Senin, 26 November 2012

Tugas Ke-4 (Point-3) Mata Kuliah Teaching AID ICT/Media Pembelajaran ICT Prdi PGSD 3-4 dan PBI Semester III

Berikan komentar Anda tentang bagaimana Kelas Media Pembelajaran ICT dan Teaching AID ICT berjalan. Komentar Anda sangat membantu saya dalam melakukan perbaikan yang terus-menerus (continuous improvement) dalam proses belajar mengajar pada mata kuliah yang saya ampu.  Tulis komentar Anda disini sebagai comment. Anda boleh memberikan komentar apapun dan kapanpun. Boleh pula memberikan komen lebih dari satu kali. Saya akan selalu positive thinking atas segala komentar yang masuk.

Agar Anda bebas menulis, lebih baik komentar anda anonymous (tanpa nama). Saat menulis komentar, ada pilihan anonymous.
Komentar Anda merupakan sesuatu yang sangat berharga buat saya.

Please share to the world.

Rori Idrus

43 komentar:

  1. membangun kopetnsi boleh saja..tapi tugas'nya agak kira" emng waktunya gak mepet dalam 1 minggu tapi beban klw gak langsung di kerjain dan gak cumat mata pelajran ICT yang di kasIh tugas
    saya juga harus menyelesaikan tugas-tugas matakuliah yang lain
    APA LAGI YANG SUDAH BEKERJA...
    kopetensi perlu.tp ada batasan
    dan mUngkin cukup.saya tidak terlalu memeprhatikan anda.jadi saya gak tau ap lagi
    cukup kontar karna anda terlalu bnyak meberti tugas
    TRIMAKASIH

    BalasHapus
  2. Halo.. salam dan doa dari saya untuk bapak rory idrus, komentar saya tentang perkuliahan bapak selama ini sangat bagus bapak membimbing kami agar disiplin,membangun karakter untuk bisa belajar cepat,tanggap dan tanggung jawab terhadap tugas yang bapak amanatkan,mungkin awalnya alis kami berkerut karena tugas dari bapak terlalu banyak,persepsi dari anak-anak yang malas mengerjakan tugas dan berprasangka buruk mungkin berbanding terbalik dengan persepsi saya,sejauh ini perkuliahan berjalan dengan lancar,bapak bisa sabar,teliti dalam mengoreksi tugas-tugas kami,tidak asal mengoreksi dan hasil nilai yang bapak berikan cukup Memuaskan karena kerja keras kami dalam memahami pelajaran ICT, mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan semoga kedepan bapak rory semakin bijaksana,sabar dan menjadi dosen yang mengerti mahasiswanya serta Doa kami untuk STKIP bumiayu semoga bisa jaya di udara,bisa membanggakan bumiayu khususnya dengan fasilitas dan kualitas yang oke punya dan menghasilkan guru-guru yang keren,ber-hati tulus,berjiwa besar yang bisa mengabdikan dirinya untuk pendidikan di negri tercinta ini.

    salam

    BalasHapus
  3. Pertama kali saya mendengar nama Pak Rori, saya langsung teringat dengan kata-kata teman angkatan sebelum saya, bahwa Pak Rori kalau memberikan tugas tidak melihat kondisi, harus jadi hari ini ya harus jadi, padahal tugasnya tidak hanya mata kuliah yang dia ampu saja, masih banyak tugas -tugas mata kuliah lainnya. Tapi setelah saya merasakan perkuliahan yang dilaksanakan oleh Pak Rori, tidak sepenuhnya anggapan mereka itu benar, mungkin benar Pak rori jika memberikan tugas memang banyak, tapi saya melihat Pak Rori memberikan tugas diiringi dengan tujuan, yaitu membuat bisa dari yang tidak bisa, membuat tahu dari yang tidak tahu, dan untuk perkuliahannya saya pikir sudah cukup baik, cukup tegas, dan tidak bertele-tele. Diharapkan metode yang digunakan lebih bervariasi, karena yang saya rasakan sama saat saya mendapatkan pelajaran komputer waktu masih SMA. Tapi ada satu hal jika diluar perkuliahan yang jarang saya jumpai, yaitu SENYUM pada mahasiswa.OK, It's all for me....,GOD BLESS YOU ALWAYS........Mr. Idrus...

    BalasHapus
  4. SO FAR
    SO GOOD
    SO NICE
    KEEP SMILE Mr.Idrus.............................. GOOD LUCK...!!!

    BalasHapus
  5. assalamualaikum...my impression in your course is you have given good learning and teaching becauze not only you give material but also you motivate us in order that we not hopeless/keep spirit.BUT YOU MAKE US Strained by TASK whom you give us moreover it sudden task and it make us dizzy Mr,,,,please give dispensation.

    *Why you give UTS OR UAS sc0re very very LITTLE?? example 10 or 15 score. actually how to good answere in order we can good score??

    *Please to more friendly all student at class one by one.

    That's all thanks :):)

    BalasHapus
  6. Assalamu'alaikum.Wr.Wb.
    setiap dosen seharusnya lebih melihat sikon semua mahasiswa atau mahasiswinya untuk memberi tugas pada saat tertentu, memang memberikan tugas itu penting untuk meningkatkan kemampuan berfikir para mahasiswa dan mahasiswinya tetapi jika tugas tersebut diberikan sekaligus itu juga akan membebani mereka. karena, tidak semua mahasiswa dan mahasiswi memiliki tingkat pemikiran yang sama atau kemampuan dalam berfikir yang sama. intinya setiap dosen harus memahami setiap siswa dan siswi didiknya baik dari sisi watak, pola dan kemampuan berfikirnya, tingkahlaku mereka karena itu juga penting untuk penilaian yang dilakukan oleh setiap dosen. untuk metode pembelajarannya mungkin sudah cukup bagus dan saya harap untuk kedepannya lebih bagus lagi dari sekarang.
    Wassalamu'alaikum.Wr.Wb.

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum, Wr. Wb
    dalam proses pembelajarannya sudah bagus. cuman ada 1 masalah yaitu sekarang jarang melakukan praktikum.

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum Wr. Wb

    Kuliah sudah pasti banyak tugas, kata pak rori "jangan jadikan tugas menjadi sebuah beban tetapi hadapilah karena itu sebuah tantangan", tetapi tugasnya lumayan banyak pak, kalau punya alat elektronik semua mungkin tidak masalah, permasalahannya ada sebagian mahasiswa yang tidak punya laptop harus mengerjakan di warnet, sedangkan biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap mata kuliah saja harus bisa di minimalisir dengan baik, dengan adanya tugas yang begitu banyak dari bapak tugas kuliah yang lain hampir terlupakan karena bingung dengan biaya yang dikeluarkan dan tanpa adanya alat bantu elektronik tersebut. Mohon dipertimbangkan pak dalam pemberian tugas pak, terima kasih

    BalasHapus
  9. Asalamu’alaikum......
    Pak,.......Saya hanya ingin menyampaikan apa kata hati saya, saya tidak akan mengkritik anda sebagai seorang dosen yang mengajar ICT karena susah bagi saya mengkritik seseorang ketika orang tersebut dalam pandangan saya sudah bagus, meskipun saya tahu bahwa setiap orang pasti punya kekurangan. Tetapi saya lebih menghargai jika orang tersebut mau mengakui setiap kesalahannya dan berusaha untuk memperbaikinya, mengambil suatu kebijakan diperkuat dengan alasan yang edukatif, . Komersil bagi saya ga’ masalah jika yang dikomersilkannya adalah wujud ketulusan untuk menciptakan suatu inovasi. Sebenarnya saya tidak ingin memuji anda, saya hanya ingin mengingatkan anda..............pak, kemajuan STKIP Islam Bumiayu ada dalam genggaman anda, realisasikanlah apa yang anda katakan untuk menjadi sebuah kenyataan, lewat pemikiran anda, pertimbangkanlah setiap keputusan yang akan anda ambil, karena saya paham betul, susahnya membangun sebuah pondasi, apalagi pondasi untuk calon universitas peradaban yang berisikan manusia yang beradab. Doa saya tidak akan pernah lepas untuk kampus ini, semoga STKIP bisa melahirkan manusia yang berbudi luhur, berkualitas, dan bisa bersaing dalam era globalisasi sesuai dengan visinya...AMIN. Jadilah yang terbaik disetiap performance, ketulusan dan keiklasan sebuah pengorbanan akan berbuah kebahagiaan fi dunya wal akhiroh. Janji Allah itu mutlak apalagi bagi orang-orang yang meyakininya.

    BalasHapus
  10. Guru pasti mempunyai prinsip dan ciri khas masing-masing dalam melaksanakan KBM. Namun, dengan berbagai perbedaan dalam cara mengajar tapi tetap satu tujuan yaitu mencapai tujuan pembelajaran yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Begitu pula dengan cirri khas mengajar bapak. Saya yakin bahwa tugas tugas yang bapak berikan kepada kami sebagai Mahasiswa STIKIP khususnya prodi PGSD dan PBI itu merupakan salah satu bentuk sayang bapak kepada anaknya. Sebenarnya tugas merupakan konsekuensi yang harus diterima oleh Mahasiswa karena ia berani mengambil keputusan untuk kuliah. Memang tugas kuliah tidak sedikit namun, saya yakin tugas-tugas yang bapak berikan itu akan lebih membantu kami untuk mengasah kekreatifan kita. Dengan adanya tugas banyak sebenarnya Mahasiswa mempunyai keuntungan yang sangat besar, mahasiswa dapat cerdas kognitif, afektif, dan psikomotorik.
    Saya berharap kedepannya soal yang diujikan ketika uts dan uas dibahas kembali, agar ada kejelasan materi, serta kita sebagai mahasiswa tahu tentang kekurangan kita dalam menjawab soal. Jadi, yang disajikan kepada kita tidak hanya sekedar nilai akhirnya saja.

    BalasHapus
  11. asalamualaikum.....
    menurut saya selama kegiatan pembelajaran, cara mengjar bapak cukup bagus.Namun kekurangannya bapak terlalu banyak ngasih tugas sih,jadi membuat mahasiswa terbebani karena ditambah tugas bapak yang banyak ada tugas yang lain juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ass.pak klu ngasih tugas jgn terlalu banyak pak,,,,ngasih tugas bolah tp jgn kebanyakan yg sewajarnya j pak,,soalnya waktunya yg g memungkinkan pak,,,,....mending yg cm kuliah klu kya q pak sambil kerja y susah bagi waktunya pakkk,,,......

      Hapus
  12. jadi dosen jangan terlalu berambisi...

    BalasHapus
  13. lilin anda takan meredup cahayanya karena menerangi oranglain
    cayoo.. pak rory,apapun komentar semua mahasiswa ke bapak,semoga itu menjadikanmu lebih kuat dan bijaksana
    God bless you..

    BalasHapus
  14. Asslamualaikum….
    Media pembelajaran ICT menurut saya sudah baik karena banyak memberikan kompetensi- kompetensi yang baik bagi para mahasiswa.
    Tetapi masih kurang efektif dalam prakteknya masih ada yang kurang begitu memahami cara atau langkah-langkah yang sudah dijelaskan. Karena tidak semua mahasiswa dapat mengaplikasikan semua materi dengan baik.
    Dan alangkah lebih baiknya untuk nilai UTS dan UAS lembar jawabnya dibagikan lagi agar para mahasiswa bisa mengetahui kesalahan dalam mengerjakan dan bisa mengkaji ulang apa yang sudah didapatkan, sekaligus dievaluasi setelah UTS / UAS sebelum melanjutkan materi berikutnya. Tugas It’s Okk karena itu sudah menjadi tanggung jawab kami sebagai mahasiswa tetapi lebih diberi tenggang waktu lagi pak… Tanks …

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum wr.wb....slama ini, selama saya mengikuti kuliah bapak, banyak pelajaran berharga terutama dalam hal kedisiplinan, meskipun hal tersebut terkadang membuat kami merasa kesusahan untuk mengikutinya, tapi hal tersebut sangat dapat melatih kami agar dapat menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya...tetapi ada hal yang mungkin lebih bisa dipertimbangkan yaitu soal kebijakan dari bapak yang kadang-kadang masih terlalu statis...thanks...

    BalasHapus
  16. ass,
    langsung saja ya,,pak.
    pembelajaran anda bagus pak,,
    tp mohon pengertianyalah,because kita hidup g cuman untuk kuliah.
    kita pnya other job,,jd mohon dibri kecukupn dlm mmberi tugas and wktu untuk mnyelesaikan,,krn kita adlh manusia yg kadang have problem,urusan lain, or acara lain..
    arigato..

    BalasHapus
  17. langsung aja pak, yang perlu dibenahi adalah cara mengajarnya jangan monoton (ngantuki)dan tugasnya jangan terlalu banyak. terima kasih.

    BalasHapus
  18. assalamualaikum wr wb.

    saya rasa pembelajaran yang bpak beri ckup lmayan bagus tapi terkdang membuat bosan karena pola pengajaran yang kurang variatif. dan juga seringkali pak rori terkesan subjektif, sikapnya lebih condong kepada sebagian murid dan menafikkan yang lain.
    terima kasih.

    BalasHapus
  19. ass...
    berdasarkan apa yg tlah sy rsakan .. pembljarn di kls krang memotivasi pak.sy sring ngrasa mengantuk ...penjelasan bpk ok, bsa kmi tgkap nmun monoton,krang bervariasi.y meski memang styp dsen memiliki metode dan karakter yang berbeda-beda..
    trimakasih

    BalasHapus
  20. menurut saya dalam anda mengajar jangan terlalu monoton

    BalasHapus
  21. ASSALAMULIKUM...
    berdasarkan pengalaman yang saya rasakana di kelas yang bapak ampu, saya merasakan pembelajran yang menyenangkan,santai dan juga penuh inspirasi bagi kami calon-calon guru SD,pengajaran sudah membuat kami terbuka pikirannya untuk terus maju,namun ada satu yang membuat saya kurang senang, bapak terlalu menekannkan nilai kognitif kepada mahasiswa,padahal penilaian tidak hanya kognitif. sehingga mungkin itu yang membuat mahasiswa kurang suka,,mohon bapak lebih bisa menilai mahasiswa dan tidak hanya dari kognitif saja,,terimakasih

    BalasHapus
  22. Nitip comment kangge pak Rory Idrus S.Kom :
    1. Maringi tugase mipil pak ampun sepisan maringi langsung katah banget. Mbok mumet garape pak,masalaeh tugase mboten cuma saking njenengan tok.
    2. KKM nggih sing kira-kira pak. Masa KKM 8 nggih abot.
    3. Tugas lewat E-mail tulung d konfrim pak. Dados mahasiswa mboten sami bingung sampun mlebet nopo dereng. Mbok maras nek mboten mlebet mboten angsal nilai.
    4. Prakteke kapan sih pak??? Deneng jarang temen praktek.

    BalasHapus
  23. Tugas yang udah dikumpulkan di kasih tau nilainya dan diberikan komentar untuk mengetahui kesalahan, kekurangan, dan kebenarannya.

    BalasHapus
  24. Pak rori beda dari dosen yang lain dalam memberikan tugas, pak rori memberikan segudang tugas ke mahasiswa tidak lain tujuannya adalah agar mahasiswanya selalu memiliki kegiatan terutama dalam belajar, melatih otak untuk selalu berfikir, mengembangkan diri terhadap pengetahuan maybe that’s all, thanks 

    BalasHapus
  25. assalamualaikum wr wb
    pak rori jangan terlalu over memberikan tugas karena banyak mahasiswa yang mempunyai kegiatan lain selain kuliah seperti " bekerja" dan harap memahami juga biaya untuk ke warnetnya pak.dan pa rori ko jarang senyum ya,senyumnya hanya ke mahasiswa/i yang di anggap mampu ( pintar ) saja.
    mohon maaf ya pa.
    thanks you very much
    good luck

    BalasHapus
  26. Asalamualikum,,,,
    Dalam memberikan pengetahuan kepada mahasiswa/i sudah baik namun penyampainnya mungkin kurang mengena karena tugas yang bapak berikan selalu on time sedangkan kendala dalam menyelesaikan tugas bapak adalah media nya(laptop/notebook)keterbatasan yang punya.serta tidak mengerti dalam cara penilaian bapak dan memberikan komentar pada kesalahan dalam tugas.

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum wr.wb
    hemm dalam kegiatan pembelajaran yang bapak sampaikan sebenarnya sudah cukup baik,,namun ketika bapak memberikan tugas terkadang bapak melampaui kemampuan dari mahasiswa/i..harusnya dalam memberikan tugas bapak juga mempertimbangkan lagi dispensasi waktunya karena tugas kita sehari-hari tidak hanya mengurusi tugas-tugas kuliah saja,kami sebagai mahasiswa/i juga harus membantu orang tua tapi saya senang karena dengan tigas yang di berikan bapak melatih kemampuan dan kreatifitas saya....maturnuwun :)

    BalasHapus
  28. Thanks before...

    BalasHapus
  29. assalamu'alaikum wr.wb....
    proses pembelajaran ICT sudah cukup baik dan mahasiswa jadi semakin menguasai tentang ICT namun tugas yang diberikan terlalu banyak dan terkadang juga terlalu sulit.

    BalasHapus
  30. kalo memberikan penilaian itu jangan memandang wajah tapi lihatlah hasil dan cara ia mngerjakan.



    boleh tau g cara dalam memberikan nilai kepada mahasiswa itu seperti apa? apa mahasiswa/i harus seuai dengan style bapak?

    BalasHapus
  31. hmmm... klo boleh jujur,saya sangat setuju dengan cara anda mengajar. Terutama dlm hal kedisiplinan, hal ini yang menjadi inspirasi bagi saya. karena saya yaqin untuk menjadi orang yang Besar dan hebat itu harus memiliki disiplin yang tinggi.

    BalasHapus
  32. assalamualaikum
    cara mengajar bapak menurut saya sesuai porsinya. sejauh ini menurut saya tidak ada yang berlebihan. tingkatkan semoga mahasiswa stkip terdorong untuk meningkatkan pembelajarannya dalam ICT ini. satu lagi pak, banyak yang mengeluhkan sikap bapak yang "mungkin" memperhatikan 1 2 ata 3 anak saja. ya... mungkin saja hanya mungkin. cukup sekian dari saya terimakasih. Good luck

    BalasHapus
  33. Selama proses pembelajaran berlansung, bapak menyampaikan materi sangat rapih dan sesuai dengan materi. dalam menjelaskan juga bagus. hanya saja setelah proses pembelajaran saya tidak merasa "greget" tidak ada kesan.

    BalasHapus
  34. proses pembelajaran ICT menurut saya sangat jelas dalam menyampaikan materi tetapi terlalu banyak menggunakan metode ceramah. dalam memberikan tugas terlalu banyak, belum tentu mahasiswa sudah memahami materi yang sebelumnya.

    BalasHapus
  35. Dalam proses pembelajaran ICT menurut saya materi yang disampaikan sangat jelas sehingga mudah di pahamai. dan satu hal yang jarang dilakukan oleh dosen yaitu bapak selalu memberikan motivasi setelah kegiatan pembelajaran usai sehingga terkadang muncul dalam diri suatu yang berbeda (ingin lebih maju) di tambah lagi dengan tugas-tugas yang telah bapak berikan.

    BalasHapus
  36. ICT ??? Nah media pembelajaran inilah yang membuat kita tidak gaptek dan ketinggalan informasi,apalagi pak rori dalam memberikan tugas sangant mantaaapppp.... tapi so far, dengan tugas itu membuat kita tambah maju dalam kemajuan teknolagi sekarang,terima kasih pak rori atas tugasnya...

    BalasHapus
  37. proses pembelajaran ICT oleh Bapak Rori Idrus sangat menginspirasi saya untuk menjadi prospevtive teacher atau calon guru.

    BalasHapus
  38. kalau menurut saya pribadi,proses pembelajaran ict yg diberikan oleh bapak Rori Idrus memang baik dalam memotivasi siswanya untuk lebih aktif,,tapi alangkah baiknya bapak juga memperhatikan siswa yang belum bisa aktif. jangan hanya memperhatikan siswa yg sudah aktif.

    BalasHapus
  39. kalau menurut saya ,,proses pembelajaran ICT yang diampu oleh pak rori saat di kelas sangat monoton dan saya kira pak rori bisa menggunakan berbagai macam metode pembelajaran yg membuat proses pembelajaran tidak terlalu monoton seperti sekarang..kita sangat membutuhkan dosen yg membuat trobosan-trobosan baru yang membuat proses pembelajaran tdk membosankan atau menegangkan tp mudah materi yg disampaikan dosen bisa diserap dan dicerna dan dan kalau dalam praktek IcT nya jgn terlalu cepat mengarahkannnya,,tapi saya akui dgn adanya TUGAS dari pak rori saya mnjadi tahu apa yg saya tdk tahu tp kalau ngasih tugas tolong jgn seabreg,,satu-satu donk pak,pa lg batas waktu ngumpulinnya kya lg dikejar-kejar setan aja pak,,ampe kadang suka stres deh lo mpe dksh tgas yg ngumpulinnya bsoknya aduh jan mana kadang masih bingung caranya gmna ,,,,jdi akibtnya hsil kurang maksimal,,,tp tlg cari metode pembelajaran lain pak yg bikin kita fresh gitu dan merasa ketagihan asyik n enjoy lo belajar IcT,,,,sekian comnt dri saya n maaf lo ada slh2 kata,,,I HOPE YOU ARE THE BEST TEACHER,,,

    BalasHapus
  40. pengalaman pertama bertemu pak rory tu ..aduuhhh serem deh...keliatan nya galak banget..ehhh tapi ternyata pas dah ngajar sih ga juga,,pak rory tuh tegas tp kalau ngasih tugas jangan terlalu dong pak..but I like the way you teach us.
    tepat waktu I like it..

    BalasHapus
  41. kakehen polah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih atas masukan yang diberikan, tetapi jika memang anda Peduli dengan saya maka mohon untuk diberikan deskripsi dari komentar anda yang hanya terdiri dari dua kata, berikan deskripsi yang komprehensif tentang apa yang anda maksudkan. Sekali lagi terima kasih. Mari kita sama-sama saling mendukung dan saling mendo'akan untuk kesuksesan kita bersama. God Bless U.

      Hapus