Senin, 10 Maret 2014

Soal Tugas Ke-1 Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi Kelas PGSD_2

Saudara diminta memberikan kontribusi kepada dunia, saudara diminta memberikan pendapat tentang bagaimana pemanfaatan TIK dalam bidang pendidikan di Indonesia menurut pendapat Saudara!

Hindari plagiarism. Jangan copy-paste.

Do The Best


Kumpulkan di sini sebagai "comment"
Paling lambat dikumpulkan pada tanggal 24 Maret 2014 (pukul 23.59).

46 komentar:

  1. Menurut pendapat saya tentang pemanfaatan TIK dalam bidang pendidikan Indonesia itu sangat penting yaitu untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang masih tertinggal di bandingkan negara-negara lainnya dan teknologi informasi dan komunikasi itu menjadi kunci untuk menuju sekolah masa depan yang lebih baik. serta Kekurangan dan hambatan yang ada dalam proses pembelajaran dapat diatasi dengan memanfaatkan perkembangan TIK.

    BalasHapus
  2. Menurut saya pemanfaatan TIK dalam bidang pendidikan di Indonesia sangat baik, karena dapat membuat pendidikan di Indonesia menjadi lebih berfariasi, lebih menyenangkan dan juga lebih modern dibandingkan dengan pendidikan tanpa memanfaatkan TIK. Pemanfaatan TIK dalam bidang pendidikan khususnya pada proses pengajaran akan lebih mengasah kretifitas pengajar maupun peserta didiknya untuk menciptakan suasana belajar yang tidak monoton.

    BalasHapus
  3. NIM : 40213067
    Nama : Hayuliah
    PGSD 2/2
    Menurut pendapat saya manfaat TIK dalam bidang pendidikan di indonesia diantaranya:
    1. Menambah ilmu pengetahuan, semakin bertambahnya ilmu pengetahuan yang kita peroleh maka semakin luas pula wawasan yang kita miliki, khususnya dalam bidang teknologi.
    2. Dapat mempermudah kita dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.
    3. Tidak ketinggalan zaman, dengan adanya ilmu TIK, pendidikan di indonesia tidak tertinggal melainkan akan semakin maju.
    4. Mampu melahirkan masyarakat yang interaktif, komunikatif serta dapat melakukan berbagai macam transaksi yang bersifat global. Dll.
    Demikian beberapa manfaat TIK dalam bidang pendidikan di indonesia.

    BalasHapus
  4. Nama : Nurpamuji safitri
    Nim : 40213075

    Menurut pendapat saya pemanfaatan TIK dalam bidang pendidikan di indonesia berperan penting karena TIK mampu memberikan kontribusi yang besar bagi proses pendidikan menjadi kunci sekolah masa depan yang lebih baik.Banyak sekali manfaat TIK dalam pendidikan yaitu sebagai skill dan kompetensi,sebagai infrastuktur pembelajaran,sebagai sumber belajar.dan dengan adanya TIK mempermudah proses pendidikan, misalnya berbagai perangkat lunak memudahkan para pelajar untuk mengerjakan tugas seperti laporan, hal itu secara tidak langsung memberikan keahlian teknologi kepada para pelajar sebagai generasi muda sehingga mereka tidak tertinggal oleh negara yang sudah maju dalam bidang teknologi.

    BalasHapus
  5. Nama:khoerotul khikmah
    Nim:40213068

    Menurut pendapat saya dengan pemanfaatan TIK dalam bidang pendidikan di indonesia sangat penting karena sistem pembelajaran diindonesia akan lebih efektif,dapat menambah ilmu pengetahuan yang luas,pengetahuan yang didapat pun akan lebih banyak.dengan adanya TIK akan mempermudah proses belajar mengajar .dan pengajaran diindonesia tidak ketinggalan zaman,kualitas yang didapat nya pun akan lebih baik.

    BalasHapus
  6. Nama : Mundiarti
    NIM : 40213071

    Menurut pendapat saya manfaat TIK dalam bidang pendidikan di Indonesia baik, karena untuk mempermudah kita untuk melakukan kegiatan yang dilakukan selama proses pembelajaran dan mempermudah kita dalam mencari informasi apapun baik pendidikan,ekonomi,sosial budaya dan juga memudahkan kita berkomunikasi.agar kita tidak ketinggalan dalam dunia maya dan globalisasi di dunia ini dan kegiatan belajar juga dapat lebih menyenangkan,menarik dan lebih efektif dan efisien.

    BalasHapus
  7. Andriyanto Kurniawan
    NIM.40213048
    PGSD 2/2
    Menurut saya, di era zaman yang maju dan modern seperti sekarang ini sangatlah tepat pengetahuan tentang TIK diterapkan pada pendidikan dinegara kita ini. Hal ini untuk memberikan bekal pengetahuan menghadapi era globalisasi yang sangat memungkinkan akan memunculkan tekhnologi-tekhnologi yang sangat canggih sehingga dengan bekal tersebut kita mampu memanfaatkan dan mengoptimalkan tekhnologi tersebut dengan tepat dan maksimal.

    BalasHapus
  8. Nama : Siti nurjanah
    Nim :40213078
    PGSD 2/2

    Menurut pendapat saya manfaat TIK dalam bidang pendidikan di indonesia sangat penting karna TIK merupakan salah satu sarana informasi yang sangat mendukung dalam proses belajar siswa dalam hal pencarian informasi yang diperlukan oleh siswa dan membantu proses belajar mengajar menjadi lebih efisien. Dengan adanya TIK kita dapat mengetahui berbagai informasi yang lebih luas bukan hanya dari materi yang diberikan oleh guru,sehingga kita tidak ketinggalan zaman dan mampu bersaing dengan negara-negara lain.

    BalasHapus
  9. NAMA :Dedy ari wibowo
    NIM : 40213054
    PGSD 2/2
    Menurut saya, dewasa ini pengaruh globalisasi sangatlah kuat sehingga apapun yang dibutuhkan akan dapat di temukan di perangkat atau aplikasi dari teknologi modern saat ini, sehingga pengetahuan tentang TIK sangatlah penting untuk memberikan ilmu pengetahuan akan teknologi sekarang ini. tidaklah mungkin kalo suatu saat nanti akan banyak sekali teknologo-teknologi yang akan menghiasi dunia ini dengan kemampuanya masing-masing, oleh karena itu kiranya pemanfaatan tentang TIK dapat digunakan secara bijaksana dan tepat sasaran, sebagai media pembelajaran yang tidak ketinggalan zaman dan lebih interaktif, aktif, dan bermanfaat tentunya.

    BalasHapus
  10. Nama: Eko Prasetiawan
    NIM :40213060
    PGSD 2/2
    Menurut pendapat saya, pemanfaatan TIK dalam pendidikan khususnya di Indonesia sangat penting, karena akan mempermudah dalam proses pembelajaran di sekolah, sehingga akan lebih menarik, efektif dan tidak monoton. selain itu, pemanfaatan TIK dalam pendidikan di harapkan dapat memberikan bekal agar mampu menghadapi tantangan zaman di masa mendatang yang akan lebih canggih lagi dan mampu bersaing dengan negara lain.

    BalasHapus
  11. Nama : Apyu Yaningsih
    NIM : 40213049

    Menurut pendapat saya, Penerapan TIK dalam pendidikan sangatlah penting, karena dengan adanya penggunan TIK proses pendidikan baik dalam bidang pengajaran maupun pengelolaannya akan lebih terimplementasi, misalnya institusi pendidikan dalam menyediakan layanan informasi seperti informasi tentang biaya pendidikan, kurikulum, pembimbing, dan sebagainya dapat diakses melalui internet dan peserta didik atau wali murid dapat melihatnya sehingga tidak terjadi manipulasi pembayaran (korupsi) yang dilakukan oleh peserta didik. Serta untuk megelola manajemen operasional dengan lebih efisien, efektif, dan optimal. Dengan pemanfaatan TIK juga memudahkan suatu institusi untuk bekerja sama dengan institusi lain untuk sharing resource. Misalnya STKIP dapat bekerja sama dengan universitas lain misalnya Nanyang University di Singapura. Jadi mahasiswa STKIP dapat mempelajari modul yang diajarkan di Nanyang dan mengikuti forum diskusinya tanpa harus jauh-jauh kuliah di Nanyang. Hal ini akan meningkatkan kualitas mahassiwa STKIP karena wawasannya bertambah. Harapannya adalah kita bisa memiliki mahasiswa STKIP yang berkualitas Nanyang. Sedangkan bagi Nanyang sendiri mereka juga akan memiliki wawasan mengenai bagaimana perkuliahan di Indonesia khususnya di STKIP. Dengan TIK juga menjadikan proses pembelajaran lebih menyenagkan karena adanya fasilitas multimedia yang lebih bisa membangun minat belajar dan mengikuti pembelajaran siswa, tidak hanya itu, dengan pemanfaatan TIK proses pembelajaran juga akan lebih efisien karena proses pembelajaran tidak hanya dapat dilaksanakan di ruang kelas dengan bertatap muka namun pembelajaran yang telah di akses di internet dapat dibuka (dipelajari) dimana saja dan kapan saja.Serta bahan ajar juga tidak harus dicetak dalam bentuk buku saja namun dapat disajikan dalam bentuk elektronik.

    BalasHapus
  12. Nama : Fakihul Umam
    Nim : 40213065
    Prodi : Pgsd 2/2

    menurut pendapat saya tentang manfaat TIK untuk pendidikan di indonesia itu sangat penting,karena,pendidikan memegang peranan yang sangat penting untuk menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa,dan juga sebagai wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia di negara tersebut. seiring dengan perkembangan zaman teknologi komputer pun menjadi suatu kebutuhan yang seolah tidak bisa di tinggalkan kerena manfaatnya sangat banyak, untuk pemanfaatan TIK di bidang pendidikan di antaranya yaitu 1,untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam dunia teknologi 2,di jadikan alat dalam mendukung pengembangan pengetahuan bagi para siswa 3,sebagai sarana informasi yang sangat mendukung dalam proses belajar siswa serta dalam hal pencarian dan pengidentifikasian informasi yang di perlukan siswa 4,dapat di jadikan sebagai perbandingan kepercayaan,perspektif,dan pandangan terhadap dunia 5,sebagai media sosial yang dipergunakan untuk mendukung proses berbicara bagi siswa yang terkadang enggan berbicara di depan umum 6, bisa di pergunakan sebagai mitra intelektual dalam perannya untuk mendukung para pelajar 7, dapat membantu pelajar dalam mengartikulasikan dan memprsentasikan ilmu apa yang mereka ketahui tentang suatu hal 8, dapat membantu meningkatkan efektifitas serta efesiensi proses belajar dan mengajar 9, bisa untuk mempermudah pelajar dalam mencapai tujuan pendidikan 10, bisa dijadikan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan sekolah yang menerapkannya. dari beberapa manfaat diatas dapat di simpulkan bahwa,pendidikan TIK sangatlah penting untuk pendidikan di indonesia karena manfaatnya yang sangat banyak.menurut pendapat saya tentang manfaat TIK untuk pendidikan di indonesia itu sangat penting karena pendidikan memegang peranan yang sangat penting untuk menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa,dan juga sebagai wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia di negara tersebut. seiring dengan perkembangan zaman teknologi komputer pun menjadi suatu kebutuhan yang seolah tidak bisa di tinggalkan kerena manfaatnya sangat banyak, untuk pemanfaatan TIK di bidang pendidikan di antaranya yaitu 1,untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam dunia teknologi 2,di jadikan alat dalam mendukung pengembangan pengetahuan bagi para siswa 3,sebagai sarana informasi yang sangat mendukung dalam proses belajar siswa serta dalam hal pencarian dan pengidentifikasian informasi yang di perlukan siswa 4,dapat di jadikan sebagai perbandingan kepercayaan,perspektif,dan pandangan terhadap dunia 5,sebagai media sosial yang dipergunakan untuk mendukung proses berbicara bagi siswa yang terkadang enggan berbicara di depan umum 6, bisa di pergunakan sebagai mitra intelektual dalam perannya untuk mendukung para pelajar 7, dapat membantu pelajar dalam mengartikulasikan dan memprsentasikan ilmu apa yang mereka ketahui tentang suatu hal 8, dapat membantu meningkatkan efektifitas serta efesiensi proses belajar dan mengajar 9, bisa untuk mempermudah pelajar dalam mencapai tujuan pendidikan 10, bisa dijadikan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan sekolah yang menerapkannya. dari beberapa manfaat diatas dapat di simpulkan bahwa,pendidikan TIK sangatlah penting untuk pendidikan di indonesia karena manfaatnya yang sangat banyak dan menjauhkan kita dari ketidak bisaan dunia teknologi ( GAPTEK )

    BalasHapus
  13. Nama : TRISWOYO
    NIM : 40213086

    Menurut saya pembelajaran TIK sangat perlu diberikan karena didalam pembelajaran TIK akan memberi ilmu tentang teknologi-teknologi terkini yang akan menjadikan siswanya untuk bisa mengelola teknologi dan informasi terkini sehingga siswa sebagai generasi penerus bangsa bisa menghadapi era globalisasi dimana nantinya banyak teknologi-teknologi canggih yang akan muncul. Dan diharapkan siswa bisa mengoprasikannya bahkan diharapkan bisa menciptakan teknologi. sehingga bangsa kita tidak ketinggalan jaman yang makin lama semakin canggih dan modern.

    BalasHapus
  14. Nama : Dede Monikla Ulfah
    NIM : 40213053
    Prodi : PGSD2/2


    menurut saya pembelajaran TIK sangat penting, karena sebagai alat untuk pertukaran informasi, sebagai bentuk data base, dan sebagai sarana multyuser. kemudian untuk memudahkan sarana belajar, memudahkan dalam pengetahuan yang belum kita ketahui dengan cara browsing internet. serta dengan adanya TIK memudahkan pelajar untuk lebih aktif, semakin berkembangnya globalisasi komputer sangat dibutuhkan khususnya dalam proses belajar.

    BalasHapus
  15. Nama : Rias Widianingrum
    NIM : 40213076
    Prodi : PGSD2/2


    pemanfaatan TIK dalam bidang pendidikan menurut saya yaitu dengan adanya TIK pendidikan akan semakin menyenangkan dan lebih kreatif, misal dengan adanya proyektor guru dapat memberikan pelajaran yang lebih kreatif sehingga siswa tidak merasa bosan. selain itu sekolah dapat memanfaatkan TIK dalam ujian sehingga ujian menjadi lebih praktis. Dengan adanya TIK pula siswa dapat mengetahui pelajaran tidak hanya dari buku saja tapi mereka dapat melihat atau menemukan pelajaran melelui internet. Bahkan dengan adanya TIK kita dapat terus berkrmbang seiring kemajuan teknologi yang semakin canggih.

    BalasHapus
  16. Nama : Etika Wibawani
    Nim : 40213064
    2 PGSD 2
    Menurut pendapat saya, pemanfaatan TIK dalam pendidikan di Indonesia sangat penting dan baik. Karena , memudahkan para pengajar dan pelajar dalam megerjakan tugas, seperti laporan praktikum dan artikel, dan juga mempresentasikan tugas di kelas. Dan membuat penyajian suatu bahasan menjadi menarik, karena memadukan pendidikan dengan hiburan sehingga tidak monoton dan mudah dicerna. Dan berbagai pelajaran yang sering dianggap sulit, dapat disajikan dengan cara yang menarik sehingga siswa menyenangi sekaligus memahaminya dengan lebih mudah. Dan belajar tidak hanya menggunakan buku namun bisa belajar dari internet. Sehingga, seorang murid atau mahasiswa dapat mempelajari materi tertentu secara mandiri.

    BalasHapus
  17. Nama : Adetiya Puspita Sari
    Nim : 40213046
    Prodi :PGSD 2/2

    Menurut pendapat saya, pengetahuan tentang TIK di dunia pendidikan kita sangatlah tepat, dan harus diberikan sejak dini, ini akan berdampak positif bagi kita dan juga pendidikan di negara kita supaya lebih maju dan sudah mempunyai bekal pengerahuan untuk menghadapi masa depan yang lebih modern terutama dalam bidang TIK.

    BalasHapus
  18. NAMA : NUR FITRIYANI
    NIM : 40213072
    PRODI : PGSD 2/2

    Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah teknologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari satu perangkat ke lainnya.
    Teknologi Informasi dan Komunikasi di era globalisasi saat ini sudah menjadi kebutuhan yang mendasar dalam menunjang pendidikan. Sistem informasi yang mencakup perencanaan, manajemen, sumber belajar, dan akses lainnya dalam pendidikan tidak dapat dilakukan tanpa bantuan TIK. Pendidikan berbasis TIK merupakan sarana imteraksi, komunikasi yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik dalam meningkatkan efektifitas, kualitas, produktivitas, serta akses pendidikan.
    Ada beberapa keuntungan TIK bagi peserta didik yaitu : dapat mengakses informasi-informasi hasil penelitian orang lain, akses ke sumber pengetahuan dapat dilakukan dengan mudah, materi-materi pelajaran disampaikan interaktif dan menarik. Selain itu juga ada keuntungan bagi penyelenggara pendidikan diantaranya : dapat saling berbagi hasil dengan institusi pendidikan lain, dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada peserta didik, dapat menjangkau pelajar atau mahasiswa yang berada di tempat lain melalui program jarak jauh, melalui perpustakaan online biaya untuk menyediakan buku-buku cetak di perpustakaan dapat dikurangi.
    Teknologi informasi juga dapat melahirkan fitur-fitur baru dalam pendidikan. Misal saja sistem pengajaran berbasis multimedia (teknologi yang melibatkan teks, gambar, suara, dan video) dapat menyajikan materi pelajaran yang lebih menarik, tidak monoton, dan memudahkan penyajian. Murid dapat mempelajari materi tertentu secara mandiri dengan menggunakan komputer yang dilengkapi program berbasis multimedia. Kini telah banyak perangkat lunak yang tergolong sebagai edutainment yang merupakan perpaduan antara education (pendidikan) dan entertainment (hiburan) salah satunya dinamakan E-learning (pendidikan jarak jauh). Dalam pembelajaran jarak jauh antara guru dan siswa tidak bertatap muka secara langsung, sekolah tidak lagi harus dilakukan dengan suasana kelas dimana murid dan guru bertemu sehingga memudahkan proses pembelajaran. Sekolah dapat dilaksanakan dengan mengakses belajar modul-modul belajar jarak jauh. Begitu pula untuk pengiriman tugas dan berdiskusi. Para siswa dengan leluasa dapat mengatur waktu untuk belajar, kapan saja dan dimana saja.

    Sumber : Sutopo, Ariesto H. 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta : Graha Ilmu.


    BalasHapus
  19. NAMA : SRI RISTIANI
    NIM : 40213079
    PRODI : PGSD 2/2

    Menurut pendapat saya, pemanfaatan TIK dalam pendidikan di Indonesia di zaman modern ini mempunyai peranan yang sangat penting antara lain:
    - dapat menambah wawasan baru dengan cara yang cepat, efektif, dan efisien,
    - dapat mengetahui cara menggunakan computer (internet) sehingga tidak gaptek,
    - sebagai perpustakaan online,
    - memudahkan proses pembelajaran guru/dosen dalam mengajar sehingga pembelajaran akan lebih menarik, efektif, kreatif, menyenangkan dan tidak membosankan.
    Namun, pemanfaatan TIK pada bidang pendidikan ini tentunya memerlukan pengawasan dari pihak-pihak tertentu sehingga dalam pelaksanaannya tidak disalahgunakan. Misalnya saja jangan sampai penggunaan internet justru digunakan untuk bermain games, melihat situs porno, melihat berita yang kurang penting (seperti gosip), dll.
    Hal tersebut bisa diantisipasi dengan memblok situs-situs yang membahayakan dan melakukan pengawasan secara langsung di lapangan. Selain itu banyak content yang disediakan di internet menggunakan bahasa Inggris. Akibatnya adalah siswa harus meningkatkan skill mereka dalam bahasa Inggris agar dapat memahami dengan baik informasi yang disampaikan pada situs tersebut.

    BalasHapus
  20. NAMA : MEY LANNY GESTI ASTARINI
    NIM : 40213070
    PRODI : PGSD2/2

    Menurut pendapat saya, pemanfaatan TIK dalam bidang pendidikan di Indonesia sangatlah penting, karena dengan adanya TIK kita dapat belajar dimana saja dan kapan saja. maksud dari belajar dimana saja dan kapan saja yaitu kita tidak hanya belajar pada waktu di Sekolah secara formal, tetapi dengan adanya TIK kita bisa belajar diluar sekolah. Misalnya walaupun Guru tidak masuk ke kelas tetapi siswa-siswinya bisa mendapatkan materi dari Guru yang terdapat di blog, e-mail dan sejenisnya. Karena TIK sekarang sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur di internet. sehingga akan lebih memudahkan kita khususnya para pelajar untuk mendapatkan banyak informasi.
    Selain itu TIK dapat digunakan sebagai sarana untuk berkomunikasi dan dapat juga membantu meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses belajar dan mengajar.

    BalasHapus
  21. NAMA : AZIZUL MUIZ
    NIM : 40213052
    PRODI : PGSD 2/2

    semua menyadari bahwa TIK sangatlh berperan penting bagi kehidupan manusia ,slah satunya dalam segi pendidikan TIK dapat memudahkan kita menyelesaikan segala macam urusan ,untuk berkomunikasi lebih simpel praktif dan efisien bg semua kalangan...dalam proses kegiatan belajar mengajar sanagtlah perlu karena, dalam proses pembelajaran menjadi berwarna ,menyenangkan, menarik ,dan adanya TIK ,proses belajar dapat berjalan di manapun ,kapanpun, semua dapat berlangsung,( TIK ada setiapa saat ) ....bahkan menurut saya TIK adalah guru sampingan ( sebagai pendalam dan pembanding ilmu dalam segala bidang ).... apalagi perkembangan TIK semakin maju, dan diperkirakan akan adanya pasar global ,... untuk itu kita perlu belajar tentang teknologi, sejak usia dini.... tapi,para guru dan ortu pendampingpun ,harus tetap mengawasi,anak-anaknya... ibrat kita bangkit karena teknologi dan kita rusak karena teknologi... bukan hanya segi positif tapi segi negatifpun banyak, oleh karena itu pengawasan sangatlah perlu dalam proses filtrasi.....

    kata orang dulu: oga popo awake dadi wong moderen ,cumae pendirian tetep salfusholeh.( berilmu agama ).

    BalasHapus
  22. NAMA : AGISTIA CLARA NURAETASARI
    NIM : 40213047
    PRODI :PGSD 2/2


    Menurut saya pemanfaatan TIK dalam bidang pendidikan di Indonesia itu sangat penting, karena untuk memudahkan seseorang dalam memperoleh informasi.
    Dengan perkembangan zaman, TIK adalah salah satu alat informasi yang berkaitan dengan proses pembelajaran yang dilakukan sehari-hari.
    Dengan adanya TIK dalam pendidikan di Indonesia proses pembelajaran akan lebih efektif dan efisien, karena dapat mengembangkan atau meningkatkan pola pikir seseorang yang tadinya tidak tahu menjadi tahu.

    BalasHapus
  23. NAMA : DWI HIDAYANTI
    NIM : 40213059
    PRODI : PGSD 2/2


    Menurut saya tentang pemanfaatan TIK dalam dunia pendidikan di Indonesia sangatlah penting, karena dengan memanfaatkan perkembangan TIK yang ada proses pembelajaran akan menjadi efektif dan efisien.
    Dengan adanya TIK juga dapat membantu siswa dalam mencari informasi secara luas, membantu siswa membuat tugas seperti makalah, laporan.
    Proses pembelajaran tidak harus selalu bertatap muka tetapi bisa dimana saja dan kapan saja contohnya lewat internet.
    Sehingga bangsa Indonesia tidak akan ketinggalan dengan bangsa lain yang sudah menggunakan TIK yang begitu canggih.

    BalasHapus
  24. NAMA : GINANJAR AJI RAMADANI
    NIM : 40213066
    PRODI ; PGSD 2/2


    Menurut saya pemanfaatan TIK didalam dunia pendidikan di Indonesia kurang maksimal. Karena kita masih terbatas oleh fasilitas dan ilmu tentang TIK itu sendiri. padahal kita sadari dari zaman ke zaman kemajuan teknologi pasti akan semakin berkembang. Bila kita kurang tau atau bahkan sama sekali tidak tau tentang teknologi,maka hasilnya akan sangat mengkhawatirkan. Akan sangat rancu apabila kita punya kemampuan,kita punya kelebihan,tetapi terbatas oleh teknologi. Apalagi kita sebagai calon guru yang selalu dituntut untuk memberikan inovasi-inovasi baru dalam penbelajaran, pasti kita sangat butuh yang namanya teknologi. Teknologi adalah bagian dari masa depan,apabila kita tidak mengenalnya dari sekarang maka kita akan tertinggal dimasa depan nanti. Dari teknlogi kita dapat mengakases segala kebutuhan informasi yang kita perlukan dan dapat mempermudah pekerjaan. Maka dari itu mari kita bersama sama belajar tentang TIK lebih dalam lagi untuk mewujudkan generasi Indonesia yang berkualitas nantinya .

    Sekian dan terimakasih .

    BalasHapus
  25. NAMA : DHILA RACHMADHANI
    NIM : 40213055
    PRODI : PGSD 2/2

    Menurut pendapat saya, pemanfaatan TIK sangatlah penting diterapkan di Indonesia. karena, perkembangan zaman sekarang yang semakin canggih dan maju membuat kita untuk menjadi lebih tahu apa yang seharusnya kita tahu. tidak ketinggalan zaman. tidak ketinggalan pula informasi-informasi yang up to date dikalangan zaman yang semakin modern kini. namun sayangnya di Indoesia pengetahuan orang tentang TIK masih kurang atau cukup memprihatinkan. karena, kebanyakan orang belum tahu atau sama sekali tidak mau tahu tentang betapa pentingnya kita mempelajari TIK. Memanfaatkan TIK dengan sebaik mungkin,meningkatkan pola pikir seseorang agar tidak ketinggalan informasi yang baru.. maka dari itu, perlulah kita sebagai pemuda pemudi yang akan meneruskan generasi muda yang diharapkan,mempunyai wawasan yang luas agar kita menjadi orang-orang yang mampu memberikan ilmu yang bermanfaat dan baik tentunya untuk kita sendiri dan orang lain.. Terimakasih..

    BalasHapus
  26. NAMA : DWI HARLINA INDRASWARI
    NIM : 40213058
    PRODI : PGSD 2/2

    Sangatlah penting, karena sekarang merupakan era globalisasi, yg semakin banyak orang yang bersaing untuk mampu menciptakan inovasi-inovasi baru yang dapat bermanfaat untuk orang lain dan diri sendiri agar tidak tertinggal oleh negara lain. apalagi sekarang banyak tekhnologi canggih dan baru yang masuk dalam negri. maka dari itu kita harus memanfaatkan TIK sebaik mungkin.
    trimakasih

    BalasHapus
  27. NAMA : ATIKOH PURNAMASARI
    NIM : 40213051
    PRODI : PGSD 2/2


    Menurut saya manfaat TIK dalam pendidikan itu sangat penting yaitu untuk menambah ilmu pengetahuan yang luas, pembelajaran yang efesien, sebagai fasilitator dalam pembelajaran misalnya dengan adanya internet siswa bisa mencari yang lebih luas karena kalau menerima materi dari guru saja sangat kurang. TIK sebagai alat informasi hubungan jarak jauh antar siswa untuk saling bertukar fikiran ketika ada suatu masalah dalam belajarnya.

    BalasHapus
  28. NAMA : TAMIROH
    NIM : 40213082
    PRODI : PGSD 2/2

    Menurut saya pemanfaatan TIK penting diterapkan di Indonesia, terutama dalam dunia pendidikan, karena dengan adanya TIK proses pembelajaran akan lebih efektif, selain itu juga bisa menambah pengetahuan/wawasan yang luas dalam diri seseorang, misalnya dengan adanya internet memungkinkan terjadinya pembelajaran jarak jauh, selain itu bisa juga bertukan informasi dengn teman lewat facebook,email, dll.
    Terimakasih

    BalasHapus
  29. NAMA : NUR INDRIAWATI
    NIM : 40213074
    PRODI : PGSD2/2

    Menurut saya manfaat TIK dibidang pendidikan banyak sekali, apabila kita memanfaatkannya dengan baik, antara lain menambah dan memperluas pengetahuan kita, mempermudah kita dalam pekerjaan, mempermudah kita mengakses segala informasi yang dapat kita ambil dari internet yang sifatnya mendidik dan positif, sebagai sarana/alat untuk mengembangkan bisnis, dll serta memberikan hiburan dan pengalaman menambah teman melalui facebook, dll. Namun akan berdampak negatif apabila penggunaanya tidak sesuai dengan semestinya.

    BalasHapus
  30. NAMA : TAMASSIA AGUSTIN MERDIANA
    NIM : 40213081
    PRODI : PGSD2/2

    Menurut saya pemanfaatan TIK dalam pendidikan di Indonesia itu sangat penting. selain peserta didik dapat mengetahui tentang perangakat-perangkat dalam komputer juga dapat mempermudah peserta didik dalam mengakses suatu informasi. Dan juga membuat proses pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Pemanfaatan Tik dalam pendidikan juga dapat meningkatkan kualitas peserta didik di Indonesia.

    BalasHapus
  31. NAMA : KUSYATI
    NIM : 40213069
    PRODI : PGSD2/2

    Menurut saya pemanfaatan TIK dalam pendidikan sangatlah penting,karena dengan mempelajari TIK peserta didik dapat lebih mengiikuti perkembangan jaman dan dapat lebih cepat mendapatkan informasi, peserta didik juga dapat mencari refer ensi buat pelajarannya,peserta didik juga dapat mengetahui apa-apa saja perangkat yang ada dalam komputer.

    BalasHapus
  32. Estri Mulyanasari, No 18
    Menurut saya, pemanfaatan TIK dibidang pendidikan bagi bangsa Indonesia itu sangat bermanfaat hal ini dikarenakan dengan semakin majunya teknologi dan era modernisasi menuntut setiap orang harus mengetahui tentang teknologi. Selain itu TIK juga harus dimanfaatkan dalam dunia pendidikan, agar pendidikan di Indonesia sejajar dengan negara2 maju lainnya khususnya dalam bidang tekonolgi. dan menciptakan generasi muda berikutnya itu tidak gaptek.

    BalasHapus
  33. NAMA:YETI MELASARI
    NIM:40213088
    PRODI:PGSD2/2

    Sebenarnya pengaruh TIK harus di terapakan sejak dini dalam dunia pendidikan di negara Indonesia ini,karena semakin majunya perkembangan teknologi pada zaman moderen seperti sekarang ini.Mengetahui tentang TIK akan membuat kita lebih tau dan menambah wawasan kita dan menjadikan Indonesia lebih maju, tidak ketinggalan dengan negara-negara lainnya.

    BalasHapus
  34. NAMA : Dwi Erni Agustina Wulandari
    NIM : 40213057
    PRODI : PGSD 2

    Menurut saya, pendidikan TIK haruslah diterapkan disetiap sekolah-sekolah hal ini dikarenakan pentingnya pengetahuan tentang tekhnologi yang semakin maju saja. Apalagi sekarang ini adalah zamannya era globalisasi yang nantinya pasti akan memunculkan tekhnologi-tekhnologi yang sangat canggih, sehingga dengan adanya pengetahuan TIK sebelumnya, kita tidak akan susah untuk beradaptasi saat ada tekhnologi-tekhnologi baru yang canggih.dan kita akan mampu menggunakanya dan memanfaatkan tekhnologi tersebut secara baik dan benar..

    BalasHapus
  35. Nama: Elisa Reni Karyani
    Nim : 40213061

    Menurut pendapat saya pemanfaatan TIK dalam dunia pendidikan itu sangat penting, karena banyak pengetahuan yg kita peroleh untuk mengimbangi era globalisasi ini.apalagi untuk kita sebagai seorang mahasiswa/mahasiswi jurusan pgsd yg menuntut kita untuk bisa mengenal teknologi informasi dan komunikasi yang nantinya akan kita turunkan pada peserta didik kita esok.jangan sampai kita sebagai pendidik nantinya tidak bisa mengerti akan teknologi informasi dan komunikasi,akan memalukan bagi kita jika nantinya peserta didik lebih mengerti akan teknologi informasi dan komunikasi dibanding dengan kita seorang pendidik padahal kita kan lulusan perguruan tinggi dan lebih dewasa dari mereka.
    inti dari semua ini , marilah kita sebagai warga negara indonesia yg baik pelajarilah teknologi informasi dan komunikasi untuk masa sekarang dan yg akan datang. terimakasih

    BalasHapus
  36. NAMA : YEYEN PRASTIKA
    NIM : 40213089
    PRODI : PGSD 2/2
    Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data,
    termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
    1. Sarana pelengkap dan pembantu dalam suatu proses kegiatan yang berjalan serba cepat dan tepat.
    2. Alat bantu untuk mengambil, mengolah, menyimpan, dan menyajikan informasi
    dengan cepat, tepat, dan efisien.
    3. Bahan referensi dari berbagai aspek kegiatan dan mampu memberikan sajian data yang sesuai dengan kebutuhan.
    4. Teknologi informasi dan komunikasi merupakan wahana pembelajaran dan
    penyampaian materi pendidikan yang cepat, tepat, dan efisien.

    1. Akses ke pakar (Mempermudah kerjasama antara pakar dengan mahasiswa, menghilangkan batasan ruang, jarak dan waktu)
    2. Melakukan kuliah/pembelajaran online (dapat menyediakan pendidikan yang diakses oleh mahasiswa diluar pembelajaran kuliah)
    3. Menyediakan layanan informasi akademi dan administrasi suatu institusi pendidikan
    4. Menyediakan fasilitas mesin pencari data
    5. Menyediakan fasilitas diskusi (Sharing Informatioan hasil penelitian dapat digunakan bersama-sama dan mempercepat pengembangan ilmu pengetahuan)
    6. Menyediakan fasilitas kerjasama
    Percakapan Obrolan Berakhir

    BalasHapus
  37. Nama : Nur Indah Rahma Mulia
    NIM : 40213073
    Priodi : PGSD 2

    Menurut saya, penerapan dibidang TIK bagi pendidikan sebenarnya dapat digunakan untuk membantu pengajaran dalam melakukan absensi dalam proses pembelajaran di SD , SMP , SMA . pengajaran pada umumnya masih melakukan absensi secara manual yakni denfan buku absen dan memanggil murid satupersatu. akan tetapi memakan waktu dan mengurangi waktu belajar dikelas, dalam proses manfaat TIK bagi pendidikan guru perlu mengajarkan anak atau siswa-siswi nya untuk mengetahui alat teknologi yang sudah moderen supaya kita mengurangi beban dalam mengetahui segala hal dan paling penting guru juga bisa memasukan nilai tersebut kesuatu instrumen TIK dan istrumen tersebut yang akan mengelola nilai akhir sehingga kesalahan akibat perhitungan manusia akan berkurang dan juga pemanfaattan TIK pada bidang pendidikan ini , tentunya memerlukan pengawasan supaya tidak bisa disalahgunakan bagi senua pengguna dalam era globalisasi.

    BalasHapus
  38. Nama : Runiyati
    NIM : 40213077
    2 PGSD 2
    Menurut saya , Pendidikan TIK di Indonesia itu sangat penting . karena dengan adanya TIK dapat memper mudah dalam mencari informasi-informasi atau ilmu pengetahuan baru yang di butuhkan pelajar . misalnya: dalam mengerjakan tugas, melihat nilai dll

    BalasHapus
  39. NAMA : ZULAEHA
    NIM : 40213090
    PRODI : PGSD 2/2


    Menurut saya TIK dalam bidang pendidikan di Indonesia sangatlah penting karena dengan adanya TIK, pembelajaran menjadi berkualitas, efektif dan efisien, tentunya dalam pembelajaran juga akan lebih menarik karena tidak monoton, pengetahuan siswapun menjadi luas melalui jejaring sosial misalnya jaringan internet, siswa dapat mengakses pelajaran di internet, karena siswa belajar tidak hanya disekolah saja melainkan siswa dapat belajar kapanpun dan dimanapun. Banyangkan saja jika di Indonesia tidak ada pembelajaran TIK , pengetahuan kita sempit, kita semua akan tertinggal jauh oleh negara - negara lain yang lebih maju, karena sekarang sudah zaman moderen dan teknnologi semakin canggih bahkan sekarang setiap hari kita selalu menggunakan teknologi.

    BalasHapus
  40. NAMA: Elsa Suci Febriani
    NIM : 40213062
    PRODI: PGSD 2

    menurut saya TIK itu sangat penting karena sangat dibutuhkan oleh semua kalangan masyarakat, tidak terkecuali pengajar dan pelajar. pemanfaatan TIK dapat terlihat ketika guru memberikan tugas melalui blog,facebook dan email.
    dengan adanya pemanfaatan TIK kita bisa mengetahui semua pelajaran yg ada serta memudahkan guru dan murid untuk mengerjakan tugas-tugasnya .

    BalasHapus
  41. Nama : Nazilatul Fitriyani
    NIM : 40213186

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Menurut pendapat saya TIK sangat penting untuk pendidikan di Indonesia terutama seorang pelajar, karena seorang pelajar bisa belajar dengan mudah dalam mencari informasi yang ada di Internet. Dengan adanya TIK kita juga bisa belajar melalui E-learning dimana kita belajar secara online tanpa harus bertatap muka dengan seorang guru secara langsung. Meskipun begitu tetapi kita harus bisa memanfaatkan hal tersebut dengan sebaik-baiknya. Jangan terlalu bergantung karena bisa menimbulkan sifat malas seperti copy-paste dalam mengerjakan tugas sekolah.
    Wasalamu’alaikum wr.wb

    BalasHapus
  42. Nama : Wiwit IstiQomah
    NIM : 40213087

    Menurut saya , pendidikan diIndonesia khususnya dalam bidang TIK sekarang sangatlah dibutuhkan walaupun banyak sisi negatifnya jika yang mengunakannya salah tetapi juga banyak manfaatnya selain kita mendapat informasi tentang dunia kehidupan diluar , dalam pendidikanpun kita sangat membutuhkan , itu dalam bidang internetnya belum manfaat - manfaat komputernya bagian software contohnya kita membuat makalah,proposal atau tugas yang lainnya menggunakan microsoft office dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

    BalasHapus
  43. Nama : TRI YUNI SETIYADI
    NIM : 40213085

    Menurut saya , pendidikan di Indonesia khususnya dalam bidang TIK sangatlah di butuhkan walaupun banyak yang menyalah gunakan. di sisi lain juga banyak manfaatnya yaitu untuk mencari informasi dan komunikasi,di dalam pendidikan sangat di butuhkan agar siswa tidak GAPTEK ( gagap teknologi ) untuk masa depannya.kita dapat menggunakan microsoft office yang di gunakan untuk membuat proposal,facebook dan masih banyak lagi manfaatnya.

    BalasHapus
  44. Nama: SUPRIYANTI
    Nim: 4021308

    Menurut pendapat saya, Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam bidang pendidikan itu sangatlah penting bagi kehidupan pendidikan. Selain itu salah satunya sebagai media informasi, mempermudah dan mempercepat komunikasi. Adapun manfaat TIK:
    1.Dengan adanya TIK proses pembelajaran jadi lebih efektif, proses pengajarannya setiap dosen tidak lagi membacakan apa yang ada di buku.Cukup dengan menampilkan apa yang mau di ajarkan lewat proyektor. proses pembelajaran yang efektif.
    2. Dalam pembuatan makalah dan proposal kita bisa memanfaatkan fasilitas TIK yang sudah disediakan, tidak capek-capek menulis sama tangan.
    3. Dosen atau seorang yang sudah bekerja dengan mudahnya absen cukup menempelkan jari mereka pada suatu instrumen TIK dan data absen langsung masuk ke database. Tidak lagi harus dipanggil namanya satu-satu.
    4. Mempermudah dalam proses pembelajaran.
    Jadi di jaman yang semakin maju ini kita harus mengerti dan paham Teknologi Informasi dan Komunikasi. Apalagi kita sebagai mahasiswa calan pendidik, tentu saja kita punya tanggung jawab yang berat untuk mengajarkan ilmu dan cara penggunaannya yang benar tentang TIK kepada peserta didik kita kelak.
    Makasih

    BalasHapus
  45. Nama : Tiyana Novi Restiani
    NIM : 40203183
    Prodi : PGSD 2/2

    Menurut saya , penggunaan teknologi di dunia pendidikan sangat di butuhkan.karena di zaman globalisasi ini para siswa baik di sekolah dasar sudah mengenal teknologi. jadi teknologi informasi sangat membantu dalam proses belajar mengajar juga dalam membuat sebuah tugas. meskipun banyak di salahgunakan alangkah baiknya kita sebagai generasi calon pendidik mengajarkannya untuk digunakan ke dalam hal yang positif.

    BalasHapus
  46. Menurut pendapat saya pemanfaatan TIK dalam bidang pendidikan di Indonesia sangatlah penting, karena TIK membuat pendidikan di Indonesia menjadi semakin maju. Dan berbagai informasi yang dimuat dalam internet tentang dunia pendidikan akan mudah didapatkan oleh sekolahan sehingga dunia pendidikan di Indonesia tidak ketinggalan jaman. Dan peserta didik di indonesia yang mengenal TIK akan menjadi manusia yang modern, sehingga anak-anak Indonesia yang lahir di era berikutnya akan memiliki SDM yang tinggi dengan adanya TIK.

    BalasHapus