah dan dapat menjadi awal yang baik bagi setiap orang yang ingin belajar, dengan waktu yang efisien hanya melalui internet.

    BalasHapus
  9. Nama:Adi Surya Mahandika
    NIM:4021212
    KELAS;PGSD3/2

    Menurut pendapat saya dengan adanya TIK(Tekhnologi Informasi dan Komunikasi)hal itu dapat membawa keuntungan-keuntungan dalam dunia pendidikan kita.
    keuntungan-keuntungan tersebut diantaranya meliputi:
    1.Baik siswa maupun guru dalam mengakses informasi dapat dengan mudah dan cepat memperolehnya,sehingga memungkinkan informasi yang dimuat selalu update.
    2.Dengan adanya TIK dalam dunia pendidikan.dapat juga memunculkan adanya kelas VISUAL dan TELECONFERENCE,sehingga baik siswa maupun guru tidak plak setiap hari harus bertemu dalam ruangan.
    3.Jika kita melirik dalam bagian administerasi,maka kita akan mengetahui manfaat TIK,yakni dapat mempermudah dan memperingan bagian pelayanan administerasi.misalnya dalam hal pembayaran dengan adanya TIK katakanlah seperti SIMPATI maka dengan mudah informasi serta pembayaran dapat diakses,tanpa siswa harus datang langsung ke kampus.
    4.Adanya TIK membuat wawasan dan pengetahuan kita menjadi semakin tak terbatas.
    5.Di dalam KBM(Kegiatan Belajar Mengajar) menjadi semakin inovatif dengan adanya MULTIMEDIA. sehingga siswa maupun guru dapat mengereasikan dan menuangkan ide-idenya secara lebih inovatif dan akurat.

    BalasHapus
  10. NAMA :DENI IRAWAN
    NIM :40212125
    PRODI :PGSD

    Kalau menurut saya keberadaan TIK dalam dunia pendidikan itu sangat membantu dan menguntungkan ,baik untuk siswa itu sendiri maupun untuk pengajar.
    Dan diantara keuntungan TIK dalam dunia pendidikanitu sendiri adalah sebagai berikut:
    1) Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk dunia pendidikan sehingga ilmu pengetahuan yang di miliki siswa semakin bertambah.
    2) Inovasi dan pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi E-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan
    3) Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
    4) System administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancer karena penerapan TIK.


    Referenci :Materi TIK hasil presentasi mahasiswa yang kemudian di kembangkan


    BalasHapus
  11. HIKMATUL AENI
    40212108
    PGSD3/2

    Bismillah,
    Assalamu’alaikum. Wr. Wb
    Menurut saya, manfaat yang dapat kita peroleh dari TIK terutama dalam dunia Pendidikan sangat banyak, untuk itu saya akan memaparkan beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari TIK tersebut,
    -Pertama, dengan adanya TIK dalam Pendidikan akan mempermudah kita dalam memperoleh informasi serta pengetahuan yang kita butuhkan yang tidak perlu menuntut kita untuk pergi ke perpustakaan melainkan hanya duduki manis di depan monitor komputer, kita dapat menikmati perpustakaan library (e-library) atau biasa disebut juga dengan buku elektronik (e-book), dengan system tersebut akan membantu kita mendapatkan informasi serta pengetahuan yang kita butuhkan dengan cepat dan mudah.
    -Kedua, adanya modus belajar jarak jauh (distance learning). Dengan pembelajaran jarak jauh ini, seorang pelajar tidak perlu lagi pergi ke sekolah seperti layaknya sekolah formal, namun cukup dengan bertatap muka dengan guru lewat monitor computer yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Dengan sistem ini anda tidak perlu khawatir jika proses pembelajaranya kurang maksimal, sebab guru tidak nyata di depan mata kita namun jangan khawatir terlebih dahulu, sebab dengan kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference. Dengan sisitem ini dapat mempermudah proses pembelajaran agar lebih maksimal.
    -ketiga, perkembangan TIK dapat mempermudah system administrasi pada sebuah lembaga pendidikan yaitu dengan system online, contohnya yaitu di STKIP ini, dengan adanya Simpati 2000i mahasiswa menjadi lebih mudah dan lancar dalam proses administrasi.
    Masih banyak lagi manfaat yang dapat kitra peroleh dari TIK dalam Pendidikan ini, Namun sekiranya jawaban saya tadi sudah mampu mewakili dari apa yang dipertanyakan, intinya dengan adanya TIK, dapat membantu kita untuk melakukan segala hal terutama yang berkaitan dengan Pendidikan menjadi lebih efektif dan efisien sehingga mampu meningkatkan kualitas mutu pendidikan itu sendiri.
    Sekiranya cukup sekian mohon maaf jika terdapat kekeliruan dan terimakasih
    Wassalamu’alaikum. Wr. Wb

    BalasHapus
  12. Nama : Riani Safitri
    NIM : 40212109
    Prodi: PGSD 3/2

    Menurut saya, keuntungan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi pada sektor pendidikan yaitu untuk mencari informasi dan pengetahuan dengan lbih cepat, membantu pelajar dengan mudah mempelajari hal-hal baru dan seorang pelajar juga tidak hanya dapat belajar didalam kelas saja tetapi dimana pun mereka dapat belajar, membantu pendidik dalam mencari bahan ajar yang mudah dan cepat, sebagai alat bantu belajar dalam penyimpanan sebuah data atau informasi karena memori otak kita tidak mampu menyimpan begitu banyak informasi dan kadang sering lupa, inovasi dalam pembelajaran akan semakin berkembang dengan adanya e-learning dan e-learning ini akan memudahkan dalam proses pembelajaran, dengan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi memungkinkan adanya kelas Teleconference yang pendidik dan peserta didiknya tidak harus ada disatu ruangan, bisa dengan jarak jauh atau Distance Learning yang siswanya hanya dengan menghadap komputer suatu pembelajaran dapat dilakukan, selain itu penggunaan sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan yang akan mempermudah dan memperlancar, contohnya di STKIP menggunakan SIMPATI.

    BalasHapus
  13. Nama : siti nurhidayatul mukaromah
    NIM : 40212118
    Prodi : PGSD 3/2

    menurut saya memang benar TIK memiliki banyak manfaat untuk sektor pendidikan misalkan saja:
    1. TIK dapat membantu seorang pendidik untuk menyampaikan materi dengan simpel, misalkan seorang pendidik menggunakan LCD projektor untuk menyampaikan materi, dengan menggunakan LCD proyektorkan pendidik tidak perlu mencatat materi di papan tulis secara manual.
    2. TIK juga dapat membantu si peserta didik untuk mencari materi tambahan, mencari informasi-informasi tertentu, dan lain sebagainya.
    itu semua dapat di ambil keuntungannya masing-masing misalkan pendidik akan lebih mudah dalam menyampaikan materi pada si peserta didik, sehingga peserta didik akan dapat menangkap materi dengan mudah.
    3. TIK selain menguntungkan untuk pendidik dan si peserta didik TIK juga dapat di manfaatkan untuk mempromosikan sekolah-sekolah secara online dengan cara membuat blog atau lainnya, misalnya untuk mencari pserta didik lebih banyak dan untuk memudahkan para anak-anak yang ingin belajar di sekolah tersebut tanpa harus repot-repot mencari informasi dari orang lain.

    BalasHapus
  14. NAMA :THYA SHOFIA
    NIM :40212099


    Menurut saya TIK mempunyai manfaat yang begitu besar diantaranya dengan adanya TIK bisa mempermudah kita dalam segala hal misanya:
    1.dengan adanya tik bisa memberikan kemudahan kepada peserta didik dan pendidik.
    2.untuk mempermudah siswa untuk mencari informasidengan cepat dan mudah
    3.untuk memberi pengetahuan kepada para siswa karena dengan adanya tik siswa bisa belajar dan mengetahui tentang perkembangan tekhnologi yang begitu pesat
    4.dengan adanya tik Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
    5.dengan adanya tik Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
    menurut saya itulah manfaat tik dalam pndidikan yang saya ketahui

    BalasHapus
  15. NAMA : SUBUR WIDADI

    PRODI: PGSD 3/2

    NIM: 40212117


    Menurut pendapat saya ke untungan TIK di dalam dunia pendidikan sangat banyak apa lagi untuk pendidkan di negara Indonesia.
    Sekarang di negara luar pun banyak yang sudah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
    Di bawah ini beberapa keuntungan TIK di dalam dunia pendidikan diantaranya sebagai berikut:
    1. Bagi para SISWA ATAU MAHASISWA:
    • Bisa mengakses tentang materi-materi yang kann di cari melalui e-book dll
    • Bisa mengirim tugas melalui e-mail
    • Bisa mengisi angket turatama bagi mahasiswa ,kalau siswa bisa mendaftar on-line
    • Bisa belajar jarak jauh sehingga mengirit biaya
    • Bisa mengakses apapun yang di butuhkan siswa
    • Bisa menggunakan teknologi untuk hasil karya misalkan blog dll

    2. Bagi intasi SEKOLAH ATAU KAMPUS
    • Bisa berbagi informasi yang di muat di internet sehinnga siswa mampu mengakses
    • Bisa bertukar pikir tanpa harus bertemu atau tatap muka dengan prar ahli
    • Bisa membantu di dalam manajeman pendidikan
    • Bisa memberi pelayanan yang lebih baik ,sehingga siswa tidak harus ke sekolah tau kampus
    • Bisa menyediakan perpustakaan on-line bagi para siswa
    • Bisa dapat mempermudah media pembelajaran
    • Radio pembelajaran ,video pembeljaran ,dll
    3. Bagi instasi PEMERINTAH
    • Bisa membantu memeantau sekolah-sekolah di Indonesia karena indonesia itu negara kepulauan.
    • Bisa manajeman sistem pendidikan di Indnesia
    • Membantu dalam menyerbarkan informasi tentang dunia pendidkan
    • Dll
    Demikian menurut pendapat saya bila ada kata yang kurang berkenan atau salah saya mohon maaf pak .
    Terima kasih dan wassalammmm
    “referensi makalah presentasi tetapi agak di kembangkan sendiri”

    BalasHapus
  16. NAMA : UUT INDAH LESTARI
    NIM : 40212103

    Menurut saya Dengan adanya perkembangan teknologi di Indonesia khususnya dalam dunia pendidikan Para siswa yang duduk di bangku sekolah dan mahasiswa terbantu dengan adanya internet dalam mengerjakan tugas sekolah atau tugas kuliah. Para mahasiswa dapat mencari bahan skripsi di internet atau para siswa mencari bahan tugas makalahnya di internet. Dengan adanya pelajaran Teknologi Informasi di sekolah, para siswa dapat belajar dan memanfaatkan TI dalam kehidupan mereka sehari-hari dengan baik.
    Keuntungan yang lain misalnya:
    1.Info yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
    2.Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya e-learning yang semakin memudahkan proses pensisikan.
    3.Kemajuan TI juga akan memungkinkan berkembangnya kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
    4.Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karna penerapan sistem TI.

    BalasHapus
  17. Nama : RIVA AZIZA
    NIM : 40212095
    PGSD 3/2

    Menurut pendapat saya keuntungan TI itu akan memberi kemudahan dalam mencari dan menghasilkan bahan-bahan pembelajaran secara efisien dan efektif yaitu dengan adanya perpustakaan elektronik (e-liberary)atau buku elektronik, TI juga bisa digunakan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh,antar daerah,pulau,bahkan antar benua.TI juga memberi keuntungan bagi kita,kita dapat memperoleh informasi-informasi diluar negri dengan cepat dan mudah, selain itu kita juga bisa mengetahui pendidikan yang ada di negara-negara lain yang sedang berkembang atau yang sudah maju, apabila kita mempunyai saudara di luar negeri dengan adanya TI kita dapat bertukar pikiran sehingga pendidikan kita tidak tertinggal jauh.

    " referensi otak sendiri "

    BalasHapus
  18. NAMA:AMINATUL FITRIA
    NIM :40212122
    PGSD 3/2

    Menurut saya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi(TIK)telah memebawa pengaruh terhadap pendidikan dalam proses pembelajaran.pengunaan TIK dalam proses pembelajaran sudah bukan hal yang asing lagi dalam era globalisasi seperti sekarang ini.Adanya intrnet memungkinkan kita untuk belajar kapan dan dimana saja dengan lingkup yang sangat luas.Misalnya,dengan fasilitas email,chatting,e-book,e-library dan sebagainya,kita dapat saling berbagi informasi tanpa harus bertatap mukalangsung dengan sumber informasi tersebut.Karena semua informasi yang kita inginkan dapat kita peroleh hanya dengan mengakses internet.Disini saya akan memaparkan keuntungan TIK bagi pelajar danlembaga pendidikan penyelenggara dalam dunia pendidikan antara lain:
    Keuntungan yang diperoleh oleh para pelajar dari pemanfaatan TIK dalam bidang pendidikan,antara lain:
    1.Dapat mengakses informasi-informasi hasil penelitian dari orang lain.
    2.Akses kesumber pengetahuan dapat dilakukan dengan lebih mudah.
    3.Akses kepara pakar menjadi lebih mudah karena tidak dibatasi. oleh jarak dan waktu.
    4.Materi-mwteri pelajran disampaikan interaktif dan menarik.
    5.Melalui belajar jarak jauh,kendala biaya dan waktu yang mungkin tidak dapat dihindari degan cara pendidikan biasa,dapat iatasi dengan mengikuti kelas online.
    Selain memeberikan keuntungan kepada para pelajar,pemanfatan TIK juga memberikan keuntungan kepada lembaga pendidikan penyelenggara.Beberapa keuntungan yang diperoleh lembaga penyelenggara,antra lain:
    1.Dapat saling berbagi hasil penelitian denga intitusi pendidikan yang lain.
    2.Dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada peserta didik.
    3.Dapat menjangkau pelajar atau mahasiswa yang berada ditempat lain melalui program jarak jauh.
    4.Melalui perpustakaan online,biaya untuk menyedikan buku-buku diperpustakaan dapat dikurangi.
    5.Dapat saling berbagi sumber ilmu dengan intitusi lain.

    BalasHapus
  19. Nama :MUTIYA ZAKIYATUN
    Nim : 40212102


    Kemajuan yang telah dicapai siswa dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan sesuatu yang patut kita syukuri karena dengan kemajuan tersebut akan memudahkan siswa dalam mengerjakan pekerjaan dan tugas yang harus dikerjakan. Di sini saya akan menjelaskan tentang kegunaan TIK dalam dunia pendidikan yaitu:
    1.Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
    2.Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
    3.Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
    4.Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
    5.Dengan adanya e-library biaya untuk pengadaan buku perpustakaan dapat dikurangi.

    BalasHapus
  20. Kegunaan TIK dalam sektor pendidikan sangatlah banyak, seperti:.
    1.Dengan sekian banyaknya pulau di Indonesia yang terpencar-pencar dan kontur permukaan buminya yang seringkali tidak bersahabat, maka TIK sangat mampu dan dijagokan agar menjadi fasilitator utama untuk meratakan pendidikan. Sebab TIK yang mengandalkan kemampuan pembelajaran jarak jauhnya tidak terpisah oleh ruang, jarak dan waktu. Tetapi, itu semua harus didukung oleh pemerintah dengan cara memperbaiki dan manambah infrastuktur telekomunikasi, khususnya pada desa-desa terpencil agar TIK dapat dimanfaatkan lebih optimal lagi.
    2.Untuk mempercepat penyerapan bahan ajar.
    3.Berbagai perangkat lunak seperti Microsoft office dan open office memudahkan pelajar/mahasiswa dalam mengerjakan tugas, seperti laporan pratikum dan artikel, juga ketika mempresentasikan tugas di kelas.
    4.Sistem pengajaran yang berbasis multimedia (teknologi yang melibatkan teks, gambar, suara dan video) mampu membuat pengajaran suatu topik bahasan menjadi menarik, tidak monoton dan mudah dicerna.
    5.Menciptakan e-University yaitu untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan sehingga perguruan tinggi dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik pada komunitasnya, baik didalam maupun diluar.
    6.Dengan adanya TIK seorang murid/mahasiswa dapat mempelajari materi tertentu secara mandiri dengan menggunakan komputer yang dilengkapi progam yang berbasis multimedia. Contohnya belajar fisika, matematika dan bahkan belajar bahasa asing. Konsep ini melahirkan perangkat lunak yang tergolong sebagai edutainment (education and entertainement).
    7.Dapat membuat blog yang memang manjadi tempat bagi semua orang seperti pelajar/mahasiswa untuk menumpahkan semua ilmu dan aktifitas sehari-harinya, mengembangkan kreatifitas dalam menulis serta mempersiapkan diri kita untuk bersaing didunia global yang menuntut kita terjun dalam teknologi.
    8.Menciptakan e-learning/ pendidikan jarak jauh.
    9.Menciptakan e-book.
    10.Dan yang terakhir pelajar/mahasiswa dapat mempunyai pengetahuan luas tentang dunia luar serta informasi dari berbagai belahan dunia secara cepat, mudah dan murah.

    BalasHapus
  21. IRMA SOVIANA ULFA
    NIM: 40212113
    No.Absen: 20

    Kegunaan TIK dalam sektor pendidikan sangatlah banyak, seperti:.
    1.Dengan sekian banyaknya pulau di Indonesia yang terpencar-pencar dan kontur permukaan buminya yang seringkali tidak bersahabat, maka TIK sangat mampu dan dijagokan agar menjadi fasilitator utama untuk meratakan pendidikan. Sebab TIK yang mengandalkan kemampuan pembelajaran jarak jauhnya tidak terpisah oleh ruang, jarak dan waktu. Tetapi, itu semua harus didukung oleh pemerintah dengan cara memperbaiki dan manambah infrastuktur telekomunikasi, khususnya pada desa-desa terpencil agar TIK dapat dimanfaatkan lebih optimal lagi.
    2.Untuk mempercepat penyerapan bahan ajar.
    3.Berbagai perangkat lunak seperti Microsoft office dan open office memudahkan pelajar/mahasiswa dalam mengerjakan tugas, seperti laporan pratikum dan artikel, juga ketika mempresentasikan tugas di kelas.
    4.Sistem pengajaran yang berbasis multimedia (teknologi yang melibatkan teks, gambar, suara dan video) mampu membuat pengajaran suatu topik bahasan menjadi menarik, tidak monoton dan mudah dicerna.
    5.Menciptakan e-University yaitu untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan sehingga perguruan tinggi dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik pada komunitasnya, baik didalam maupun diluar.
    6.Dengan adanya TIK seorang murid/mahasiswa dapat mempelajari materi tertentu secara mandiri dengan menggunakan komputer yang dilengkapi progam yang berbasis multimedia. Contohnya belajar fisika, matematika dan bahkan belajar bahasa asing. Konsep ini melahirkan perangkat lunak yang tergolong sebagai edutainment (education and entertainement).
    7.Dapat membuat blog yang memang manjadi tempat bagi semua orang seperti pelajar/mahasiswa untuk menumpahkan semua ilmu dan aktifitas sehari-harinya, mengembangkan kreatifitas dalam menulis serta mempersiapkan diri kita untuk bersaing didunia global yang menuntut kita terjun dalam teknologi.
    8.Menciptakan e-learning/ pendidikan jarak jauh.
    9.Menciptakan e-book.
    10.Dan yang terakhir pelajar/mahasiswa dapat mempunyai pengetahuan luas tentang dunia luar serta informasi dari berbagai belahan dunia secara cepat, mudah dan murah.

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Nama : Feri Indriastuti
    NIM : 40212107

    Munculnya TIK membawa beberapa keuntungan, terutama di sektor pendidikan. Berikut adalah keuntungan yang dirasakan dunia pendidikan dengan adanya TIK:
    1. Informasi yang dimuat dalam internet akan mudah dimanfaatkan orang lain di penjuru dunia dengan cepat.
    2. Konsultasi dengan para ahli di bidangnya dapat dilakukan dengan mudah walaupun terpisah jarak yang jauh.
    3. Perpustakaan online (e-library), perpustakaan dalam bentuk digital ini memungkinkan kita agar mudah dalam mencari referansi buku yang kita inginkan. Jadi kita tidak harus mengunjungi perpustakaan dan mencari buku yang kita inginkan secara manual.
    4. Diskusi online, diskusi yang dilakukan melalui internet berupa chat, e-mail, dan forum.

    Kemudian keuntungan yang dirasakan dunia pendidikan dengan adanya TIK bagi pelajar, antara lain:
    1. Dapat mengakses berbagai informasi dan memperoleh sumber ilmu pengetahuan dengan mudah.
    2. Akses ke para ahli lebih mudah karena tidak dibatasi jarak dan waktu.
    3. Materi pelajaran dapat disampaikan interaktif dan menarik.
    4. Melalui belajar jarak jauh dapat menghemat biaya dan waktu.

    Lalu keuntungan yang dirasakan dunia pendidikan dengan adanya TIK bagi penyelenggara pendidikan, antara lain:
    1. Dapat berbagi informasi dan hasil penelitian dengan lembaga pendidikan lain.
    2. Dapat memberi layanan yang lebih baik kepada para peserta didik.
    3. Dapat menjangkau peserta didik yang tempatnya sangat jauh.
    4. Melalui perpustakaan online, dapat menekan biaya untuk menyediakan buku.

    BalasHapus
  24. NAMA:SUCI WULANDARI
    NIM :40212141

    Kegunaan teknologi informasi dan komunikasi bagi dunia pendidikan yaitu:

    1.Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
    2.Dapat menambah wawasan baru dengan cara yang cepat,efektif,dan efisien.
    3.Dengan teknologi komputer dan internet, para siswa atau mahasiswa tidak hanya dapat belajar di dalam kelas. Mereka dapat belajar di mana pun karena hampir semua materi pelajaran dapat diiperoleh melalui CD atau langsung diakses melalui Internet.
    4.mahasiswa dapat mengirim tugas secara online.
    5.mahsiswa dapat mencari referensi tugas secara banyak.
    6.Pemanfaatan TIK Bagi Institut Pendidikan Pesatnya perkembangan TIK, khususnya internet, memungkinkan pengembangan layanan informasi yang lebih baik dalam suatu institusi pendidikan. Dilingkungan perguruan tinggi, pemanfaatan TIK lainnya yaitu diwujudkan dalam suatu sistem yang disebut electronic university (e-University). Pengembangan e-University bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, sehingga perguruan tinggi dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik kepada komunitasnya, baik didalam maupun diluar perguruan tinggi tersebut melalui internet.
    7.konsultasi dengan pakar
    Internet juga dapat digunakan sebagai media untuk melakukan tanya jawab atau konsultasi dengan orang yang lebih berpengetahuan tinggi atau para pakar. Hal ini menyebabkan jarak dan ruang bukan lagi halangan dalam memperoleh informasi yang akurat. Sebagai contoh adalah seorang mahasiswa yang tengah melakukan penelitian di pedalaman Sumatera dapat melakukan konsultasi dengan dosennya yang berada di Jawa dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi berupa chatting, email atau video conference.
    8.distribusi hasil penelitian
    Bagian dari TIK yang sangat berperan di dalam distribusi hasil penelitian adalah Internet. Saat ini internet telah banyak dipakai sebagai sumber informasi dalam menunjang kegiatan pendidikan. Internet dimanfaatkan untuk berbagi hasil penelitian dari seluruh dunia sehingga dalam bentuk jurnal, makalah, paper dan lain sebagainya. Hal ini membuat dunia pendidikan lebih maju karena informasi cepat beredar membuat orang tidak lagi melakukan penelitian yang sama. Dengan demikian maka ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di tataran universitas menjadi lebih maju. Selain itu, hasil penelitian yang dilakukan seseorang dapat dimanfaatkan oleh orang lain untuk melakukan penelitian lanjutan yang lebih maju.

    BalasHapus
  25. RATNA DESI APRIYANI
    NIM: 40212097

    menurut saya keuntungan TIK disektor pendidikan memang sangat besar, dengan adanya TIK sangat membantu siswa agar mudah untuk mengakses informasi dan memperoleh informasi yang di inginkan secara cepat, serta memudahkan siswa dalam mencari bahan-bahan secara efektif dan efesien yaitu dengan adanya perpustakaan elektronik (e-library)perpustakaan dalam bentuk digital ini memudahkan siswa dalam mencari tambahan referensi buku yang diinginkan tanpa harus berkunjung keperpustakaan dengan biaya yang murah, cepat dan kapan saja dan di mana saja. selain itu TIK dapat mempermudahkan dan meringankan bagian administrasi misalnya saja seperti SIMPATI, dengan adanya SIMPATI dengan mudah kita memperoleh informasi tanpa siswa harus datang kekampus.

    BalasHapus
  26. NAMA: Liliana Astari
    NIM: 40212138
    Kemajuan teknologi dan informasi di bidang pendidikan banyak membawa perubahan. Salah satunya perubahan dalam sistem pembelajaran. Dengan pemanfaatan teknologi di dunia pendidikan diharapkan akan mampu menggeser sifat pendidikan yang cenderung introvet (tertutup) menjadi ekstrovet (terbuka) dan lebih proaktif sehingga akan semakin memberdayakan proses belajar mengajar menjadi lebih kreatif dan kompetitif. Sistem pembelajaran berbasis multimedia mampu membuat penyajian suatu pokok bahasan menjadi menarik,tidak monoton dan mudah dicerna oleh siswa. Dengan adanya kemajuan teknologi belajar tidak harus dilakukan di kelas tetapi dari mana saja dan kapan saja. Bahkan seseorang dapat kuliah di universitas yang berada di negara lain tanpa harus tinggal di negara yang bersamgkutan. Pendidikan semacam ini biasa kita kenal dengan e-learning atau pendidikan jarak jauh.

    BalasHapus
  27. NAMA : AGUNG SETIAWAN
    NIM : 40212104

    mneurut saya pak. 1.tik itu tidak mempersulit tugas mahasiswa
    2.membantu mahasiswa memperluas pengetahuan dalam waktu singkat
    3.memperbaharui kompetensi secara update,

    BalasHapus
  28. NAMA : FARAH SISKA LUKANTI
    NIM : 40212126

    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    menurut kami Manfaatan TIK dalam Sektor Pendidikan
    Peran TIK dalam dunia pendidikan TIK mempunyai peran yang sangat luar biasa dalam bidang pendidikan berkemampuan untuk Mendistribusikan informasi secara cepat dari satu Tempat ke tempat yang lain yg berjauhan.
    berbagai perngkat lunak seperti microsoft office atau open office memudahkan para pelajar dalam mengerjakan tugas seperti membuat makalah ,laporan praktikum dan artikel serta memudahkan pelajar saat mempresentasikan tugas disekolah atau di kampus.
    Manfaat TIK dalam sektor pendidikan antarab lain:
    1. dengan adanya TIK pengajaran berbasis multimedia dimana TEknologi yang melibatkan Teks,gambar,suara atau video
    sehingga mampu membuat penyajian suatu topik bahasan menjadi menarik Tidak monoton dan mudah dicerna oleh pelajar.
    2.mampu belajar bahasa asing
    3. menciptakan belajar dengan E-learning atau pendidikan jarak jauh.
    4. dapat bertukar informasi dan berinteraksi dengan cepat dan efisien.
    5. dengan adanya komunikasi yang cepat ,murah dan efisien dapat berkomunikasi secara tidak langsung seperti surat elektronik ,bisa berkomunikasi melalui chatting ataupun bertatap muka
    6. siswa dapat memanfaatkan program pendidikan yang disediakan jaringan internet kapan saja sesuai dengan waktu ruang mereka sehingga kendala -kendala ruang dan waktuyang mereka hadapi untuk mencari sumber belajar dapat teratasi.
    7. dapat mempermudah pemerintah dalam menghadapi permasalahan-permasalahan pendidikan di indonesia.
    8. dapat membantu pemerintah dalam mengevaluasi sistem pendidikan di indonesia,pemerintah tidak Terjun langsung untuk mendatangi sekolah sekolah yang berada dipelosok hanya saja pemerintah memantau dari kejauhan.

    Pemanfaatan TIK bagi institut pendidikan antara lain:
    1.memungkinkan pengembangan layanan informasi yang lebih baik dalam suatu institusi pendidikan mewujudkan suatu sistem yang disebut elektronik university yang bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan Sehingga perguruan tinggi dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik pada komunitasnya.
    2. TIK sebagai media pemebelajaran multimedia kerja sama antar pakar dan jasa dengan mahasiswa yang letaknya berjauhan secara fisik dapat dilakukan dengan lebih mudah.

    sekian dan Terimakasi.
    Wassalamu'alaikum Wr.wb

    BalasHapus
  29. NAMA : LUKMAN
    NIM : 40212114

    menurut saya TIK begitu bermanfaat bagi intitusi pendidikan, baik bagi guru maupun bagi siswa.

    1.guru mampu mencari refrensi tambahan sebagai tambahan bahan ajar
    2.guru semakin mudah menjelaskan objek yang sukar untuk di tampilkan secara langsung
    3.siswa mampu mencari berbagai literatur tambahan dalam mempelajari sebuah teori yang telah di berikan guru.

    BalasHapus
  30. Nama : Ulfia Nurun Nisa
    NIM : 40212139

    Manfaat TIK bagi sektor pendidikan sangatlah banyak khususnya di Indonesia yang tidak ingin ketinggalan dalam era globalisasi seperti saat-saat sekarang ini. Pemanfaatan TIK dalam pendidikan mendapat respon positif baik dari siswa, guru serta instansi pendidikan terkait. Karena dengan adanya TIK semua kebutuhan dapat terpenuhi dengan baik. TIK merupakan singkatan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi. Seperti namanya, Pelajaran ini berisi tentang perkembangan dari teknlogi informasi dan alat komunikasi seperti internet dan layanannya serta komputer dan perangkatnya. Dalam materi komputer di bahas bagian-bagiannya seperti hardware, software, dan brainware atau pengguna komputer itu sendiri serta fungsinya. Beberapa fungsi dari komputer sangat membantu siswa dalam proses belajar maupun untuk mengerjakan tugas dari guru. Contohnya apabila siswa ingin mengumpulkan tugas dalam bentuk print out bukan tulisan tangan, maka ia bisa mengetiknya di komputer dan mencetaknya. Contoh lainnya adalah ketika siswa ingin mencari informasi seputar pelajaran sekolah yang tidak ada di buku maka ia bisa mencarinya di internet melalaui komputer secara cepat dan mudah.
    Pelajaran TIK memang penting di berikan untuk siswa baik untuk tingkat SMP maupun SMA, agar mereka memiliki bekal untuk menghadapi persaingan global dan mampu beradaptasi dengan lingkungan yang sudah semakin canggih ini.
    Ada beberapa manfaat pelajaran TIK bagi siswa antara lain:
    1. Dengan adanya palajaran TIK siswa dapat dengan mudah menggunakan komputer untuk mengerjakan tugas yang berhubungan dengan pengolahan angka, pengolahan kata, presentasi, dll.
    2. Pelajaran TIK juga mempermudah siswa dalam mengenal internet dan memafaatkannya untuk komunikasi dengan teman, keluarga maupun saudara yang jauh, bahkan mereka bisa berkomunikasi dengan orang yang berada di berbagai belahan dunia tanpa mengalami kesulitan seperti menggunakan jejaring sosial Facebook, Twitter, YM, dll.
    3. Siswa mempunyai pengetahuan yang luas tentang dunia luar seta informasi dari berbagai belahan dunia secara cepat mudah dan murah melalui internet.
    4. Pelajaran TIK menjadi bekal bagi siswa dalam menempuh masa depan yang semakin deras dengan arus globalisasi dan perkembangan tekhnologi yang semakin canggih.
    5. Dengan adanya pelajaran TIK yang diberikan kepada siswa, maka siswa dapat memfungsikan komputer dan internet secara maksimal sebagai media belajar yang efektif. Selain itu siswa juga bisa memperoleh informasi yang beragam dan menarik sehingga mereka akan lebihmudah dan senang dalam belajar. Apalagi jika siswa butuh hiburan mereka bisa membuka situs-situs yang menyediakan hiburan-hiburan seperti permainan game, film, video, dll.
    Jadi kesimpulannya bahwa TIK sangat berperan dalam pengembangan dan kemajuan pendidikan dalam berbasis ICT, tidak terpungkiri bahwa siswa dan guru harus pandai dalam mengoperarsikan suatu TIK dalam penerapan pendidikan tersebut.

    BalasHapus
  31. NAMA : GITA PURNAMA
    NIM :40212111

    Assalamu'alaikum.
    Menurut pendapat saya, tentang manfaat TIK dalam dunia pendidikan diantaranya :
    1. Perpustakaan online
    Dengan teknologi internet dan WWW, perpustakaan dapat dibentuk dalam digital. Umumnya perpustakaan online ini dalam bentuk PDF. Dengan adanya perpustakaan online, seorang siswa dapat mengakses sumber ilmu pengetahuan dengan mudah tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Selain itu juga meminimalisir kerusakan dan perawatan dari buku-buku yang ada.
    2. Konsulatasi dengan pakar
    Internet juga dapat digunakan sebagai media untuk melakukan tanya jawab atau konsultasi dengan orang yang lebih berpengetahuan tinggi atau para pakar. Hal ini menyebabkan jarak dan ruang bukan lagi halangan dalam memperoleh informasi yang akurat. Sebagai contoh adalah seorang mahasiswa yang tengah melakukan penelitian di pedalaman Sumatera dapat melakukan konsultasi dengan dosennya yang berada di Jawa dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi berupa chatting, email atau video conference.
    3. Pengawasan kedisiplinan siswa
    Dengan absensi elektronik maka siswa akan lebih mudah terkontrol. Saat ini biaya pembangunan perangkat tersebut sangat terjangkau. Dipadukan dengan sistem SMS autoreply, maka orangtua dapat memeriksa keberadaan anaknya apakah benar di sekolah atau tidak. Dengan demikian tidak ada siswa yang membolos tanpa sepengetahuan orang tua.
    Demikian pendapat dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.
    wassalamu'alaikum.

    BalasHapus
  32. Nama : Maesaroh Khayati
    NIM : 40212116

    Assalamualaikum wr.wb
    Menurut pendapat saya, keuntungan TIK dalam sektor pendidikan yaitu meliputi :
    1. mahasiswa maupun guru dapat memperoleh materi dengan mudan dan cepat dalam berbagai sumber .
    2. mahasiswa tidak perlu mengeluarkan uang untuk mencetak hasil tugasnya dan disetorkan kepada guru, namun cukup dengan mengirim tugasnya melalui e-mail maupun blog .
    3. membantu siswa dan guru agar dapat bersaing dalam era modern yaitu era teknologi informasi dan komunikasi yang semakin kedepan semakin canggih dan unggul .
    4. menuntut siswa agar tidak gaptek (gagap teknologi).
    5. mahasiswa maupun guru dapat memperoleh berbagai wawasan yang tidak hanya dari buku saja namun juga melalui internet .
    6. mahasiswa tidak perlu merogoh uang yang besar untuk memperoleh buku yang diinginkannya karena InsyaAlloh buku-buku yang sudah dicetak dan dipasarkan di berbagai daerah juga terdapat di buku online .
    7. apabila mahasiswa tidak ada waktu untuk berangkat ke sekolahnya maka dia bisa menggantinya dengan pembelajaran online yang bisa dilakukannya dimana saja .
    cukup sekian keuntungan TIK yang saya paparkan . Kurang lebihnya mohon maaf . Sekian .
    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  33. NAMA: ARIF EKO PRASETYO
    NIM: 40212096

    Assalamualaikum wr.wb
    menurut pendapat saya abad ini merupakan era perkembangan teknologi informasi dan komputer. Pada dasarnya hampir seluruh aspek kehidupan orang modern tidak lepas dari pengetahuan dan teknologi sekarang masyarakat dituntut untuk melek teknologi masa kini dan masa yang akan datang.
    dalam peserta didik memiliki keuntungan sebagai berikut:
    1. Dapat mengembangkan peserta didik untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan nyata sehingga menjadi responsif terhadap tuntutan kehidupan sehari-hari
    2. Menumbuhkan pemikiran yang reflektif
    3. Membantu perkembangan dan ketertiban aktif dari peserta didik dalam proses belajar
    4. Untuk mempermudah penyampaian materi dalam pembelajaran
    5. Dan memperluas wawasan dan jaringan pembelajaran pada siswa

    semua itu dapat terwujud secara optimal apabila memenuhi syarat seperti
    a) Adanya akses teknologi internet untuk guru, maupun siswa baik didalam kelas atau sekolah
    b) Materi yang bermutu bagi guru dan siswa
    c) Guru harus proaktif terhadap perkembangan TIK

    sekiranya pengetahuan saya dalam coment tentang keuntungan TIK untuk pendidikan saat ini, saya minta maaf jika ada kata-kata maupun tulisan yang salah dalam pemaparan diatas tersebut.
    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  34. NAMA : TITIS MAYTA SARI
    NIM : 402121115
    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Menurut pendapat saya dijaman yang modern ini perkembangan teknologi informasi sangatpesat dipicu oleh kebutuhan informasi secara cepat, tepat, dan terkini. Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatanberbagai sektor kehidupandimana memberikan andil besar terhadap berubahn-perubahan yang mendasar pada struktur oprasi manajemen, organisasi, pendidikan, transportasi, kesehat dan peneletian.
    itu terbukti bahwa teknologi informasi sangat berguna bagi kegiatan apapun, terutama pada pendidikan.
    teknologi informasi sangat berguna bagi dunia pendidikan, itu terbukti jaman sekarang sekolah-sekolah dari SD sampai perguruan Tinggi banyak yang menggunakan teknologi informasi. penggunaan teknologi informasi tersebut membuat seorang pengajar maupun anak didik mempunyai banyak keuntungan selain mereka bisa mengetahui informasi materi pelajaran, pendidikan juga dapat mendaftar ke perguruan tinggi atau mencari perguruaan tinggi dengan cara onlione, seperti jaman sekarang SMPTN pun pendaftarannya sudah dengan online, begitu juga di perguruan tinggi untuk melihat nilai hasil ujian dan pembayaran sekarang sudah bisa dengan SIMPATI.
    Secara detail akan saya sebutkan secara umum keuntungan-keuntungan TIK pada sektor pendidikan adalh :
    1.Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
    2.Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
    3.Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasisteleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
    Terima kasih atas tugas yang bapak berikan,itu sedikit pengetahuan tentang keuntungan TIK didunia pendidikan menurut saya. semoga ini bisa menambah wawasan bagi saya sendiri dan pembaca.
    Wasalamu'alaikum Wr.Wb
    4.Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.

    BalasHapus
  35. NAMA : NILA AZIZATI
    PRODI/SMSTR : PGSD3/2
    NIM : 40212101
    Assalamua’laikum Wr.Wb
    Menurut pendapat saya TIK dalam dunia pendidikan bisa menguntungkan bagi guru, sisiwa, dan bagian administrasi sekolah :
    Keuntungan TIK untuk guru :
    1.Guru dapat mengakses/mengambil bahan materi yang akan di ajarkan.
    2.Guru bisa menmbah wawasannya supaya bisa melatih diri dengan system TIk dan tidak menjadi gaptek.
    Keuntungan TIK untuk siswa :
    1.Siswa dapat mengakses/mengambil materi dengan cepat dan mudah.
    2.Siswa dapat mengakses berbagai informasi dan memperoleh sumber ilmu pengetahuan dengan mudah.
    3.Siswa bisa mengakses ke para ahli lebih mudah karena tidak dibatasi jarak dan waktu.
    4.guru dan siswa bisa menyampaikan materi pelajaran secara interaktif dan menarik.
    5.siswa bisa melakukan belajar jarak jauh, apabila tidak dapat bertemu langsung dengan guru,dan dapat menghemat biaya dan waktu.
    6.Siswa juga bisa menjadi irit karena tidak harus mengeluarka uang cukup banyak untuk membeli buku.
    Keuntungan TIK untuk bagian administrasi sekolah :
    1.System administrasi sekolah akan makin mudah, cepat dan lancar karena penerapan TIK.
    2.Sekolah juga bisa menerapkan biaya administrasi lewat system TIK.
    3.Bagian akademik sekolah juga bisa menerapkan hasil nilai ujian lewat system TIK.
    Contoh : seperti system simpati 2000



    BalasHapus
  36. NAMA : NINIK RESTU HANDAYANI
    NIM : 40212112

    Assalamu'alaikum.
    Menurut pendapat saya, pemanfaatan TIK di dunia pendidikan sudah mulai di rasakan.
    Bukan hanya di perguaruan tinggi, SMA, SMP, SD, bahkan Taman Kanak-kanak atau playgroup sudah mulai di perkenalkan. Contohnya seperti pengenalan huruf-huruf alfabetis dengan menggunakan proyektor, ataupun pengenalan nama-nama hewan dan video untuk anak-anak agar lebih semangat dalam pembelajaran.
    Pemanfaatan di dalam Perguruan Tinggi, SMA, SMP sangatlah berperan, karena seorang mahasiswa/siswa membutuhkan bahan ajaran untuk di presentasikan. Dan pemanfaatan bukan hanya di rasakan mahasiswa/siswa, tapi juga dosen/guru yang bisa mengajarkan kepada mahasiswa/siswa dengan menggunakan power point tidak perlu menulis lagi di papan tulis.
    Dalam bagian administrasipun juga banyak manfaatnya, seperti penggunaan Simpati 2000 yang telah di gunakan di STKIP Islam Bumiayu.
    Demikian pendapat dari saya, mohon maaf apabila salah-salah kata.
    Wassalamu'alaikum.

    BalasHapus
  37. NAMA : NURMA KUSUMANINGTYAS
    PRODI/SMSTR : PGSD3/2
    NIM : 40212137
    Assalamu'alaikum.Wr.Wb
    menurut pendapat saya keuntungan TIK di sektor pendidikan yaitu:
    1.siswa bisa menjadi semangat belajar,karena termotivasi dengan TIK.
    2.siswa juga menjadi gemar/rajin belajar.
    3.siswa juga bisa belajar lebih mudah atua lebih faham,karena tidak semua siswa bisa menerima metode guru mengajar.
    4.siswa juga tidak gaptek(gagap teknologi).
    5.guru bisa mengambil referensi bukan hanya dari buku,tetapi juga bisa mengambil dari internet.
    Wassalamu'alaikum.Wr.Wb

    BalasHapus
  38. NAMA : FITRIA PERMATASARI
    NIM : 40212136

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Menurut pendapat saya, keuntungan TIK pada sektor pendidikan sangatlah beragam, diantaranya:
    1. Teknologi Informasi dan Komunikasi membantu peserta didik mencari berbagai informasi, baik yang berhubungan dengan pendidikan maupun yang tidak berhubungan dengan pendidikan karena TIK merupakan sumber pengetahuan yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik. Selain mengakses informasi, peserta didik juga dapat menuangkan pendapat atau pengetahuannya yang bersifat positif sehingga peserta didik tidak hanya mencari dan mengakses yang ia inginkan tetapi juga memberikan feedback yang dapat bermanfaat bagi orang lain.
    2. Adanya TIK memudahkan peserta didik melakukan pembelajaran elektronik atau yang biasa kita sebut e-learning (electronic learning). Misalnya saja saya sebagai mahasiswa STKIP Islam Bumiayu ingin mengikuti kuliah PTI tanpa harus berangkat ke kampus, tetapi saya dapat mengikuti pembelajaran tersebut melalui web, skype atau pembelajaran jarak jauh untuk mengikuti perkuliahan PTI tersebut. Namun semua itu dapat dilakukan apabila dengan seizin dari dosen PTI tersebut sebelum saya melakukannya serta didukung fasilitas dari saya sendiri dan fasilitas dari kampus.
    3. TIK juga memudahkan kita mencari berbagai referensi yang kita butuhkan melalui e-library (perpustakaan elektronik). Dengan adanya e-library memudahkan peserta didik khususnya mahasiswa yang biasanya banyak membutuhkan referensi untuk tugas kuliah bahkan skripsinya asalkan referensi tersebut dapat dipertanggung jawabkan keberadaannya sehingga tidak menimbulkan copy-paste.
    4. Manfaat TIK juga memudahkan peserta didik untuk saling bertukar pikiran ataupun pendapat antar teman, menanyakan sesuatu yang belum diketahuinya melalui pakar atau mungkin gurunya melalui diskusi online, comment on blog, facebook, twitter, dsb.
    5. Keuntungan TIK yang lain yaitu memberikan kita peluang untuk berbisnis melalui e-business. Misalnya saja seperti menawarkan alat peraga yang dapat dimanfaatkan untuk mengajar para guru PAUD, TK dan SD karena saat ini sangatlah dibutuhkan guru-guru yang kreatif yang dapat memberikan warna baru dalam mengajar peserta didik. Semua itu referensinya dapat diperoleh melalui TIK. Namun dari itu sangatlah diperlukan kemampuan seseorang dalam memilah dan memilih segala sesuatu yang berhubungan dengan pendidikan agar manfaat yang diperoleh dapat berguna tidak hanya bagi dirinya sendiri tetapi juga berguna bagi orang lain.
    Demikian pendapat dari saya. Lebih dan kurangnya saya mohon maaf. Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
  39. NAMA: DWI MUFLIHAH
    NIM: 40212120

    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Menurut pendapat saya, munculnya TIK di Indonesia sangat banyak membawa keuntungan pada sektor pendidikan, diantaranya yaitu:
    1. Siswa atau peserta didik menjadi lebih mudah dalam mencari informasi yang dibutuhkan.
    2. Siswa atau peserta didik dapat dengan mudah mengerjakan tugas yang diberikan oleh pengajar mereka lewat adanya internet ini.
    3. Siswa atau peserta didik menjadi lebih giat dalam belajarnya, karena munculnya TIK ini sangat mudah dan sangat membantu mereka mengakses segala hal tanpa harus mencari di buku, atau bisa juga menambah apa-apa yang sudah ada di buku.
    4. Siswa atau peserta didik dapat belajar jarak jauh. Artinya peserta didik tidak perlu datang ke sekolah atau ke kampus, namun hanya duduk di depan layar komputer lalu mulai belajar. Pembelajaran seperti ini dinamakan e-learning (elektronik learning). Dengan model pembelajaran yang seperti ini, peserta didik akan lebih menghemat waktu dan biaya.
    Munculnya TIK ini tidak hanya membawa keuntungan pada siswa atau peserta didiknya saja, namun juga membawa keuntungan bagi guru atau pengajar. Diantaranya yaitu:
    1. Guru atau pengajar dapat dengan mudah mencari materi-materi yang akan diberikan kepada peserta didiknya.
    2. Guru atau pengajar akan lebih mudah menambah wawasannya lewat internet ini.
    Demikianlah pendapat dari saya mengenai keuntungan munculnya TIK di Indonesia. Mohon maaf yang setulus-tulusnya apabila ada salah-salah kata.
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  40. Nama : SEH MAOLANA
    NIM : 40212106

    Munculnya TIK di Indonesia membawa banyak keuntungan. Untuk dunia pendidikan di Indonesia manfaatnya antara lain:
    1. Pada saat melaksanakan pembelajaran, guru bisa memanfaatkan media pembelajaran seperti komputer/laptop untuk melakukan proses pembelajaran, disitu guru bisa memanfaatkannya seperti melakukan pembelajaran interaktif
    2. TIK bermanfaat seperti penggunaan internet untuk memperluas pengetahuan dengan cara browsing materi atau informasi dengan cepat
    3. Dapat digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas seperti mengetik, dan meng-print materi
    4. Dapat digunakan untuk mengirim tugas yang dikirim lewat e-mail atau blog.
    5. Dapat digunakan untuk pembelajaran agar tidak ketinggalan zaman dengan dunia barat
    6. Mempermudah penggunaan dalam pembelajaran dan dapat juga dipadukan dengan hiburan agar dalam pembelajaran tidak menjenuhkan dan mudah dipahami oleh siswa

    BalasHapus
  41. nama : welly wicaksono
    nim : 40212128

    perkembangan TIK din indonesia membawa pengaruh yang sangat besar di indonesia yaitu :
    1. mempermudah seseorang memasarkan barang atau sesuatu yang ingin dijual.
    2. mempermudah seseorang mendapatkan informasi di seluruh dunia.
    3. dapat berkomunikasi dengan baik meskipun di luar negeri.
    3. mempermudah kita dalam membuat tugas.

    BalasHapus